Apa anugerah yang paling indah untuk orang tua? Jawabannya adalah anak. Anak merupakan titipan dari Allah SWT yang harus dijaga. Penting halnya untuk mendidik anak dengan cara baik dan benar sejak dini. Mendidik anak dalam Islam, perlu diajari hal-hal penting untuk dapat dijadikan bekal kelak ketika dewasa.

Sebagai orang tua, kita semua memiliki peran yang sangat penting dalam mengajari anak. Didiklah anak sesuai dengan kaidah-kaidah Islam. Tujuannya adalah agar anak mampu dan mengerti tentang ajaran Islam. Ada 5 tips mendidik anak dalam Islam agar menjadi pribadi yang berkualitas diantaranya :

1. Didiklah Anak dengan Penuh Kasih Sayang dan Kelembutan

Kasih sayang dan kelembutan sangat dibutuhkan ketika mendidik anak sejak dini. Jangan membentak anak, meski anak melakukan kesalahan. Usia kanak-kanak pun sudah mulai bisa merekam bahkan mengingat. Anak pasti akan menganggap kalau sang bunda kasar. Untuk itu, orang tua perlu mengajari dan membiasakan diri untuk tetap mengucap kata positif. Kasih sayang sangat perlu diberikan setiap waktu.

2. Penuhi Kebutuhan Buah Hati dengan Makanan Halal dan Bergizi

Makanan halal sangat penting dalam Islam, demikian halnya makanan bergizi serta seimbang itu dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak. Selain mendidik, perlu juga menjaga kesehatan anak. Oleh karenanya, makanan halal perlu selalu diberikan pada sang buah hati. Ajarkan juga makanan yang tidak boleh dimakan  menurut Islam, seperti binatang yang bisa hidup di dua alam (darat dan air) adalah haram.

3. Ajari Buah Hati untuk Bersosialisasi

Bersosialisasi merupakan hal yang sangat penting ketika mendidik anak dalam Islam. Seperti halnya, yang sudah didengar mengenai habluminallah dan habluminannas. Habluminallah maksudnya berhubungan baik dengan Allah SWT, yaitu dengan beribadah dan selalu mengamalkan hal yang baik. Sementara itu, habluminannas merujuk pada berhubungan baik dengan sesama manusia.

Pada dasarnya semua makhluk hidup saling membutuhkan, melengkapi, serta membantu. Selalu bersosialisasi dengan yang lain merupakan hal yang penting. Maka dari itu ajarilah anak sejak dini untuk berhubungan baik dengan sesama, misal dengan menyemangati anak untuk bermain di luar. Biarlah buah hati mengeksplorasi dirinya sendiri bersama teman-temanya, saling berbagi mainan saat bermain, buatlah si kecil agar mampu untuk menghargai temannya.

4. Latihlah Si Kecil agar Memiliki Jiwa yang Mandiri dan Bertanggung Jawab

Ajarkan anak untuk mandiri dan bertanggung jawab sedari kecil. Hal ini perlu dilakukan secara intensif dan pelan-pelan sejak dini. Semua butuh proses apalagi untuk sikap mandiri dan bertanggung jawab. Cara anak dalam bersikap mandiri disini contohnya ketika anak berusia mulai 2 tahun coba ajarkan buah hati untuk makan sendiri maupun mengambil minum sendiri.

Libatkanlah sang buah hati dalam setiap kegiatan, misalnya saat bersih-bersih rumah, mintalah anak untuk membantu. Hal itu bisa dilakukan secara rutin agar si kecil mulai terbiasa.

Lalu, maksud dari bertanggung jawab yaitu agar anak lebih peka terhadap keadaan di sekelilingnya. Ketika anak biasa bersikap tanggung jawab, jiwa kepemimpinannya pun akan muncul. Latih dengan cara yang sederhana terlebih dahulu, misalnya setelah anak bermain mintalah anak untuk langsung membereskan mainannya. Anak yang sudah terbiasa bertanggung jawab akan menjadi pribadi yang lebih berkualitas.

5. Kenalkan dengan Ibadah Sehari-hari

Ajarkanlah anak sejak dini untuk belajar tentang keislaman serta keimanan. Cara kelima sangat penting bagi orang tua apalagi di era kemajuan teknologi sekarang. Anak harus lebih rutin dipupuk tentang ibadah keseharian. Dasar ibadah seperti sholat, zakat, sedekah, puasa, serta membaca Al-Quran merupakan hal yang harus dilatih sejak kecil.

Biasakan untuk diajari segala hal-hal baik. Sikap baik yang positif serta mendidik. Bisa pula membacakan cerita inspiratif Islami, seperti cerita para Nabi maupun kisah yang memiliki pesan moral. Ajari pula mengenai doa-doa yang perlu diaplikasikan setiap hari. Selain itu, perlu pula untuk mengikutsertakan anak pada kelas mengaji bersama dengan anak-anak lainnya.

Peran kedua orang tua sangat diperlukan dalam setiap perkembangan anak. Mendidik anak dalam Islam yang mana buah hati memiliki fase yang berbeda-beda, pahamilah setiap fase anak. Ketika anak masih balita, remaja maupun dewasa. Peran orang tua sangat penting. Terakhir, yang tidak kalah penting agar orang tua selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberi kebaikan keluarga dan anak-anak.(nkh)