Siapa yang tak mengenal kota Bogor? Kota yang dijuluki kota hujan ini memiliki banyak destinasi wisata murah. Baik itu wisata edukasi, sejarah maupun wisata kulinernya. Dengan lokasi yang tidak jauh dari Jakarta, kota ini menjadi tempat tujuan berlibur di akhir pekan bagi warga ibukota. Tak heran, apabila di Bogor saat ini banyak tempat wisata yang baru berkembang,  tumbuh seperti jamur di musim hujan. Oleh karenanya, simak daftar berikut tentang lokasi wisata murah di Bogor berikut ini:

1. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata murah di Bogor yang pertama adalah Kebun Raya Bogor, yang hanya perlu merogoh kocek Rp 15.000 per orang untuk biaya tiket masuk. Sebagai ikon Kota Bogor, kebun ini memiliki luas 87 hektar dengan koleksi lebih dari 15.000 pohon. Lokasi wisata ini termasuk dalam wisata edukasi, dan di dalamnya juga terdapat istana, Istana Bogor namanya. Selain itu juga saat ini sudah bertambah fasilitasnya terutama spot-spot foto bagi wisatawan yang suka selfie

2. Jungle Water Park

Berada di bagian selatan kota Bogor, Jungle Water Park adalah wisata air terbesar pertama di Kota Bogor yang didirikan sejak tahun 2008 di atas lahan seluas 3.8 hektar.  Kesejukan udara dan kejernihan air menjadi kenikmatan tersendiri bagi pengunjung. Untuk memanjakan pengunjung, pengelola Jungle Water Park menyediakan 12 wahana yang dijamin menarik. Diantaranya adalah: leisure pool, lazy river, kiddy pool, slide tower, fountain soccer, dll.

Selain itu ada juga taman burung dan cinema 4D yang diyakini akan membuat wisatawan betah berlama-lama di sana. Untuk masuk lokasi wisata ini dikenakan tiket masuk seharga Rp 85.000 per orang

3. Devoyage Bogor

Objek wisata ini merupakan wisata baru di Bogor. Lokasi yang tidak jauh dari Jungle Water Park ini bisa jadi destinasi bagi yang enggan bermain air. Mau keliling Eropa tapi belum punya passport, lokasi yang satu ini bisa jadi alternatif terbaik.  Karena di Devoyage Bogor, pengunjung dihadirkan suasana negara-negara di Benua Eropa sana.

Ada menara Eifel yang menjulang serta kano-kano kecil yang bisa mengelilingi kanal-kanal seperti di Venice, Italia.  Ada pula rumah-rumah artistik bergaya Eropa, dan juga restoran yang menyajikan makanan ala barat. Dijamin bagi pengunjung yang hobi berswafoto akan puas, karena di Devoyage Bogor terdapat 150 titik spot foto yang instagramable. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000 saja.

4. Wisata Hutan Pinus Gunung Pancar dan Wisata  Air Terjun Curug Cibaliung

Gunung Pancar  adalah tempat wisata alam yang berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang Sentul. Lokasi ini merupakan hutan pinus yang sering dijadikan tempat perkemahan. Pesona hutan pinus yang asri membuat pengunjung betah. Sayangnya, tempat wisata ini belum ditambah fasilitas lain yang dapat lebih banyak menarik pengunjung untuk datang.

Lebih masuk ke dalam, pengunjung akan mendapati air terjun yang jenih dan alami. Curug Cibaliung namanya. Seperti kebanyakan wisata air terjun, curug ini juga menampilkan pesona dari pancaran air terjun yang jernih dan menyegarkan. Untuk  masuk ke tempat  wisata ini hanya diperlukan Rp 5000 per orang saat hari biasa dan Rp 7.500 per orang saat akhir pekan. Sedangkan untuk masuk ke Curug Cibaliung, pengunjung perlu membayar lagi sebesar Rp 10.000 per orang.

5. Wisata Kampoeng Bambu

Lokasi wisata ini berada di bawah kaki Gunung Salak. Menyajikan wisata bernuansa pedesaan yang alami, sangat cocok untuk pengunjung yang ingin melepaskan penat. Tempat wisata ini juga ditujukan untuk wisata edukasi selain untuk bermain. Ada banyak pilihan permainan outbound yang disediakan untuk pengunjung, seperti: webspider, halang rintang, bola lumpur, gorong-gorong, dll.

Bagi pengunjung yang tertarik  diperkenalkan juga bagaimana cara bercocok tanam dan bertani. Selain itu, ada juga water sliding sepanjang 208 meter yang berakhir di kolam renang. Ada pula fasilitas paintball dan mobil ATV yang dikenakan biaya tersendiri di luar paket. Bermain seru-seruan dan kotor-kotoran di sini tempatnya. Biaya yang dikenakan adalah Rp. 125.000 per orang saat akhir pekan. Harga ini sudah termasuk serangkaian outbound dan sekali makan.

Kelima lokasi wisata murah di Bogor dalam daftar di atas bisa menjadi inspirasi untuk tujuan berakhir pekan bersama keluarga selanjutnya. Tak perlu pergi jauh-jauh, cukup datang saja ke Kota Hujan untuk menghilangkan penat sepekan. Ditambah lagi, dengan biaya yang murah, berakhir pekan pun jadi lebih hemat. (slk)