Menggunakan aplikasi edit foto kartun sudah menjadi budaya bagi para generasi milenial. Mulai dari kartun muslim dan muslimah dalam karakter kartun, maupun tokoh anime yang sudah terkenal. Tak jarang guru kesenian di sekolah pun memberikan tugas untuk mengolah foto biasa menjadi karakter kartun. Untuk itu, tak perlu panik, sebab ada aplikasi yang bisa melakukannya dengan singkat.

Ada beberapa aplikasi edit foto kartun yang populer di kalangan remaja sekarang. Selain bisa mengubah foto menjadi karakter kartun, ternyata juga hemat kuota. Ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk menginstallnya pun relatif kecil, sehingga bisa cepat ketika download dan install. Belum lagi, tak butuh kuota lebih juga saat menggunakannya. Berikut adalah 5 aplikasi yang dimaksud tersebut:

1. PicsArt

Aplikasi PicsArt pastinya sudah banyak didengar oleh semua orang. Penggunanya tak hanya remaja, melainkan juga para orang dewasa. Mulai dari digunakan sendiri, sampai untuk mengedit foto anak kecil menjadi kartun agar semakin lucu dan menggemaskan. Selain sebagai aplikasi edit foto kartun, aplikasi ini juga memiliki kemampuan standar aplikasi edit foto pada umumnya. Misalnya saja meng-crop foto, mengedit latar belakang, hingga menambahkan stiker dan kata-kata pada foto. PicsArt menjadi aplikasi pertama yang wajib dicoba. 

2. Kartun Photo

Selain PicsArt ada juga aplikasi yang tidak kalah bagus hasil editannya dan yang paling penting aplikasi ini hemat kuota. Kartun Photo ini menyediakan tools dan pilihan efek yang cukup lengkap bagi remaja yang suka mengedit foto. Jenis efek yang disediakan di dalamnya seperti mengedit wajah, mengatur ketajaman gambar, kecerahan, dan sebagainya. Intinya, hasil akhir yang akan diperoleh pastilah maksimal. 

3. Photo Editor – Kartun Art Filter

Photo Editor – Kartun Art Filter merupakan aplikasi edit foto dan video yang belakangan ini sempat banyak digunakan oleh para pengguna smartphone di Indonesia. Jangankan edit foto menjadi kartun, aplikasi ini pun sanggup untuk mengedit video menjadi bernuansa kartun. 

Selain fiturnya yang lengkap aplikasi ini juga mempunyai banyak lukisan efek. Dengan efek ini, bagi yang kurang dengan editor foto kartun pun tetap bisa memilih model editing seperti apa yang diinginkan. Yang paling penting, besarnya aplikasi ini tidak sampai 15MB. Oleh karenanya, tak perlu khawatir untuk tetap bisa berkreatif tanpa perlu takut miskin kuota. 

4. Sketch Camera

Pasti tidak asing mendengar tentang aplikasi yang sempat fenomenal ini. Aplikasi lanjutan dari Pixelab ini tidak membuat ribet harus edit-edit foto atau video lagi. Pengguna dipermudah dalam menggunakan aplikasi tanpa perlu repot mengedit foto maupun video. Cara kerjanya aplikasi ini adalah dengan langsung mengubah foto dan video menjadi berefek kartun secara langsung. Tinggal pilih saja efek yang dirasa paling pas – mulai dari efek lukisan, kartun, manga, maupun yang lainnya. 

Dengan begitu, cukup pilih saja mana foto atau video yang ingin diubah – bisa milik sendiri ataupun membuat kejutan untuk orang lain. Aplikasi ini tergolong sebagai aplikasi instan yang sangat memudahkan penggunanya. Jadi, bagi yang tak mau ribet, bisa menjajal Sketch Camera ini. 

5. Anime Face Changer – Cartoon Photo Editor

Bagi para remaja yang suka menggambar kartun, sekarang bisa salurkan bakat dan keahlian menggambar bukan di kertas lagi tapi di android yang sedang digunakan. Aplikasi ini selain bisa membuat efek kartun pada foto, juga bisa ‘menggambar’ langsung kartun yang ada di pikiran dan angan-angan.

Mau berkreasi membuat pipi gembul, hidung mancung, mata hitam sipit atau bagaimanapun bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Asal punya bakat dan kreatifitas dalam mengolah kursor. Dengan aplikasi ini ditambah keahlian yang di punya ide akan muncul dengan sendirinya saat sedang menyalurkan hasrat seni yang diinginkan. Jangan lupa mencoba aplikasi ini bagi para pecinta editor foto.

Nah, itu 5 aplikasi edit foto kartun yang bisa digunakan untuk mengedit foto menyerupai atau menjadi kartun yang imut dan menggemaskan. Jika suka dengan salah satu aplikasi di atas atau bahkan suka dengan semua aplikasinya silahkan download di android masing-masing  pasti.(slk)