Perut kembung merupakan gangguan akibat kelebihan atau peningkatan jumlah gas di saluran pencernaan pada tubuh seseorang. Penyebab perut kembung sendiri bermacam-macam diantaranya gas eksogen yang ditelan ketika makan, minum, ataupun yang lainnya. Berikut ini 9 cara mengatasi perut kembung terus menerus secara alami, diantaranya :

  1. Minum Air Jahe

Salah satu cara mengatasi perut kembung terus menerus adalah dengan mengonsumsi jahe. Selain itu juga bisa siapkan 2 bahan lainnya seperti sari jeruk nipis dan madu. Untuk mengonsumsinya bisa langsung campurkan semua bahan dengan segelas air hangat. Aduk hingga rata dan minum ketika masih dalam keadaan hangat.

  1. Minum Ketumbar Dan Susu Yang Dicampurkan

Selain campuran dari jahe, jeruk nipis, dan madu, cara mengatasi perut kembung terus menerus yang lainnya adalah dengan menghaluskan 1 sdt ketumbar yang sebelumnya sudah disangrai. Campurkan ketumbar tersebut dengan segelas susu hangat lalu minum. Setelah mengonsumsinya biarkan badan beristirahat sejenak dengan cara berbaring.

  1. Konsumsi Daun Mint

Mungkin tidak banyak tahu bahwa daun mint bisa meredakan kembung dan mual. Cara mengonsumsinya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan 4 lembar daun mint dalam segelas teh panas lalu diamkan beberapa saat. Jika sudah larut bisa diminum . Selain dicampur dengan teh, juga bisa langsung dikonsumsi dengan mengunyahnya secara langsung.

  1. Kompres Dengan Air Hangat

Jika tidak ingin mengonsumsi apapun, maka untuk mengatasi perut kembung bisa dilakukan dengan mengompres menggunakan air hangat. Selain menggunakan alat kompres yang terbuat dari karet, seseorang juga bisa menggunakan botol kaca yang diisi oleh air panas. Balut botol dengan kain agar tidak terlalu panas ketika dikompreskan pada perut.

  1. Konsumsi Soda Kue/Baking Soda Dengan Air Lemon

Soda kue menjadi salah satu bahan yang sangat efektif untuk membantu mengeluarkan gas penyebab dari perut kembung. Untuk mengatasi perut kembung, sebaiknya kombinasikan dengan air lemon. Caranya peras jus dari ½ lemon ke dalam jeruk lalu masukkan 1 sdt soda kue ke dalamnya. Minum segera agar perut kembung bisa segera reda.

  1. Konsumsi Kayu Manis, Susu, Dan Madu

Cara meredakan perut kembung secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan campuran kayu manis, susu dan madu. Untuk beberapa bahan ini khusus dikonsumsi bagi penderita asam lambung yang menyebabkan nyeri di perut dan ulu hati. Hal tersebut tidak jarang berdampak juga pada perut yang menjadi kembung.

Dengan mengonsumsi kayu manis setidaknya mampu menenangkan perut dan mencegah penumpukan gas di dalam perut dan kembung juga mampu teratasi dengan cepat. Untuk mengonsumsinya cukup campurkan ½ sdt bubuk kayu manis ke secangkir susu hangat. Kemudian tambahkan madu dan minum.

  1. Minum Teh Chamomile Dalam Keadaan Hangat

Teh yang satu ini terkenal memiliki banyak manfaat seperti membuat tidur lebih nyenyak dan mengatasi perut kembung serta mual. Untuk mengurangi dan meredakan kembung pada perut sebaiknya mengonsumsi teh ini secara teratur. Hal ini agar perut kembung bisa segera sembuh dan kembali seperti sedia kala.

  1. Konsumsi Buah

Ada beberapa buah yang sangat efektif untuk mengatasi perut kembung yang terjadi secara terus menerus yaitu pepaya dan nanas. Hal ini dikarenakan kandungan enzim bromelain dan papain yang ada di dalam buah mampu membantu perut untuk mempermudah dalam proses memecah makanan. Dengan begitu maka akan membuat pencernaan juga menjadi lebih lancar.

Untuk pencegahan perut kembung sendiri bisa konsumsi buah di atas sebelum mulai konsumsi makanan berat seperti nasi.

  1. Konsumsi Bawang Putih Dengan Menambahkan Pada Masakan

Cara mengatasi perut kembung terus menerus yang selanjutnya secara alami adalah menggunakan bumbu dapur. Dalam hal ini bawang putih menjadi salah satu obat yang ternyata sangat efektif mengatasi perut kembung. Hal ini  karena bawang putih akan sangat membantu selama proses detoksifikasi. Bawang putih akan bekerja melawan ragi yang tidak diinginkan oleh usus selama proses detoksifikasi.

Untuk mengonsumsinya sebagai obat perut kembung bisa dengan membuat sup yang ditambahkan beberapa siung irisan bawang putih yang sebelumnya sudah ditumis. Setelah itu nikmatilah selagi masih hangat.

Nah itulah 9 cara mengatasi perut kembung terus menerus dengan bahan atau obat alami. Pilihlah obat yang sesuai untuk dikonsumsi. Hentikan pengobatan apabila perut kembung sudah teratasi dengan baik.(nkh)