7 Manfaat Mengajak Anak ke Museum

0
26

Setiap orang tua pasti mengharapkan anaknya tumbuh sehat, aktif, dan cerdas. Namun sering kali, orang tua sulit meluangkan waktu untuk menemani anak menimba ilmu dan wawasan. Padahal, kedekatan orang tua dan anak turut membentuk kecerdasan pada masa tumbuh kembang si anak.

Hal tersebut merupakan PR yang lazim ditemui semua orang tua, terutama mereka yang tinggal dan mencari nafkah di ibu kota. Di Jakarta dan wilayah sekitarnya, waktu luang keluarga seringnya baru tersedia saat malam saat anak sudah mulai mengantuk. Sementara akhir pekan keluarga-keluarga di Jakarta lebih sering dihabiskan untuk beristirahat atau jalan-jalan ke pusat-pusat perbelanjaan.

Jika sedikit lebih jeli, orang tua bisa mengajak anak-anak ke tempat-tempat hiburan yang lebih kaya pengetahuan. Contohnya saja museum.

apri1

Ibukota Jakarta menyediakan lebih dari 50 museum yang dapat dikunjungi. Museum dengan tema-tema yang khas juga banyak tersebar di kota-kota besar di seluruh provinsi. Dengan mengajak anak mengunjungi museum, ada berbagai manfaat yang didapatkan keluarga.

  1. Menambah Kedekatan Orangtua dan Anak

Semua kegiatan yang  orangtua habiskan bersama anak akan mempererat kedekatan mereka. Semakin dekat orangtua dan anak, semakin terbuka si anak untuk membagikan permasalahan mereka. Jawaban-jawaban yang mereka dapatkan dari orangtuanya selama mengunjungi museum, bisa membuat anak percaya kalau orang tuanya dapat diandalkan. Untuk itu, usahakan kita sebagai orangtua membekali diri secukupnya dengan informasi seputar museum yang akan dikunjungi.

  1. Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

Dibandingkan dengan pusat perbelanjaan, mengajak keluarga ke Museum bisa menghemat pengeluaran rekreasi rumah tangga. Hampir dapat dipastikan, tidak ada tiket museum yang mahal. Sambil membawa bekal makan siang dari rumah, harga tiket masuk tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan pengetahuan baru yang didapatkan anak-anak serta kegembiraan yang kita nikmati bersama keluarga.

  1. Menambah Wawasan

Benda-benda yang ada di museum memiliki nilai edukasi yang tinggi. Pengunjung dapat membaca informasi yang menyertai setiap koleksi. Tidak jarang, museum juga dilengkapi dengan bioskop mini sebagai alternatif wahana pertunjukan audio visual. Sebut saja Museum Dieng di Wonosobo atau Planetarium di Jakarta Pusat. Dengan menonton tayangan bioskop di museum, anak-anak tetap terhibur sekaligus, tanpa sadar, belajar.

apri3
Sumber gambar: anehunik69.blogspot.co.id
  1. Menumbuhkan Minat Seni

Jika anak terlihat berbakat di bidang seni, seperti menggambar atau bermain alat musik, datang ke museum seni adalah pilihan tepat. Museum lukisan, seni rupa, dan keramik tidak sekadar meningkatkan ketertarikan mereka pada seni, tetapi juga memperkenalkan bentuk, corak, atau sosok yang akan menjadi inspirasi mereka.

  1. Menghargai Sejarah
apri4
Sumber gambar: ayogitabisa.com

Peninggalan sejarah yang ditampilkan di museum bisa menjadi penjelasan visual dari pelajaran di buku sekolah. Seperti apa wujud uang kuno, misalnya, bisa anak-anak lihat langsung  di Museum Bank Indonesia atau Museum Bank Mandiri.

Lewat koleksi museum perjuangan yang penuh ilustrasi visual, orangtua bisa lebih mudah mengajarkan cara menghargai pahlawan atau sosok-sosok panutan yang berjasa bagi negeri. Bukankah ada pepatah bilang, “Masyarakat yang besar adalah masyarakat yang menghargai jasa para pahlawannya.” Bagaimana mungkin anak mengenal pahlawan, jika orangtua tidak mengenalkan pada mereka.

  1. Menambah Daya Imajinasi Anak

Anak-anak sangat senang diberi gambar dan melihat langsung benda-benda yang tidak bisa mereka dapatkan di sekolah, rumah, atau tempat bermain. Segala hal yang ada di Museum berpeluang untuk meningkatkan imajinasi–aspek yang paling penting untuk menumbuhkan kreativitas–dalam diri anak.

  1. Sumber Inspirasi

Inspirasi dibutuhkan oleh masyarakat segala usia, terlebih anak-anak. Mungkin saja selama ini anak kita kebingungan mencari ide yang bagus untuk menggambar, ternyata inspirasinya ada di salah satu corak yang mereka temui ketika Anda ajak mengunjungi museum layang-layang.

sumber foto : pegipegi.com

Semoga ketujuh manfaat mengunjungi Museum di atas dapat membuat anak-anak menikmati museum dengan lebih menyenangkan. (ap)