Istilah teknologi face recognition mulai dikenal sejak sidik jari atau finger print digantikan dengan teknologi pengenalan wajah yang satu ini. Face Recognition ini memiliki beberapa keunggulan dan menawarkan fitur yang lebih cepat, akurat serta murah dan praktis. Teknologi ini mampu menggantikan teknologi finger print yang terkadang dapat pudar karena paparan kimia serta faktor kesehatan.

Teknologi memang sangat menarik untuk dibahas dan di perbincangkan. Berbicara teknologi berarti berbicara perkembangan serta kemudahan berbasis teknologi. Selain sistem informasi teknologi juga banyak digunakan dalam segala lini dan kebutuhan dan kepentingan manusia. Dalam penjelasan kali ini teknologi face recognition akan di kupas dari berbagai keunggulan nya.

 

 

 

 

 

 

Beberapa Keunggulan Teknologi Face Recognition

Salah satu keunggulan yang tampak pada teknologi ini adalah tanpa menyentuh nya sama sekali. Hal ini tentunya dapat mempercepat proses kerja dan sangat mudah dilakukan. Untuk mengetahui keunggulan lainnya dapat disimak berikut ini :

  1. Lebih Cepat Mendeteksi

Teknologi ini jelas terlihat dengan kecepatan mendeteksi dibanding dengan teknologi lain hanya dengan waktu 0,2 detik. Sehingga hanya dalam hitungan 1 menit alat dapat mendeteksi sekitar 30 sampai 40  orang. Dan apabila teknologi digunakan dalam smartphone sangat cepat dan tidak perlu membutuhkan waktu lama hanya untuk membuka nya.

  1. Lebih Akurasi

Capaian akurasi dalam teknologi ini mencapai 100 persen bahkan dapat menembus wajah yang menggunakan kaca-mata maupun tidak serta yang menggunakan make up dan tidak menggunakan . sehingga sistem ini sangat cocok dan aman jika digunakan dalam pendidikan, perusahaan, kepolisian, otomotif maupun ritel.

  1. Lebih Murah

Selain itu teknologi ini juga lebih murah dibanding yang lain. Teknologi ini hanya menggunakan webcam. Teknologi dapat digunakan pada komputer yang sudah dipakai dan tidak terpengaruh dengan kondisinya. Misalnya terjadi kerusakan komputer pendeteksian dalam teknologi tetap bisa digunakan sama sekali. Tanpa terhalang oleh keadaan komputer, atau mendatangkan IT lain untuk menggunakan.

  1. Sangat Mudah Digunakan

Teknologi face recognition ini juga sangat gampang dan mudah digunakan Excelsoft dapat memberikan nilai fungsi secara otomatis tanpa terlebih dahulu melakukan download. Atau tidak perlu memperbaharui data secara manual. Dan teknologi tetap dapat mendeteksi walaupun berada jauh atau sedang pergi sehingga terintegrasi ke seluruh dunia, cukup mudah dan sederhana penggunaan nya.

  1. Selalu Terhubung dan Online

Informasi akan tetap terus diterima dan diberikan  secara online oleh bio-X FR sehingga tidak perlu capek mendownload data akhir karena teknologi ini sangat bekerja dengan otomomatis dengan management software yang canggih.

Tahapan Sistem Kerja Teknologi Face Recognition

Beberapa keunggulan diatas tidak lengkap dengan informasi tentang sistem sistem kerja atau tahapan kerja sistem face recognition yang canggih ini adapun tahapan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Detection adalah sistem deteksi atau mengekstraksi pola sebuah gambar. Dan membandingkan nya sehingga jika pola nya berbeda atau sama maka mesin akan cepat mengasumsikan wajah yang ada dalam gambar yang direkam.
  • Faceprint Creation yaitu model atau cetakan wajah. Dalam tahap ini sistem bekerja dengan pendekatan geometris, fotometrik dan analisis tekstur wajah. Sehingga dengan fitur wajah, database dan memetakan lokasi pori-pori dapat mendeteksi pola wajah dengan tingkat akurasi tertentu.
  • Verifikasi dan Identifikasi dalam perbandingan 1 x 1 maka verifikasi atau autentikasi pola wajah akan dibandingkan dengan input wajah atau foto pengguna untuk di autentikasi. Lalu untuk identifikasi dalam 1 x n maka input fhoto akan dibandingkan dengan wajah keseluruhan untuk dapat di cocok kan dalam dataset yang ada di dalamnya.

Face Recognition Cocok Untuk Pengamanan Alat Digital 

Itulah beberapa penjelasan tentang tahapan dan keunggulan teknologi face recognition dalam kehidupan. Sangat mudah dan murah. Dan tentunya sangat membantu pekerjaan bisa untuk kepentingan keamanan juga. Bisa digunakan untuk absensi karyawan skala besar maupun kecil. Karena sistem nya sangat mudah digunakan dan cukup aman.

Begitu juga dengan penggunaan nya teknologi face recognition dalam smarphone  maupun alat digital penting lainnya seperti laptop dan komputer. Sehingga tidak lagi takut akan kehilangan data atau dilihat orang lain. Teknologi sangat membantu dan cukup aman serta akurasi nya juga bisa diperhitungkan lebih unggul. Tunggu apalagi gunakan perkembangan teknologi ini untuk kebutuhan digital pribadi maupun umum.(hn)