Oleh : Anyndra Naomi

Bingung memilih organisasi di sekolah? Mengikuti organisasi di sekolah memang mampu menumbuhkan energi positif dalam diri, minimal untuk memahami sisi positif dan negatifnya hidup berorganisasi. Maka wajar saja jika organisasi seakan menjadi kebutuhan tambahan bagi siswa dalam meningkatkan keterampilannya di luar dari kemampuan akademik di kelas.

Organisasi

Organisasi di sekolah itu sendiri sangatlah beragam. Biasanya sekolah menyediakan beberapa organisasi yang bisa siswa pilih sesuai dengan minatnya masing-masing. Nah, apakah banyaknya organisasi membuat kamu bingung menentukan pilihan? baca saja 5 alasan dalam tentukan pilihan organisasi sekolah di bawah ini.

1. Pilihlah Organisasi yang Sesuai dengan Passion dan Kemampuan

Sangat penting sekali memilih organisasi yang sesuai dengan passion, agar kamu lebih semangat menjalani setiap kegiatannya. Namun pastikan pula agar kemampuan kamu bisa berguna pada setiap kegiatan di organisasi tersebut. Misalnya, kamu menyukai alam, maka organisasi Pecinta Alam sangat tepat bagi kamu. Namun jika kondisi tubuh kamu sering sakit, ada baiknya kamu memilih organisasi lain karena Pecinta Alam tentu akan membuat kamu banyak berpetualang.

2. Pastikan Organisasi yang Dipilih Memiliki Visi dan Misi yang Terlaksana dengan Baik

Sebelum memilih organisasi, cari tahu dahulu visi dan misi organisasi tersebut. Pastikan visi dan misinya memang terlaksana dengan baik. Jika organisasi tersebut memang melaksanakan visi dan misinya dengan baik, maka dipastikan orang-orang di dalamnya adalah anggota yang berkomitmen tinggi hingga pas untuk kamu pilih.

3. Cari Tahu Seluruh Kegiatan Organisasi Tersebut

Selanjutnya, cari tahu pula kegiatan apa yang biasanya dilaksanakan dalam organisasi tersebut. Pastikan kegiatannya memang sesuai dengan passion dan kemampuan kamu, baik kemampuan fisik maupun ekonomi. Pastikan pula kegiatan yang diselenggarakan mampu mengembangkan keterampilan kamu.

4. Pastikan Semua Aturan Organisasi Bisa kamu Penuhi

Setiap organisasi tentu memiliki aturannya masing-masing. Maka, sebaiknya kamu memastikan bahwa organisasi yang dipilih memang memiliki aturan yang bisa kamu penuhi tanpa merasa terbebani.

5. Meminta Saran dari Orang Tua atau Kakak Kelas

Jika masih bingung, mintalah saran dari orang tua. Orang tua tentu saja memiliki saran terbaik baik anaknya. Kamu juga bisa meminta saran pada kakak kelas, pastikan kamu bertanya pada kakak kelas yang memang paham akan organisasi di sekolah kamu.

Organisasi memang memberikan dampak positif bagi siswa. Namun akan lebih baik lagi jika organisasi yang dipilih memang tepat, agar dampak positifnya tidak hanya bermanfaat bagi siswa tetapi juga bagi orang lain. Selain mengikuti organisasi, kamu mungkin bisa juga mengikuti les private, olahraga atau atlet dan yang lainnya untuk meningkatkan kegiatan positif dan pikiran positif .