Suka “main” Instagram atau baru mau bikin akun? Nah, coba intip 10 akun Instagram milik para perempuan Indonesia yang kreatif ini. Dijamin, bikin kamu terinspirasi!  

Media sosial menjadi ajang eksistensi. Termasuk bagi ibu-ibu seperti kita. Jenis eksistensinya beragam. Ada yang konten media sosialnya kerap berisi swafoto, ada pula yang rajin share link resep masakan dan artikel parenting.

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari media sosial, termasuk untuk memperoleh pendapatan. Lihat saja sekarang, ada banyak toko online di Instagram. Belum lagi pemilik akun yang followers-nya puluhan ribu dan sering di-endorse, bisa mendapat tambahan penghasilan hingga belasan juta rupiah.

Maka, media sosial dapat menjadi ajang bagi kita untuk lebih memberdayakan diri. Berikut ini adalah 10 akun Instagram milik para perempuan mandiri, inspiratif, dan berdaya yang saya rekomendasikan untuk di-follow.

  1. Nurmaliyanti

Nur adalah sosok di balik #ibukardus. Pada mulanya ia share foto-foto kreasi kardus bekas di Instagram. Kreasi kardus buatannya sangatlah unik dan rumit. Karena itulah karya kardus buatan Nur sangat detail dan mirip dengan bentuk aslinya. Dari kardus bekas, Nur membuat topeng wajah Darthvader, mikroskop, mobil, pesawat terbang, mesin kasir, dinosaurus, singa, burung garuda, hingga imitasi dapur dan imitasi robot wall-e!

1-maliyanti-ibu-kardus

Konsisten membuat kreasi kardus untuk anaknya, Nur kini aktif membagi ilmunya di berbagai workshop. Tidak hanya di Bandung yang jadi kota ia bermukim, Nur juga sesekali mengisi workshop kardus ke luar kota. Follow akun Instagramnya di @maliyanti.

  1. Chiceniza

Akun yang dimiliki Puti Ceniza ini kontennya seputar anak dan buku. Namun lebih dari itu, Chica aktif membagi kegiatannya di Pustakalana Library, perpustakaan kecil di Bandung yang ia dirikan.

2-chiceniza

Mengikuti feed instagramnya, kita tahu Chica adalah sosok yang memilik semangat besar di bidang parenting, khususnya buku dan anak-anak. Baru-baru ini di blognya, Chica berbagi tips mendirikan perpustakaan. Chica juga tak ragu-ragu berbagi kesulitannya dalam mengasuh kedua anak sekaligus mengelola perpustakaan. Kalau kamu tertarik dengan perpustakaan, buku anak-anak dan dunia parenting, follow akunnya di @chiceniza.

  1. Backpackology

Akun instagram yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang menyukai kegiatan traveling. Olenka Priyadarsani adalah “otak” di balik akun traveling tersebut. Olenka menyebut dirinya sendiri sebagai Si Mbok.

3-backpackology

Bersama dengan suami dan dua anaknya, Olenka sering traveling mengunjungi negara lain. Olenka dan akun instagramnya adalah traveler yang secara aktif mendukung gaya backpacker keluarga. Baru-baru ini saja, Olenka berbagi tentang berapa banyak koper yang ia bawa saat traveling. Secara mengejutkan, ia hanya membawa satu koper! Bagaimana caranya mengepak barang-barang milik dia, suami, dan kedua anaknya? Cari tahu di akun instagram miliknya @backpackology

  1. Dyah Prameswarie

Ibu-ibu biasanya identik dengan masakan. Sama halnya dengan Dyah Pramewarie. Ia termasuk ibu-ibu yang doyan masak dan membagi pengalaman memasaknya di akun instagram.

4-dyah-prameswarie

Di balik foto-foto yummie di akun Instgramnya, Dydie – nama sapaannya- berprofesi sebagai penulis dan novelis. Sesekali Dydie mengisi workshop kepenulisan. Banyak karyanya yang mengangkat tema kuliner. Ibu dengan dua orang anak ini secara konsisten mengunggah hasil masakannya termasuk resepnya. Follow Dydie di akun @dyahprameswarie.

  1. Meira Anastasia

Ibu-ibu yang pernah hamil biasanya bermasalah dengan gelambir sisa kehamilan. Malas olahraga, berat badan kita jadi bertambah. Meira Anastasia mengalami hal serupa. Sejak awal tahun 2016, Meira aktif berolahraga dan membagi kisahnya di Instagram.

5-meira-anastasia

Keunikan akun Meira adalah ia memperlihatkan dirinya yang apa adanya. Perjalanan menjadi sehat tidak ia tutupi karena tidak mau terlihat jelek. Sewajarnya saja ia pun suka memakan cokelat dan malas berolahraga. Dalam akunnya, Meira membagi latihan-latihan ringkas untuk ibu-ibu di rumah. Dalam banyak latihannya, Meira lakukan sambil mengasuh kedua anaknya. Follow akunnya di @meiranastasia.

  1. Miranti Andi Kasim

Senang melukis? Gemar membuat handwriting letter? Kalau begitu pasti cocok dengan akun yang satu ini. Miranti adalah nama di balik akun Mamiraz. Ibu satu anak ini aktif membagi pengalamannya membuat handwriting letter di Instagram. Foto karyanya tampak cantik dan apik.

6-miranti-andi-kasim

Miranti juga sering mengadakan workshop handwriting letter di berbagai kota, terutama Jakarta. Follow akunnya di @mamiraz.

  1. Ajeng Sekar

Menjadi pegawai negeri sipil dan menjadi kreatif? Ajeng Sekar adalah inspirasi kalian, wahai para pegawai kantoran. Walau punya dua anak dan jam kerja kantoran nine-to-five di bidang pemerintahan, Ajeng masih sempat menekuni hobinya.

7-ajeng-sekar

Di akun Instagram sederhana miliknya, Ajeng menggunakan hashtag #pagimain untuk kegiatan bermain bersama anaknya. Sesekali Ajeng menjahit dan membuat mereknya sendiri bernama Halo Pagi. Menjadi pegawai dan tetap kreatif, kenapa tidak. Follow Ajeng di akun @ajengsekar

  1. Grace Melia

Tidak banyak orang tua yang membagi kisahnya mengasuh anak berkebutuhan khusus di media sosial. Grace Melia adalah pengecualian. Gesi –begitu nama panggilannya- secara aktif membagi pengalaman hidupnya mengasuh Ubi, anaknya yang memiliki syndrome Congenital Rubella.

8-grace-melia

Melalui akunnya, Gesi memperlihatkan bahwa menjadi orangtua dari anak berkebutuhan khusus tidak menghentikannya berkarya. Dalam banyak foto yang ia unggah, Gesi mengkampanyekan tentang bagaimana perasaannya menjadi orangtua dari anak berkebutuhan khusus dan bagaimana ia ingin diperlakukan orang-orang di sekitarnya. Gesi memberi kita sebuah sudut pandang yang menarik dan baru tentang orang tua dengan anak berkebutuhan khusus. Follow akun ibu-ibu penuh semangat ini di @grace.melia.

  1. Zhafira Loebis

Berbisnis online adalah kegiatan banyak orang di zaman digital seperti sekarang. Termasuk ibu-ibu.  Akun Zhafira Loebis adalah salah satu contoh wanita yang sedang merintis karier bisnisnya sendiri.

9-zhafira-loebis

Zhafira membuat toko online perlengkapan bayi, ibu, dan anak. Ia memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan branding produk sekaligus menjualnya. Baru-baru ini Zhafira menjadi feature di CNN Indonesia dengan konten bertajuk 5 Tips Memulai Bisnis Sendiri. Follow akunnya di @zhafiraloebis

  1. Ika Rahma

Menjadi ibu dan menekuni dunia fotografi, mengapa tidak. Ika membuktikan bahwa belajar dapat dimulai kapan saja, termasuk ketika status kita menjadi ibu. Ika Rahma adalah sosok di balik akun Dapur Hangus. Foto-foto produk makanan yang Ika ciptakan luar biasa bagus.

10-ika-rahma

Dari hobi memotret yang ia tekuni, Ika kini menjadi fotografer profesional khusus produk dan makanan. Tidak berhenti sampai di situ, Ika juga pernah beberapa kali mengisi workshop food photography. Follow @dapurhangus untuk mengintip foto-fotonya.

Mari kita jadikan media  sosial sebagai ajang menularkan semangat positif. Menjadi ibu bukan berarti tidak lagi menekuni hal-hal yang kita minati, bukan?

Membagi waktu antara urusan domestik dengan urusan di luar rumah tentu saja sulit. Namun bukan berarti tak bisa. Memberdayakan sesama wanita ternyata dapat dilakukan dari media sosial yang bertengger di smartphonemu. Ayo share akun Instagram wanita-wanita inspiratif favoritmu di sini!

Photo courtesy: Instagram masing-masing akun yang disebutkan di atas.(nw)