Menghabiskan liburan ke Palembang dengan berburu kuliner? Tentu saja bukan merupakan ide yang buruk. Pasalnya ada banyak sekali tempat menarik untuk dipilih berwisata kuliner di kota tersebut. Lalu sebetulnya tempat mana saja yang bisa dijadikan tempat wisata kuliner Palembang yang paling direkomendasikan? Simak uraian selengkapnya di bawah ini :

  1. Martabak HAR

Martabak HAR bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk wisata kuliner Palembang dan harus dicoba. Pasalnya martabak HAR ini sudah lama berdiri yaitu sejak tahun 1947 dan bertahan hingga sekarang. Keunikan dari sajian martabak disini yaitu terletak pada siraman saus kari yang kaya rempah dan menimbulkan rasa gurih dan lezat.

Walaupun terkenal dengan kelezatannya, tidak membuat harga per porsi makanan ini mahal. Justru sangat terjangkau sehingga sayang jika sampai terlewatkan. Bila sudah tidak sabar untuk membelinya, datang saja ke Jalan Jend. Sudirman No.537, 18 ilir. Ilir Tim I, Palembang.

  1. Pempek SAGA Sudi Mampir

Pergi ke Palembang tanpa menikmati kuliner khasnya, akan sayang sekali. Apalagi kalau bukan mencicipi pempek. Bila mencari tempat terbaik untuk menikmati makanan khas ini pergi saja ke warung pempek SAGA Sudi Mampir. Alamatnya ada di Jalan Merdeka, 22 ilir, Palembang.

Menu andalan di tempat ini adalah pempek panggang. Pasti banyak yang belum pernah  mencobanya, karena kebanyakan yang dijual pempek yang sudah digoreng. Oleh karena itu, coba saja untuk mencobanya di tempat ini. Selain pempek panggang mereka juga masih menyediakan banyak menu lainnya yang harus dicoba.

  1. Es Kacang Merah Mamat Dan Es Kacang Merah Cinde

Belum lengkap jika sudah mencicipi kudapan belum mencoba menu minuman. Palembang terkenal dengan minuman es kacang merahnya. Orang Palembang lebih suka minum es kacang merah sebagai menu penutup mereka.

Oleh karena itu, cukup banyak penjual es kacang merah di kota tersebut. Namun ada 2 yang bisa dijadikan referensi terbaik. Pertama ada di kedai “Es Mamat” yang letaknya di kompleks lapangan Hatta. Bisa juga dengan mencoba es kacang merah “Cinde” yang berlokasi di daerah pasar Cinde Palembang.

  1. Mie Celor 26 Ilir

Mie Celor merupakan hidangan khas Palembang yang kerap dijadikan menu sarapan pagi. Dalam bahasa Palembang mie celor artinya mie celup karena saat pembuatannya memang tidak dimasak. Namun mie hanya dicelupkan dalam rebusan air mendidih. Setelah cukup matang, mie segera dihidangkan bersama kuah kaldu santan kental.

Tidak lupa diberi tambahan tauge serta potongan telur rebus. Bila ingin mencoba menu ini, silahkan datang ke mie celor 26 ilir. Mie celor disini terkenal punya cita rasa yang gurih serta beraroma khas udang yang menggoda. Warung miliki Haji Syafe’i ini beralamatkan di Jl. KHA Dahlan No.2 Bukit Kecil Palembang.

  1. Bakmi Aloi

Bagi pecinta kuliner Bakmi, jika mampir ke kota Palembang jangan lupa kunjungi warung Bakmi Aloi. Lokasinya ada di Jalan Dempo Luar No. 410 A, 15 ilir kota Palembang. Bakmi di tempat ini terkenal kenyal dan super lezat. Ditambah lagi pembeli bisa memesan pilihan aneka toping sesuai selera.

Namun, bagi pengunjung yang beragama islam, tidak disarankan untuk mencobanya. Pasalnya bakmi ini menggunakan daging babi sebagai pelengkap lauknya.

  1. R.M Sri Melayu

Bila ingin menikmati aneka kuliner khas kota Palembang, silahkan untuk mencoba mengunjungi Rumah Makan Sri Melayu ini. Begitu masuk, pengunjung akan langsung disuguhi nuansa interior khas sumatera selatan. Selain bisa langsung memilih menikmati hidangan di pendopo utama, ada pilihan lesehan di gazebo untuk pengunjung yang ingin lebih leluasa.

Meskipun banyak aneka makanan khas Palembang di jual, namun rumah makan ini punya menu khas. Salah satunya adalah sop pindang udang sungai. Jika berkunjung kemari jangan lupa juga untuk mencoba aneka sambal kreasi yang dijamin memiliki cita rasa yang paripurna. R.M Sri Melayu ada di Jalan Damang Lebar Daun Palembang.

  1. Taewan Lince

Orang Palembang biasa menyebut bakso dengan sebutan taewan. Namun, jika kebanyakan bakso itu berasal dari daging sapi, taewan Palembang malah berbahan dasar ikan. Taewan Palembang disajikan dengan tambahan kuah bening, mie putih, dengan pelengkap daun bawang. Umumnya taewan dijual di warung-warung penyedia pempek.

Rekomendasi tempat makan taewan terbaik adalah di rumah makan lince. Jika ingin mencobanya datang saja ke Jalan Tugu Mulyo No. 2398 Ilir timur Palembang.

Itulah beberapa pilihan rekomendasi wisata kuliner Palembang. Berburu makanan lezat saat berkunjung di Palembang bukan ide yang buruk. Kunjungi saja tempat-tempat di atas sebagai rujukan terbaik.(nkh)