Keindahan pesona Indonesia sungguh luar biasa. Tidak kalah loh indahnya dengan luar negeri. Buktinya, setiap tempat wisata di negeri ini dari Sabang sampai Merauke selalu dipenuhi dengan pengunjung baik lokal maupun mancangera. Ngomong-ngomong, keindahan Indonesia bissa tersebar hingga ke mancangera karena pengaruh teknologi komunikasi seperti smartphone. Apalagi, jaman sekarang setiap orang yang mempunyai smartphone tak bisa lepas dari kebiasaan selfie atau wefie. Bahkan, video pun tidak bisa lepas dari perangkat gadget.

Saat mudik Lebaran pun tak bisa lepas dari budaya berkunjung ke tempat wisata yang menarik banyak orang. Sayang sekali kalau perjalanan mudik Lebaran tidak dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menikmati pesona Indonesia. Bahkan, menikmati pesona wisata Indonesia juga bisa menghilangkan rasa lelah selama mudik Lebaran. Seringkali, perjalanan mudik Lebaran yang panjang bisa membuat bosan. Jadi, menikmati berbagai tempat wisata yang menarik mampu menyenangkan hati.

Mudik Lebaran dari Bali ke Ngawi, saya tidak melewati kesempatan untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata menarik. Berikut, 3 tempat wisata yang mampu membuat acara mudik Lebaran saya lebih menyenangkan.

  1. Benteng Pendem (Benteng Van Den Bosch).

Benteng Pendem (Benteng Van Den Bosch) terletak di Kota Ngawi Jawa Timur. Benteng Pendem merupakan benteng peninggalan Hindia Belanda. Seperti yang tertera pada bagian atas di depan pintu gerbang masuk menunjukan bahwa benteng Pendem dibangun pada tahun 1839-1845.  Yang unik di benteng tersebut tentu bangunan khas Belanda yang tinggi dan bertahan hingga kini. Meskipun, banyak bagian bangunan yang hancur karena usia yang lebih dari 100 tahun lamanya.

Benteng Pendem menjadi tempat wisata andalan Kabupaten Ngawi. Tempat wisata ini juga sering digunakan sebagai ajang pemotretan seperti acara pre-wedding dan fotografi. Pada hari libur atau akhir pecan, tempat wisata ini dipenuhi oleh pengunjung. Tempat wisata ini juga sangat bagus jika diposting di akun sosial media (sosmed). Tempat wisata ini menjadi acara mudik Lebaran lebih menyenangkan.

Benteng Pendem (Benteng Van Bosch), pesona Indonesia di Kabupaten Ngawi Jawa Timur/dokpri

  1. Candi Brahu.

Candi Brahu terletak di daerah Trowulan Mojokerto Jawa Timur. Menurut pengelola tempat wisata, Candi Brahu merupakan peninggalan agama Hindu yang akan beralih ke agama Budha. Tepatnya, dibangun pada masa pemerintahan  Mpu Sindok. Yang unik dari Candi Brahu adalah bahan penyusun bangunan yang terbuat dari bata merah. Bentuk bangunannya pun tinggi khas peninggalan agama Hindu tetapi deainnya hamper seperti bangunan khas peninggalan agama Budha.

Setiap pengunjung dilarang untuk naik ke dalam Candi karena bisa berpengaruh terhadap ketahan bangunan. Juga, bagian dalam bangunan menjadi tempat yang suci yang tidak sembarang orang masuk. Tempat wisata ini benar-benar memberikan pemahaman kepada pengunjung tentang sejarah perkembangan kerajaan khususnya di pulau Jawa. Karena, sejarah bangsa lebih penting untuk dipahami generasi bangsa. Saya bisa berlama-lama di tempat ini karena takjub melihatnya. Tidak heran jika acara mudik Lebaran makin seru.          

Indahnya Candi Brahu yang terletak di Trowulan Mojokerto Jawa Timur/dokpri

  1. Patung Wanita Penari Gandrung.

Patung Wanita Penari Gandrung terletak di kawasan Watudodol Banyuwangi Jawa Timur. Patung tersebut menjadi tujuan wisata karena terletak di pinggir laut Banyuwangi atau Selat Bali. Patung tersebut selalu ramai dikunjungi setiap saat. Bahkan, menjelang sunset atau sunrise menjadi ajang fotografi para pengunjung. Dengan latar belakang pulau Bali, maka patung ini makin indah saat dalam jepretan fotografi. Lebih ramai lagi, karena patung ini dekat dengan watudodol  yaitu batu besar yang terletak di bagian tengah jalan raya.

Yang bikin jadi pusat perhatian karena patung ini mempunyai ketinggian lebih dibandingkan dengan yang lainnya. Konon, patung ini juga terinspirasi dari legenda Sri Tanjung yang sangat terkenal di Banyuwangi. Siapapun yang melewati patung ini akan menyempatkan diri untuk berhenti sejenak dan mengambil kamera untuk diabadikan dalam ponsel mereka. Inilah yang membuat acara mudik Lebaran makin mengasikan. Jadi, acara mudik Lebaran tidak membosankan karena bisa menikmati pesona Indonesia.(dr)

Patung Wanita Penari Gandrung yang terletak di kawasan Watudodol Banyuwangi Jawa Timur/dokpri