Mata merah dan gatal sering kali terjadi dan menyerang sebagian besar orang. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bisa karena kebiasaan yang buruk hingga virus yang menyerang area mata. Berikut ini beberapa penyebab mata merah dan gatal yang umum terjadi dan perlu diketahui.

  1. Konjungtivitis

Salah satu penyebab mata merah  dan gatal adalah konjungtivitis atau lebih sering disebut dengan mata merah muda. Infeksi mata ini paling sering dan umum terjadi dan bisa menular terutama pada anak sekolah. Infeksi ini disebabkan karena membran tipis transparan yang menutupi sklrea dan garis kelopak mata sehingga menyebabkan mata menjadi terinfeksi.

Hal tersebut menyebabkan pembuluh darah di dalam mata mengalami pembengkakan dan mengalami iritasi. Sehingga mata akan menjadi berwarna merah muda akibat pembengkakan tersebut.

  1. Mata Kering

Selain karena konjungtivitis, mata merah dan gatal juga bisa disebabkan oleh mata kering. Hal ini diakibatkan oleh kelenjar air mata yang tidak menghasilkan air mata yang cukup. Sehingga kesehatan mata menjadi terganggu. Mata kering yang sudah kronis bisa menyebabkan mata menjadi merah dan tidak jarang juga timbul rasa gatal. Untuk mengatasinya bisa menggunakan obat tetes mata agar menjaga mata tetap lembab.

  1. Mata Alergi

Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan zat asing, maka tubuh akan melepaskan histamin. Hal ini sebagai bagian dari respon inflamasi yang terjadi untuk bisa melawan alergi yang dialami oleh seseorang. Dampaknya adalah zat yang dapat menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah yang ada di mata. Kondisi ini yang kemudian mengakibatkan mata memerah. Tidak jarang juga disertai dengan mata yang terasa sangat gatal.

Untuk mengatasi hal tersebut, seseorang bisa menggunakan obat resep dari dokter seperti tetes mata antihistamin. Dengan begitu alergi akan bisa berkurang dan mata bisa kembali seperti semula.

  1. Penggunaan Lensa Kontak

Selain untuk menggantikan kacamata, lensa kini seringkali digunakan sebagai penunjang penampilan. Penggunaan lensa kontak yang tidak benar atau bahkan yang sudah tidak boleh digunakan lagi seharusnya, bisa menyebabkan mata iritasi. Mata gatal dan merah ketika menggunakan lensa kontak bisa menjadi tanda infeksi mata yang cukup serius yang diakibatkan oleh jamur.

Jika sudah seperti ini, sebaiknya hentikan penggunaan lensa kontak dan berkonsultasi dengan dokter. Karena lensa kontak juga bisa memperburuk pada sindrom mata kering sehingga akan membuat kondisi mata semakin parah.

  1. Computer Vision Syndrome

Penyebab mata merah dan gatal selanjutnya adalah computer vision syndrome. Pada kondisi ini mata akan berwarna merah, pedih dan terasa lelah setelah menatap komputer dalam waktu yang cukup lama. Bahkan mata juga seringkali akan diikuti dengan rasa gatal yang menyerang.

Penyebab mata merah karena mata berkedip lebih sedikit dari yang  seharusnya sehingga membuat permukaannya menjadi mudah kering. Untuk mengatasinya alangkah baiknya memakai kacamata anti radiasi ketika sedang berada di depan komputer. Penggunaan tetes mata juga dianjurkan agar mata selalu lembab dan sehat.

  1. Ulkus Kornea

Penyebab mata merah dan gatal selanjutnya adalah infeksi pada kornea yaitu ulkus kornea. Infeksi ini berpotensi mengancam penglihatan dan merupakan kondisi yang cukup darurat.

Gejala yang paling sering dialami oleh seseorang  diantaranya mata merah yang hampir selalu diikuti dengan sakit mata. Selain itu juga  berkurangnya penglihatan atau sedikit kabur  dan mata berair. Infeksi mata atau trauma pada mata yang tidak diobati dengan baik akan menyebabkan ulkus kornea sehingga berimbas pada kesehatan mata.

  1. Okular Herpes

Penyakit ini disebut juga dengan sebutan  herpes mata. Okular Herpes adalah  penyakit yang disebabkan disebabkan oleh virus herpes simplex 1. Hal ini lah yang  juga menyebabkan  mata merah bahkan gatal.

Tanda lainnya yang sering dialami oleh penderitanya adalah  mata bengkak, sakit mata hingga cairan yang encer dan berlebihan pada mata. Tidak hanya itu bahkan mata akan mengalami sensitivitas cahaya. Penyakit ini dapat menyebabkan jaringan parut kornea jika tidak diobati, sehingga untuk mengembalikan fungsi penglihatan yang baik memerlukan transplantasi kornea

Nah itulah 7 penyebab mata merah dan gatal yang perlu diketahui. Setiap gejala bisa saja disebabkan oleh berbagai penyebab yang berbeda. Jika mengalami hal-hal di atas, segera konsultasikan dengan dokter mata yang sudah ahli di bidangnya. Hal ini bertujuan agar mata bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.