“Tidak hanya olahraga dan makan, beristirahat juga sangat penting untuk kesehatan”

Sebagai manusia yang setiap hari bergerak dan bekerja dari pagi hingga malam, sudah tentu membutuhkan istirahat sebagai aktivitas penyeimbang. Apalagi di masa sekarang ini, hampir seluruh waktu dilakukan dengan bekerja. Waktu 24 jam sepertinya tidak cukup untuk melakukan aktivitas sehingga pola istirahat terganggu. Bahkan ada juga yang sama sekali menganggapnya sepele bahkan melupakan untuk beristirahat sejenak.

Padahal semua orang butuh istirahat. Sebagaimana hasil penelitian di Universitas Washington mengatakan bahwa bukan hanya orang dewasa saja yang membutuhkan istirahat, tetapi semua orang dengan berbagai tingkatan umur pun perlu melakukan istirahat.

Semua orang memang mengetahui bahwa istirahat adalah sebuah kondisi jeda saat melakukan berbagai aktivitas. Namun, pengetahuan tentang istirahat masih sangat dangkal sehingga kebolehjadian untuk tidak dilakukan pun sangat besar. Apalagi jika ada target hidup tertentu yang akan dikejar. Biasanya orang-orang seperti ini akan memanfaatkan waktu 24 jam dalam sehari untuk memikirkan dan melakukan pencapaian target.

istirahat

Hal ini juga berlaku bagi perempuan yang beraktivitas full at home alias ibu rumah tangga. Justru aktivitas ibu rumah tangga tidak pernah habis sampai mata kemudian terbuka kembali keesokan harinya. Tetapi, ada saja ibu rumah tangga yang menjadikan istirahat hanya disaat malam hari saja ketika semua anggota keluarga sudah terlelap.

Bagaimana dengan anak-anak? Mereka pun jauh lebih membutuhkan istirahat karena perjalanan hidup mereka masih panjang ke depan. Fisik harus tetap bugar hingga meraih cita-cita di masa depan. Sehingga aktivitas sebaiknya tetap seimbang dengan istirahat. Namun, pada kenyataannya prinsip istirahat menjadi sesuatu yang kadang mengganggu. Padahal manfaat istirahat sangat banyak sekali, di antaranya:

Penghilang Kejenuhan

Siapa yang tidak akan bosan ketika melakukan aktivitas yang sama setiap hari? Apalagi jika aktivitas tersebut adalah sesuatu yang sama. Dilakukan dari mulai bangun pagi hingga malam kemudian seterusnya seperti itu saja. Tak hanya untuk orang-orang yang beraktivitas di kantor atau anak-anak yang melakukan aktivitas pendidikan, ibu rumah tangga pun pasti akan mengalami titik jenuh. Istirahat akan menghilangkan kejenuhan. Dan ibu rumah tangga sejatinya yang akan mengalami kejenuhan lebih sering karena waktu 24 jam dihabiskan untuk melakukan aktivitas yang sama setiap hari.

Otot Menjadi Kendur

Crystal Reeves, seorang certified master trainer di pusat kebugaran MadSweat, mengatakan bahwa beraktivitas seharian mengakibatkan otot-otot menjadi tegang. Pada kondisi tersebut, penyakit mudah masuk menyerang tubuh. Untuk itu, istirahat diperlukan agar otot kembali dalam kondisi semula, yang semula tegang akan kembali menjadi rileks lagi.

Proses Regenerasi Tubuh

Aktivitas makan, minum dan tidur adalah bentuk istirahat yang membantu proses regenerasi tubuh. Jika tubuh kurang tidur misalnya, maka proses pembentukan hormon akan terhambat. Tentunya akan berdampak negatif pada tubuh. Karena di dalam proses tidur, pembentukan hormon tersebut kemudian terjadi. Jadi, bisa dibayangkan jika tubuh tidak melakukan proses istirahat.

Memperbaiki Mood

Istirahat bisa mengembalikan mood. Jika selama beraktivitas mengalami ketegangan dalam berpikir atau fisik letih, maka mood akan ikut berpengaruh. Untuk mengembalikannya, cukup dengan istirahat sejenak.

Produktivitas Meningkat

Istirahat bisa meningkatkan produktivitas karena tubuh sudah tidak lagi jenuh dan mood kembali pulih. Jika kondisi sudah segar bugar dan semangat, secara otomatis produktivitas meningkat lagi saat bekerja.

Nah, sudah tahu pentingnya istirahat bukan? Pastinya istirahat sangat penting untuk dilakukan oleh semua kalangan usia dengan segala jenis pekerjaan atau aktivitas. Tak perlu melakukan istirahat yang berat. Contoh sederhananya, cukup luangkan waktu 5 hingga 10 menit beristirahat.(rhm)