8 Olahraga Bela Diri yang Cocok Dipelajari Perempuan

0
120

Kejahatan maupun kekerasan yang dialami perempuan masih cukup tinggi. Nah, tak ada salahnya kita, perempuan belajar olahraga bela diri agar bisa menjaga keselamatan diri sendiri, sekaligus menambah kebugaran tubuhmu!

Perempuan masih saja menjadi sasaran kriminal di berbagai tempat, di jalanan, di angkutan umum, perkantoran, kejahatan seperti tak mengenal tempat untuk mencari korban. Sebagian perempuan merasa takut untuk melakukan perlawanan, karena kata “kejahatan” itu sendiri sudah menimbulkan rasa takut.

Terlebih lagi, sebagian besar perempuan tidak mampu melindungi dirinya sendiri secara mandiri, sehingga ketika mendapatkan perlakuan jahat benar-benar hanya menjadi santapan empuk bagi penjahat. Tak ada salahnya bagi perempuan untuk belajar ilmu bela diri, demi keselamatan dirinya sendiri.

Ilmu bela diri ini dipelajari bukan untuk melakukan serangan, namun untuk menjaga diri, mempertahankan diri jika mengalami serangan kejahatan.

Ada beberapa ilmu bela diri yang bisa diikuti para perempuan agar bisa membentengi dirinya.

1.Pencak silat
Bela diri ini sangat populer di Indonesia karena memang memiliki akar budaya Melayu, sehingga populer dan diajarkan di beberapa negera rumpun Melayu. Gerakan dan sikap bela diri silat saat bertarung adalah mengikuti perubahan posisi lawan, secara berkelanjutan.
Banyaknya bagian tubuh yang bisa digunakan seperti tangan, siku, lutut,  telapak kaki menjadikan gerakan silat efektif bagi perempuan.

2.Aikido
Aikido adalah bela diri yang mengajarkan keterampilan untuk membalikkan kekuatan lawan, sehingga bisa melumpuhkan lawan. Olahraga bela diri ini berasal dari Jepang. Lawan yang lebih kuat, tenaganya akan dimanfaatkan lawan untuk membalik menyerang diri sendiri, cocok karena umumnya wanita itu lebih lemah.

Beberapa jurus Aikido di antaranya adalah teknik mengelak, mengunci, teknik lemparan hingga bantingan. Tak ada salahnya bela diri Aikido ini dipilih dan dipelajari sebagai bekal pertahanan diri.

3.Tae Kwon Do
Olahraga bela diri Tae Kwon Do cukup populer dan banyak yang menyukainya. Tae Kwon Do berasal dari negeri ginseng, Korea. Arti dari Tae Kwon Do adalah seni melakukan tendangan dan meninju yang mempunyai beberapa teknik mempertahankan diri.

Perempuan cenderung lebih mudah kalah karena perempuan memiliki kerentanan tubuh yang lebih lemah dibandingkan laki-laki, karena tubuh bagian atas laki-laki yang memiliki struktur lebih kuat. Dengan melakukan teknik tendangan, perempuan bisa mempertahankan diri dari serangan jahat laki-laki.

4.Jiu Jitsu
Olahraga bela diri ini berasal dari negara Brazil maka disebut juga dengan nama Brazilian Jiu Jitsu. Fokus dari olahraga ini adalah dengan cara bergulat untuk menjatuhkan lawan. Olahraga ini tepat digunakan, karena perempuan sering dijatuhkan atau dibanting oleh penjahat.

Dalam situasi yang terjepit, atau dalam keadaan jatuh, olahraga bela diri Brazilian Jiu Jitsu ini tepat jika digunakan.

5.Kempo
Olahraga bela diri Kempo ini juga berasal dari negeri Matahari Terbit, Jepang. Pada awalnya, olahraga bela diri ini dipelajari oleh para biksu, maka gerakan dalam Kempo penekanannya pada gerakan yang halus.

Mereka yang belajar Kempo dilarang untuk menyakiti, membunuh, bahkan dilarang juga untuk menyerang lawan terlebih dahulu. Serangan hanya boleh dilakukan bila berada dalam keadaan bahaya. Kempo lebih banyak menggunakan permainan tangan untuk bertahan, bahkan olahraga ini di Indonesia merupakan cabang yang juga dipertandingkan.

6.Jet Kun Do
Jet Kun Do mengajarkan penggunanya untuk menghadapi serangan dengan cara efisien. Olahraga ini, didirikan oleh aktor dan olahragawan terkenal yaitu Bruce Lee.
Para pengguna olahraga ini diajarkan untuk menggunakan senjata apapun yang dimiliki, guna mencapai bagian tubuh lawan yang terdekat.
Insting untuk menghindar bahaya dengan cepat, sebelum bahaya yang lebih buruk datang, cocok dipelajari perempuan.

7.Wing Chun
Olahraga bela diri ini dikembangkan oleh seorang biksu perempuan. Gerakannya yang mengandalkan tinju dengan frekuensi cepat, sehingga tidak membutuhkan tenaga yang terlalu besar.

Tindak kejahatan yang sering dialami perempuan kebanyakan di jalan sempit, ruang tertutup, sehingga gerakan Wing Chun ini merupakan salah satu olahraga yang cocok bagi perempuan.

8.Krav Maga
Olahraga bela diri Krav Marga memang masih belum familiar di telinga kita. Olahraga yang merupakan bela diri dari pasukan Israel ini cocok dipelajari perempuan karena ini adalah sistim pertahanan diri dengan menggunakan berbagai bagian tubuh. Olahraga ini juga mengajarkan keseimbangan antara fisik dan mental.

Selain bisa menjadi alat pertahanan diri, 8 olahraga bela diri ini sekaligus menambah kebugaran tubuhmu!  Jadi ada manfaat ganda dengan menjalankan olahraga bela diri, yaitu kesehatan dan bekal keterampilan mempertahankan keselamatan diri.(nf)