Asam lambung sering disebut sebagai penyebab nyeri yang terjadi pada lambung dan ulu hati. Padahal sebenarnya asam lambung adalah zat asam pada lambung yang dalam keadaan normal membantu terjadinya pencernaan. Namun memang jika kadarnya mengalami kenaikan akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Di bawah ini ada beberapa makanan penyebab asam lambung naik yang perlu dihindari agar tidak meningkatkan kadarnya.

  1. Makanan Pedas

Sebagian besar penduduk Indonesia memiliki selera rasa pedas pada setiap masakannya. Bahkan jika memungkinkan semua makanan akan dilahap dengan tambahan cabe di dalamnya. Mulai saat ini perlu berhati-hati ya, apalagi bagi yang memiliki keluhan asam lambung atau saluran pencernaan. Hal ini Karena cabe merupakan makanan penyebab asam lambung naik.

Sensasi rasa panas dari zat aktif capcaisin pada cabe inilah yang bisa merangsang pengeluaran asam lambung berlebih. Akibatnya asam lambung akan naik dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut dan ulu hati.

  1. Buah Yang Terlalu Asam

Buah-buahan yang memiliki rasa asam mungkin terasa segar di lidah bagi yang menyukainya. Tapi berhati-hati lah karena zat asam pada buah akan memperparah gejala asam lambung yang terjadi. Apalagi jika mengkonsumsinya saat perut dalam kondisi kosong, maka kadar asam lambung akan segera melejit.

Untuk itulah harus cermat dalam memilih waktu mengkonsumsi buah-buahan asam agar tidak menaikkan asam lambung. Akan lebih baik makan makanan pokok lebih dahulu baru kemudian konsumsi buah asam.

  1. Gorengan

Siapa yang tidak menyukai gorengan? Sepertinya mayoritas orang Indonesia menyukainya karena makanan ini mudah didapatkan atau dibuat sendiri. Bagi penderita masalah asam lambung mulai lah batasi asupan gorengan agar tidak memperparah gejala kenaikan asam lambung.

Kadar lemak yang tinggi di dalam gorengan lah yang menyebabkan resiko kenaikan asam lambung. Lambung harus bekerja ekstra keras untuk mendegradasi lemak di dalam gorengan dengan mengeluarkan asam lambung. Namun jika kadarnya berlebih tidak hanya berfungsi fisiologis juga bisa menyebabkan rasa sakit pada lambung dan ulu hati.

  1. Kopi

Kandungan zat aktif pada kopi adalah kafein, zat ini lah yang disinyalir bisa meningkatkan asam lambung. Hal itu karena sifat kafein itu sendiri adalah asam sehingga menyebabkan kondisi asam pada lambung karena memicu keluarnya asam lambung.

Sebenarnya tidak hanya kopi yang mengandung kafein tapi masih banyak minuman lainnya yang juga harus dihindari. Sebagai contohnya teh, juga mengandung kafein meskipun jumlahnya tidak sebesar kopi. Mulai perhatikan konsumsi kopi dan teh agar asam lambung tidak mengalami peningkatan berarti.

  1. Minuman Bersoda

Minuman ini sangat digemari, mulai dari anak-anak hingga orang tua pun menyukai minuman bersoda. Harus mulai waspada jika mengkonsumsi minuman berkarbonasi ini apalagi jika memiliki keluhan asam lambung.

Pasalnya minuman berkarbonasi yang mengandung C02 ini akan bereaksi di dalam lambung dan menimbulkan gas yang membuat rasa mual. Dalam kondisi tertentu bagi penderita maag akut atau pun kronis minuman bersoda bisa menimbulkan rasa sakit pada lambung.

  1. Daging Tinggi Lemak

Ada berbagai jenis daging yang bisa dikonsumsi salah satunya ada bagian pada sapi atau ayam yang dagingnya tinggi lemak. Daging ini lah yang akan menyebabkan kenaikan asam pada lambung yang bila berlebihan akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Untuk penderita maag dan asam lambung akan lebih baik jika mengkonsumsi daging tanpa lemak. Dengan begitu lambung tidak bekerja keras dengan mengeluarkan asam untuk mencernanya.

  1. Susu Full Cream

Susu memang minuman sehat yang dijadikan dewa oleh kebanyakan orang Indonesia, namun untuk penderita asam lambung tidak. Bijak lah dalam mengkonsumsi dan memilih produk susu. Susu full cream (lemak penuh) akan memperparah keadaan asam lambung yang tinggi dalam saluran pencernaan.

Hal itu karena lambung akan mengeluarkan asam-nya untuk mencerna susu full cream yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Akan lebih baik pilih susu skim dan minum lah saat lambung tidak dalam kondisi kosong.

Demikian lah 7 makanan penyebab asam lambung naik yang sebaiknya dihindari jika ada keluhan gangguan asam lambung. Menghindari makanan-makanan di atas maka asam lambung akan lebih terkontrol sehingga tidak menyebabkan rasa sakit pada lambung dan ulu hati. Jika keluhan asam lambung masih terjadi meskipun sudah menghindarinya maka segera lah pergi ke tenaga medis untuk mengatasinya.(nkh)