Pada hari Senin,  tanggal 22 April 2019, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bogor (DPMPPA) dan APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital 2019 yang bertemakan Penggunaan Teknologi Informasi untuk Kehidupan Perempuan yang lebih baik. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas PMPPA, Ibu Artiana Yanar Anggriani dan juga dihadiri oleh Bapak Agam Bekti Nugraha,Kepala Bidang Kesetaraan Gender dalam IPTEK juga Ibu Nina Kurnia Hikmawati, Ibu Hanny Hikmayanti, Bapak Solikhin, dan Ibu Andiani dari APTIKOM.

Pada kegiatan tersebut, Ibu Nina Menyampaikan tentang Pengaruh Positif dan Negatif IT bagi Kehidupan Perempuan dan Anak Indonesia. Saat ini berbagai macam kebutuhan manusia telah banyak menerapkan dukungan internet dan dunia digital sebagai wahana interaksi dan transaksi. Kita sudah begitu terikat dengan Handphone, bahkan ada istilah lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan handphone.

Selain itu, Ibu Hanny juga membagikan informasi mengenai aplikasi-aplikasi super yang dapat membantu perempuan dalam melakukan perannya yang dapat di download melalui smartphone kita.  Kami akan merangkum untuk kalian mengenai apa saja sih aplikasi super yang dapat dimanfaatkan dalam rangka untuk meningkatkan produktifitas kita sebagai perempuan. Ibu Hanny mengelompokkan Aplikasi-aplikasi tersebut dalam 7 Jenis. Diantaranya :

  1. Kecantikan

Tentunya sebagai seorang perempuan kita sangat senang untuk menjaga kecantikan kulit kita, ada satu aplikasi bernama “TroveSkin” yang dapat teman-teman download untuk dapat memantau dan menganalisa perubahan kulit secara akurat dari waktu ke waktu. Keren banget ya.. Selain aplikasi “TroveSkin”, bagi sahabat serempak yang tidak bisa berdandan, jangan khawatir, ada aplikasi “Profesional Makeup Tutorial” yang  merupakan aplikasi panduan makeup untuk kamu yang belum mahir benar dalam urusan berdandan.

Aplikasi Proffesional Makeup Tutorial

Aplikasi TroveSkin

  1. Kesehatan

Untuk kesehatan sendiri, Aplikasi yang dapat di download ke HP sahabat serempak salah satunya adalah aplikasi “7 Minute Workout” yakni Aplikasi Android yang memberi panduan gerakan olahraga selama 7 menit. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan, untuk melatih otot, mengurangi berat badan, dan lain-lain. Anda tidak bisa bohong, karena aplikasi ini juga mencatat hari apa saja Anda melakukan latihan.

Aplikasi 7 Minute Workout

  1. Pendidikan

Untuk aplikasi tentang pendidikan sendiri, ada satu aplikasi canggih yang cukup mencengangkan dan baru diketahui oleh peserta sosialisasi, yaitu aplikasi “Photomath”. Aplikasi ini untuk membantu orang mengerjakan soal matematika baik pecahan hingga aljabar cukup dengan mengambil gambar dari soal yang ingin dikerjakan. Nantinya aplikasi tersebut akan menampilkan jawabannya beserta langkah-langkah dalam pengerjaannya. Cukup keren bukan? Untuk orangtua yang ingin membantu anaknya mengerjakan soal matematika, kini tak perlu khawatir lagi tidak bisa mengerjakannya.

Aplikasi Photomath

  1. Memasak

Buat sahabat serempak yang gemar memasak, jangan khawatir. Ada aplikasi “Yummly” yang dapat memberikan arahan dan cara-cara untuk memasak. Selain memberi arahan memasak, Yummly juga memberi rincian bahan-bahan dari resep yang dapat langsung Anda simpan dengan sebuah ‘klik’ saja. Misalkan Anda ingin memasak lasagna namun kehabisan beberapa bahan, tinggal ‘klik’ dan bahan-bahan tersebut akan muncul di “Shopping List”.  Keren banget bukan? Nah..untuk sahabat serempak yang cinta banget sama masakan Indonesia tapi gak bisa masaknya jangan khawatir, ada aplika “Jutaan Resep Masakan Indonesia” yang dapat di download untuk mengetahui resep-resep masakan Indonesia.

Aplikasi Yummly

Aplikasi Jutaan Masakan Indonesia

  1. Anak

Salah satu aplikasi yang sangat berguna untuk anak-anak diantaranya aplikasi Marbel mengaji, Aplikasi tersebut dapat mengajari anak membaca huruf-huruf Hijaiyah bisa dimulai sejak dini. Jika si kecil masih sering merobek kertas, sarana digital bisa dicoba untuknya. Sedangkan apabila ingin mendongeng untuk anak-anak akan tetapi kehabisan ide cerita, orang tua dapat mendownload aplikasi kumpulan dongeng sheza, dengan begitu sebagai orangtua kita dapat menumbuhkan kembali budaya literasi, bercerita, menanamkan moral dengan mendongeng  kepada anak-anak.

Aplikasi 330 Dongeng Untuk Anak

Aplikasi Marbel Mengaji

  1. Keselamatan

Ini salah satu tema yang sangat penting. Keselamatan hidup orang terdekat seperti anak adalah hal yang paling ingin dijaga oleh orangtua. Keluarga kecil kita dapat mendownload aplikasi “Bsafe”. Apa itu aplikasi BSafe? Aplikasi ini akan selalu meng-update keberadaan setiap orang yang berada dalam satu grup untuk saling memantau satu sama lain. Hal ini berguna dan bertujuan untuk langsung mengirimkan signal atau tanda saat salah satu anggota mengalami keadaan yang mengancam keamanan dengan fitur emergency. Jadi, dengan satu alarm, kamu bisa langsung mengirimkan signal kepada orang-orang terdekat dalam grup tersebut. Hal ini bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kepada anak dan istri atau suami kita.

Aplikasi Bsafe

  1. Harian

Dalam Jenis ini, Ibu Hanny membagikan banyak sekali aplikasi yang dapat kita gunakan sehari-hari namun kami hanya mengambil dua dari yang telah dipaparkan, diantaranya aplikasi “teman bisnis” dan aplikasi “flip”. Kedua aplikasi ini cocok sekali untuk perempuan maupun laki-laki yang sedang menekuni bisnis yang dijalaninya.

Aplikasi Teman Bisnis

  Aplikasi “teman bisnis” merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk keuangan bisnis, terutama bagi yang sedang pertama kali memulai usaha. Tujuan aplikasi ini untuk :

    1. Mencatat pemasukan dan pengeluaran bisnis dari berbagai sumber. Masing-masing sumber juga dapat dikelompokkan dalam kategori yang berbeda-beda untuk membantu kamu melacak transaksi.
    2. Mencatat transaksi kredit atau utang.
    3. Menghitung sejumlah laporan seperti laba/rugi, utang/piutang, dan pertumbuhan kas secara periodik.
  1. Terdapat artikel panduan dan informasi singkat mengenai pengelolaan bisnis.

Sedangkan untuk aplikasi “flip” Transfer dari dan ke BCA, BNI, Mandiri, BRI, CIMB Niaga, BTPN, Jenius, BTPN Wow, BNI Syariah, Mandiri Syariah, CIMB Niaga Syariah, dan Muamalat tanpa biaya administrasi.  Transfer dapat dilakukan ke siapapun dan penerima tidak perlu memiliki akun Flip.

Aplikasi Flip

Itulah 7 Jenis Aplikasi yang dapat sahabat serempak download melalui smartphone masing-masing dan digunakan sehari-hari. Semoga dengan dibagikannya informasi ini dapat membuat sahabat serempak semua lebih produktif lagi. (RH)