Kota Surabaya menjadi surganya para penikmat kuliner, tak jarang banyak sekali wisatawan yang datang jauh-jauh dari luar kota singgah di kota Surabaya hanya untuk menikmati kulinernya. Selain terkenal akan wisata sejarahnya, Surabaya juga terkenal memiliki banyak sekali kuliner lezat yang wajib untuk dicoba. Jika sedang berkunjung ke kota yang satu ini tak ada salahnya mencoba rekomendasi wisata kuliner di Surabaya berikut ini :

  1. Soto Lamongan Cak Har

Bagi para pecinta soto wajib untuk singgah di Warung Soto Lamongan Cak Har, warung soto ini terletak di Jl.Ir.H. Soekarno, Sukolilo, Surabaya. Soto Lamongan Cak Har seakan menjadi menu wajib jika berkunjung ke Surabaya, pengunjungnya pun beragam dari mulai mahasiswa hingga berbagai kalangan. Warung soto ini tak pernah sepi, sehingga tak jarang para pengunjung harus rela antri untuk menikmati semangkuk soto lamongan ini.

  1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong balap merupakan salah satu makanan khas Surabaya, tak lengkap rasanya jika ke Surabaya tanpa mencoba makanan khas yang satu ini. Sajian kuliner yang khas ini banyak diburu penikmat kuliner dari luar kota. Banyak sekali penjual yang menjajakan lontong balap di Surabaya, namun ada salah satu penjual lontong balap yang sudah sangat terkenal akan rasanya. Lontong Balap Garuda Pak Gendut  yang berlokasi di Jl. Kranggan no. 60, Sawahan, Surabaya atau di depan bekas bioskop Garuda.

  1. Rawon Setan Mbak Endang

Siapa yang tak kenal dengan kuliner yang satu ini, rawon adalah sup daging berkuah hitam dan diolah dengan bumbu-bumbu khas yang disajikan dengan rasa yang sangat menggugah selera. Saat berkunjung ke Surabaya silahkan mampir ke Depot Rawon Setan Mbak Endang, yang berlokasi di Jl. Embong Malang, Surabaya. Karena depot rawon ini hanya buka pada malam hari saja, sehingga dikenal dengan sebutan rawon setan.

  1. Nasi Udang Bu Rudi

Depot Bu Rudy merupakan salah satu depot yang recomended di Surabaya, pasalnya depot ini menyediakan berbagai macam menu yang sangat beragam yang dapat menggoyang lidah penikmatnya. Namun yang menjadi menu andalan adalah nasi udang empal, sajian nasi putih yang pulen, daging empal yang empuk, udang goreng dan tak lupa sambal bawang yang nikmat.

  1. Kepiting Cak Gundul

Bagi para pecinta seafood jangan lupa untuk mampir ke Restoran Kepiting Cak Gundul, Restoran yang sudah berdiri sejak  tahun 1992 ini terletak di Jl. Raya Kupang Indah, Surabaya. Restoran ini memiliki berbagai menu olahan seafood, namun terdapat 2 menu andalan yaitu kepiting saus kare dan kepiting asam manis. Kelebihan restoran ini adalah pengunjung dapat memilih ukuran kepiting sesuai keinginan, begitupun dengan sausnya.

  1. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Makanan dengan campuran sayuran, cingur, timun, tahu, tempe, dan beberapa buah-buahan segar ini sangat mudah ditemukan di Surabaya. Namun terdapat salah satu warung rujak cingur yang sangat terkenal di Surabaya yang wajib untuk dicoba. Warung Rujak Cingur Cak Aziz berada di Jl. Achmad Jaiz No.40 Genteng, Surabaya. Yang menjadikan rasa dari rujak cingur khas adalah ulekan kacang dan bumbu petis.

  1. Lontong Kupang Artomoro

Kupang merupakan salah satu jenis kerang yang berukuran kecil, biasanya kupang diolah kemudian disajikan bersama lontong. Di Surabaya terdapat salah satu penjual lontong kupang yang sudah terkenal akan cita rasanya yakni Lontong Kupang Artomoro. Kupang memiliki tekstur yang unik, rasa yang khas namun sangat pas disajikan bersama lontong. Tertarik untuk mencobanya?

  1. Zangrandi Ice Cream

Saat berada di Surabaya, tak ada salahnya untuk mencicipi di berbagai olahan es krim di Zangrandi Ice Cream. Kuliner yang beralamat di Jl. Yos Sudarso No.15, Genteng, Kota Surabaya ini sudah berdiri sejak tahun 1930, sehingga tak perlu diragukan lagi cita rasanya.  Resto yang melegenda ini menjadi salah satu tujuan wajib bagi para wisatawan.

Itulah tadi beberapa rekomendasi wisata kuliner di Surabaya yang wajib untuk dicoba. Tak perlu diragukan lagi soal rasa, dijamin rekomendasi wisata kuliner di Surabaya tersebut mampu memanjakan lidah penikmatnya. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?(hn)