Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang paling berharga. Apalagi bagi seorang wanita rambut dianggap sebagai mahkota keindahannya. Namun ada saja masalah yang muncul pada rambut seperti ketombe dan rontok. Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi rambut rontok berlebihan yaitu :

Oles Kulit Kepala Dengan Jus Bawang

Selain digunakan sebagai bumbu masak, ternyata bawang merah dan bawang putih memiliki berbagai manfaat salah satunya untuk mengatasi rambut rontok. Saripati alami dari bawang dipercaya dalam mengatasi rambut rontok dengan cara menggosokkannya pada kulit kepala yang bermasalah. Untuk mendapatkan saripati dari bawang, yang harus dilakukan adalah menghaluskan bawang merah ataupun bawang putih dengan blender.

Saripati tersebut dioleskan pada kulit kepala rambut yang bermasalah atau bisa ke seluruh permukaan kulit jika ingin rambutnya lebih lebat. Diamkan selama 30 menit atau untuk hasil yang lebih maksimal bisa digunakan saat tidur kemudian bilas hingga bersih.

Olesi Kulit Kepala Dengan Kayu Manis

Kayu manis biasanya digunakan sebagai bumbu masakan atau campuran pada kopi. Namun kayu manis dipercaya memiliki zat-zat yang dapat mengobati kerontokan seperti gula, vitamin A, protein, karbohidrat, dan antioksidan.

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan kayu manis yaitu dengan menambahkan bubuk kayu manis dengan minyak zaitun dan madu. Hasil campuran tersebut kemudian dioleskan pada kulit kepala selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

Mengoleskan Santan Kelapa

Seluruh bagian dari kelapa dapat dimanfaatkan oleh manusia dimulai dari batangnya, daunnya, hingga buahnya. Santan yang biasa digunakan sebagai penambah rasa pada masakan, ternyata dapat digunakan juga sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebihan. Kandungan minyak dalam santan dapat melembabkan rambut sehingga dapat memperbaiki rambut yang kurang ternutrisi sehingga menyebabkan kekeringan.  

Caranya cukup dengan mengoleskan santan ke kulit kepala yang mengalami kerusakan. Pijat-pijat agar santan dapat menyerap ke dalam akar rambut selama 10 menit kemudian bilas dengan shampo agar minyaknya hilang.

Mengoleskan Bubuk Cabai

Pasti tidak ada yang pernah membayangkan jika cabai yang memiliki rasa pedas ternyata dapat mengobati kerontokan pada rambut. Kandungan capcaisin dalam cabai ternyata dapat melancarkan peredaran darah yang dapat merangsang kesuburan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bubuk cabai adalah dengan mencampurkannya dengan minyak zaitun. Setelah kedua bahan tersebut dicampurkan maka selanjutnya adalah mengolesi pada bagian rambut secara merata dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih, namun pastikan agar bubuk cabainya tidak mengenai mata.

Menggunakan Masker Telur

Menggunakan masker dari telur merupakan salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang alami. Telur mengandung protein yang dapat membantu mengembalikan kerusakan keratin rambut yang 70% terbuat dari protein.

Untuk membuat masker telur adalah dengan mencampurkan telur dengan zaitun sampai rata dan kental. Kemudian oleskan masker telur tersebut pada setiap helai rambut yang basah hingga ke kulit kepala. Agar cepat meresap, tutupi rambut dengan topi mandi plastik selama beberapa menit. Setelah dirasa benar-benar meresap maka bilaslah rambut hingga bersih.

Oleskan Cairan Lidah Buaya

Untuk mengatasi masalah rambut rontok dengan menggunakan bahan alami adalah dengan bahan sari lidah buaya. Selain itu ternyata lidah buaya memiliki manfaat lain yakni untuk membuat rambut lebih lembab, menghilangkan ketombe, dan membuat rambut menjadi berkilau.

Caranya adalah dengan mengambil satu helai daun lidah buaya. Kupas lapisan daunnya dan ambil cairan lendir yang ada di dalamnya. Oleskan cairan tersebut selama beberapa menit agar meresap dengan baik kemudian bilas hingga bersih.

Mengusapkan Minyak Jojoba

Minyak jojoba biasanya ada terdapat dalam minyak rambut bayi. Kandungan dalam minyak jojoba ini dapat melembabkan folikel rambut sehingga dapat membuat rambut menjadi kuat dan sehat. Selain itu dapat juga mengurangi risiko berminyak setelah rambut dicuci karena sel-sel rambut akan lebih cepat bereproduksi.

Caranya melakukan perawatan rambut dengan minyak jojoba adalah dengan mengusapkan atau mengoleskan minyak tersebut pada rambut secara merata. Pijat agar minyak dapat terserap dengan baik ke permukaan kulit kemudian bilang dengan air.

Itulah 7 cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah di temukan dan sederhana. Dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena pada dasarnya mengobati dengan bahan-bahan yang alami membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengatasi masalah.(hn)