Palembang yang terkenal dengan pesona sungai musi dan jembatan Ampera nya ini sekarang  tengah digandrungi oleh masyarakat selain karena menjadi salah satu tempat pelaksanaan kompetisi olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games pada 2018 lalu, Palembang juga mulai berbenah dengan menampilkan beragam tempat wisata bagi pengunjung baik lokal maupun dari luar kota Palembang bahkan dari luar sumatera selatan.
Ada apa saja tempat wisata di kota Palembang, yang cocok di kunjungi oleh para keluarga besar? Berikut beberapa rekomendasi yang cocok bagi kalian yang ingin berlibur kota pempek tersebut.

1. Benteng Kuto Besak (BKB)

Berkunjung ke Palembang tidak lengkap bila tidak main ke Benteng Kuto Besak atau yang biasa di sebut warga lokal Palembang sebagai BKB. BKB sendiri terletak di pusat kota, dan berada pas dipinggir sungai musi sehingga para pelancong dapat menikmati suasana sore yang syahdu dengan semilir angin dan suasana hilir mudik dari perahu atau tongkang yang ada di sungai musi. Selain itu, BKB sendiri saat ini menjadi pusat event untuk beberapa acara, seperti lomba, musikal, teater atau acara-acara lainnya jika pengunjung sedang beruntung bisa jadi akan berkesampatan menonton acara-acara tersebut secara gratis di BKB. Di BKB sendiri saat ini sudah dibangun monument patung ikan belido yang menjadi ikon dari kota Palembang.

2. Sport Centre Jakabaring
Ingin mengenang suasana momen perhelatan akbar saat Asian games atau Sea Games lalu? Sport Centre Jakabaring menjadi pilihan tepat. Dengan biaya tiket masuk yang cukup murah, berkisar Rp5000 – Rp10.000 pengunjung memiliki akses untuk berkeliling di dalam sport centre yang cukup luas tersebut, walaupun untuk akses masuk ke studion olahraga di tutup tapi pengunjung dapat menikmati danau buatan yang berlokasi di dalam sport centre, selain suasana yang teduh karena banyak pepohonan, kawasan tersebut juga ramah terhadap anak-anak karena begitu luas untuk anak-anak berlarian dan rerumputan yang asri, tapi orangtua harus tetap memantau para balita dan batita yaa. Udara yang sejuk, tidak terlalu banyak kendaraan dan juga memiliki spot-spot menarik untuk menjadi background foto menjadi daya tarik tersendiri di Sport Centre Jakabaring ini.

3. Pasar 26 Ilir
Ingin membeli oleh-oleh? Menikmati sajian makanan daerah khas Palembang? Pasar 26 Ilir adalah jawabannya. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari BKB membuat akses menuju pasar 26 Ilir selalu di kerumuni oleh pelancong dari berbagai daerah. Selain itu, pasar yang terkenal dengan sajian untuk oleh-oleh seperti beragam pempek, bulu kojo, model, tekwan dan mie celor ini juga menyajikan beragam kerupuk atau kemplang yang biasanya dibawa oleh para pengunjung sebagai oleh-oleh. Pokoknya para pelancong harus mampir kesini sebelum pulang lagi ke kota masing-masing

4. Museum Balaputra Dewa
Museum yang terletak di kilometer 5,5 tepatnya di jalan Srijaya Negara I no. 288, Palembang Sumatera Selatan ini memang seperti museum-museum lainnya. Di dalam museum kita disuguhkan beragam benda-benda peninggalan bersejarah kerajaan Sriwijaya seperti patung, candi, kain, keris dan beberapa tulisan-tulisan jaman dulu. Selain sebagai tempat wisata, museum ini juga cocok sebagai wahana belajar bagi anak-anak yang ingin berkunjung ke tempat wisata edukasi. Para ibu juga bisa memberikan penjelasan menarik sehingga anak juga ikut belajar sambil berwisata di sini, menarik bukan?

5. Jembatan Ampera

jembatan ampera
Ke Palembang tapi tidak berfoto di Jembatan Ampera? Duhh jangan lah. Kalau kalian berkunjung ke Palembang, Jembatan Ampera harus ada di list kalian, karena tempat ini sebagai ikon dari kota Musi. Tapi ada saran nih, kalau kalian mau asyik-asyikan disini lebih baik kunjungi jembatan ini dari sore hari atau malam hari, karena di jam-jam seperti itu suasananya sangat teduh dan menyenangkan, apalagi jika malam hari pemandangan lampu-lampu yang dilihat dari atas jembatan sangat memuaskan mata. Selain itu Jembatan Ampera saat ini sudah sangat memanjakan pelancong karena sudah disediakan tempat duduk dan juga lampu-lampu di sepanjang jalan nya. Gimana asyik kan?

6. Taman Warna Warni
Taman ini berada di Jl. Sekanak, 22 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. Tempat wisata ini sebenarnya baru diresmikan sesaat akan dilaksanakan Asian Games. Selain merubah tempat tersebut dengan warna warni yang menarik, kawasan sekanak tersebut juga diramaikan dengan graffiti yang menarik. Sehingga sangat instagramable bagi para pengunjung yang datang. Bisa jadi referensi feed media sosial mu nihh!

Gimana? Tertarik kan berkunjung ke Kota Palembang, selain bisa berwisata kita juga akan belajar banyak hal terutama sejarah dan menambah referensi feed media sosial apalagi kalau bukan Instagram.(Putri Evin Desi Karyanti)