Sebagaimana hasil penelitian para pakar, air susu ibu terbukti sebagai asupan makanan terbaik yang dapat diberikan kepada bayi hingga menginjak usia 2 tahun. Para ibu generasi modern yang peduli terhadap tumbuh kembang anak pun mulai beralih memberikan ASI kepada bayi mereka. Beragam penelitian pun dilakukan untuk mengetahui apa saja asupan makanan sehat untuk ibu menyusui.

Utamanya ASI lebih baik bagi bayi dikarenakan oleh faktor psikologis yang terjalin antara ibu dan bayi ketika proses menyusui. Selain itu, terdapat ahli yang berpendapat bahwa produksi ASI mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi bayi secara real time. Oleh sebab itu disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi secara langsung dan tidak menginap. Berikut adalah beberapa makanan sehat yang mudah ditemui untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui sehari-hari:

  1. Bayam

Sayuran yang terkenal sebagai sumber tenaga Popeye ini merupakan jenis sayuran yang mudah ditemui sehari-hari. Proses pengolahannya pun mudah dan cepat, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui yang memiliki sedikit waktu lebih untuk memasak. Terkenal dengan kandungan zat besinya, bayam juga mengandung kalsium, asam folat, serta vitamin K. Selain membantu mencegah anemia bagi ibu, zat-zat tersebut juga dapat mencerdaskan otak bayi.

  1. Ikan

Ikan merupakan sumber asupan protein, vitamin D, serta DHA yang lebih baik dibandingkan dengan daging merah. Kedua zat tersebut sangat diperlukan utamanya demi kesehatan tulang serta kekebalan tubuh. Perlu diingat bahwa kekurangan vitamin D bagi bayi dapat menyebabkan kejang-kejang, rakhitis, serta kelemahan otot. Seringkali ahli gizi menyarankan konsumsi ikan salmon yang juga memiliki kandungan DHA tinggi yang dapat mengoptimalkan pembentukan otak bayi.

  1. Telur

Telah diketahui secara umum bahwa telur memiliki kandungan protein, riboflavin (vitamin B2), kolin, serta vitamin A yang dibutuhkan oleh bayi. Dengan meningkatkan konsumsi telur, juga dapat meningkatkan kandungan zat-zat tersebut dalam ASI yang diproduksi. Perlu diingat, bahwa jenis kandungan mineral yang disebutkan di atas akan kurang jika ibu menyusui kekurangan asupan dari apa yang dikonsumsi.

  1. Pisang

Pisang merupakan buah yang memiliki tekstur paling lunak dan menjadi salah satu makanan pendamping ASI yang paling aman serta sangat dianjurkan. Buah ini juga kaya akan serat dan dapat melancarkan pencernaan. Diet dengan mengkonsumsi pisang menjadi salah satu jenis diet yang paling manjur serta aman untuk dilakukan oleh siapa pun, meski bagi yang memiliki sistem pencernaan lemah. Di samping itu, pisang juga memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kandungan vitamin tersebut dalam produksi ASI dari ibu.

  1. Oats

Bagi orang Indonesia, oats lebih dikenal sebagai makanan diet bagi penderita kolesterol. Kandungan beta-glucan yang ada di dalam oats ini juga terbukti ampuh untuk meningkatkan produksi ASI. Penyajian makanan berbahan oats pun terserah selera. Mau memakannya seperti bubur dengan ditambahkan buah-buahan seperti yang banyak dilakukan orang atau dengan mencampurkannya ke dalam makanan lainnya.

  1. Kacang Hijau

Olahan kacang hijau sudah umum di Indonesia dan telah ada secara turun temurun sejak dulu. Di beberapa rumah sakit, kacang hijau juga dijadikan sebagai asupan diet untuk meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh pasien. Bahkan sering kali sari kacang hijau diberikan kepada orang yang telah selesai melakukan donor darah. Oleh karenanya rebusan kacang hijau beserta airnya merupakan salah satu galactogogue (melancarkan produksi ASI) yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

  1. Pepaya

Siapa yang menyangka bahwa buah tropis ini mengandung zat yang dapat meningkatkan produksi asi. Masih belum diketahui secara pasti zat apa tepatnya yang menyebabkan demikian. Pepaya sendiri telah banyak digunakan di Asia sebagai salah satu makanan bagi ibu menyusui. Konsumsi pepaya dapat dilakukan baik saat masih mentah dengan memprosesnya sebagai masakan sayur atau mengkonsumsi langsung sebagai buah yang telah matang.

Ibu menyusui juga perlu menjaga jenis makanan apa saja yang dikonsumsi. Produk makanan sehat untuk ibu menyusui yang dimakan akan berpengaruh secara langsung terhadap ASI yang diproduksi. Oleh karenanya, kurangi konsumsi kafein serta makanan pedas atau asam, karena dapat mempengaruhi rasa ASI. Selain itu, hindari mengkonsumsi susu sapi, sebab dimungkinkan bayi memiliki alergi terhadap kandungan protein dalam susu sapi. (hn)