Perempuan mana yang nggak ingin terlihat cantik? Nah, dengan memakai 7 makeup basic atau dasar ini bisa membantumu terlihat lebih cantik, lho! 

Bicara soal kosmetik atau makeup tentu tidak akan lepas kebutuhan perempuan. Menurut Wikipedia, definisi kosmetik itu sendiri adalah zat perawatan yang digunakan untuk meningkatkan penampilan dan aroma tubuh manusia. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kosmetik pun lebih banyak merupakan bahan sintetis yang mengandung beragam senyawa kimia.

Namun, kali ini kita akan membahas 7 jenis makeup yang wajib dimiliki meskipun kamu bukan orang yang suka berdandan. Karena meskipun tidak menyukai dandan, tetap saja wanita harus tampil sebagai kodratnya dengan penampilan yang menarik. Untuk lebih jelasnya, bisa disimak sebagai berikut:

Foundation atau alas bedak

Sebelum menggunakan bedak padat atau istilah dalam kecantikan adalah two way cake, wajah sebaiknya diberi dengan foundation sebagai dasar makeup. Alas bedak berfungsi untuk menjaga makeup tetap awet, tahan lama, baik ketika sedang berkeringat atau terkena sinar matahari. Tanpa alas bedak, wajah akan terlihat patchy. Biasanya alas bedak ini berbentuk liquid. Kini, tersedia pula BB Cream sebagai alas bedak jika khawatir kondisi kulit wajah yang sensitif ketika memakai foundation.

Bedak 

Bedak bisa berupa bedak padat (two way cake) atau bedak tabur (loose powder). Jika masih terbilang usia remaja menuju dewasa, sebaiknya menggunakan loose powder untuk lebih menjaga kulit dari sentuhan dari kandungan bahan kimia yang lebih berat daripada two way cake. Namun, kembali lagi pada sensitivitas kulitmu saat menggunakannya.

Lipstick

Pemerah bibir atau sering dikenal dengan lipstick ini memang banyak macamnya. Bahkan dikemas dalam bentuk yang beragam pula. Ada yang padat, ada juga yang dalam bentuk liquid. Semua tergantung selera, asalkan pas di bibir dan tidak terkesan menor. Sebelum menggunakan lipstick, sebaiknya juga membasahi bibir dengan lipbalm atau sejenis pelembap bibir agar ketika memakai lipstik, bibir tidak terlihat pecah-pecah atau kering.

Eyeliner

Fungsi dari eyeliner di sini adalah membentuk garis mata agar tidak terkesan sendu atau sipit yang berlebihan. Ketebalan goresan dari eyeliner sendiri pun bisa dibentuk sesuai keinginan. Namun, tetap memperhatikan nilai-nilai kesopanan saat membuat goresan tersebut. Pilihan warna pun ada beragam, namun kalau saya pribadi cenderung akan lebih suka dengan eyeliner berwarna hitam. Karena warna hitam lebih netral dan tentunya memberikan sentuhan “ketegasan” pada setiap goresan yang diberikan.

Pensil Alis

Ketika sudah memaksimalkan bagian-bagian wajah dengan jenis perangkat makeup di atas, seringkali terlupa adalah alis. Bahkan sebagian besar tidak memperhatikannya atau membiarkannya seperti apa adanya. Salah satunya saya sendiri. Pensil alis digunakan untuk memperjelas bentuk alis (meskipun ada sebagian besar wanita yang memang sengaja mencukur alis dan menggunakan pensil alis untuk menggambar alisnya kembali).

Mascara

ini adalah alat makeup yang membentuk bulu mata lebih tebal dari sebelumnya. Menggunakannya pun bisa setiap hari, tergantung kebutuhan. Kalau saya sendiri sangat jarang menggunakannya karena sedikit sensitif di bagian mata.  

Pembersih Kosmetik

Setelah tampil dengan makeup yang paripurna, maka semuanya perlu dibersihkan. Jangan sampai ada kata malas membersihkan wajah setelah disentuh dengan beragam jenis kosmetik. Hal ini tentu akan merugikan yang memiliki wajah itu sendiri. Salah satunya adalah mudah berjerawat bahkan pori-pori wajah menjadi lebih besar. Sabun pembersih saja tidak cukup. Dibutuhkan pembersih kosmetik yang benar-benar bisa mengangkat makeup.

Nah, itulah 7 jenis makeup basic yang bisa membuatmu tampil lebih cantik. Yuk, coba!  (rhm)