Memulai bisnis bisa dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja termasuk oleh mahasiswa yang masih duduk di bangku kuliah sekalipun. Dengan menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa tentunya akan melatih kemandirian karena masa muda merupakan akses terbaik untuk belajar dan berkembang. Ada banyak cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa, salah satunya yaitu memanfaatkan kampus sebagai sarana yang menguntungkan. Yang terpenting disini adalah kemauan untuk mencoba tanpa takut gagal.

Sebagian orang berpikir bahwa menjalankan bisnis saat kuliah sangat merepotkan karena harus menyeimbangkan urusan bisnis dan akademik. Padahal mahasiswa dapat dengan mudah memperoleh modal karena banyak instansi berlomba untuk menyelenggarakan kompetisi bisnis dengan hadiah besar. Berikut ini beberapa cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa yang dapat dilakukan :

  1. Menemukan Ide Bisnis

Buatlah bisnis unik dan kreatif sehingga berbeda dari yang sudah-sudah. Hal ini dapat dimulai dengan menuliskan ide bisnis unik dan kreatif setiap harinya. Ide bisnis yang ditulis tentunya harus realistis dan tidak mengada-ngada sehingga mudah untuk direalisasikan. Jika kesulitan untuk mendapatkan ide, cobalah untuk melihat keadaan sekitar ataupun bertanya kepada orang lain mengenai apa yang sebenarnya sedang dicari saat ini.

Bila dirasa telah menemukan ide bisnis tersebut, jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan dosen ataupun teman. Tentunya ini diperlukan untuk menilai ide bisnis yang telah dibuat. Jika disambut dengan baik maka cobalah untuk merealisasikan bisnis tersebut. Namun jika masih ditemukan banyak kekurangan serta masukan carilah ide bisnis lain.

  1. Mempelajari Kekurangan Produk Yang Dijual

Jika masih kesulitan menemukan ide bisnis, cara yang satu ini tentunya layak untuk dicoba. Dengan mengadaptasi produk yang telah beredar di pasaran pastinya akan jauh lebih mudah. Pilihlah salah satu produk yang ingin diadaptasi kemudian carilah kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Kekurangan yang ada bisa disempurnakan dengan kelebihan dari produk yang akan dijual sehingga dapat memberikan keuntungan.

  1. Melakukan Uji Coba Produk

Sebelum memasarkan suatu produk, hal yang harus dilakukan adalah melakukan uji coba produk. Bagi seorang mahasiswa yang memiliki banyak relasi tentunya hal ini sangat menguntungkan dan mudah untuk dilakukan. Terimalah setiap masukan dan saran terhadap penilaian produk yang dimiliki sehingga produk yang dijual bisa lebih baik.

  1. Memperbaiki Produk

Penilaian dan kritikan mengenai produk yang akan dijual tentunya jangan menjadi halangan untuk berhenti berbisnis. Gunakanlah penilaian tersebut untuk memperbaiki produk yang dimiliki hingga layak untuk dipasarkan. Meskipun harus mengorbankan waktu bahkan uang saku tentunya hasil yang akan didapat kelak akan sebanding dengan usaha yang dilakukan saat ini.

  1. Mencari Seorang Mentor

Untuk memantapkan bisnis yang dijalankan, carilah seseorang yang berpengalaman untuk dijadikan sebagai mentor. Teman-teman yang mungkin sudah terjun di dunia usaha lebih dulu dapat dijadikan sebagai mentor bisnis yang dimiliki. Dengan adanya mentor, seseorang akan lebih mudah untuk menyusun strategi usaha serta membantu untuk memberikan masukan.

  1. Meminta Bantuan Teman

Kesuksesan usaha yang dijalankan oleh seseorang tentunya tidak lepas dari bantuan orang sekitarnya. Janganlah ragu untuk meminta bantuan teman yang memiliki kemampuan yang tidak dimiliki. Misalkan saja untuk membantu mendesain logo atau katalog sehingga menjadi lebih menarik.

  1. Membuat Kemasan Produk

Pengemas merupakan hal penting yang tentunya harus ada sebab digunakan untuk mengemas produk. Produk yang dikemas dalam pengemas yang unik dan menarik tentunya dapat menambah daya jual ketika dipasarkan. Buatlah kemasan yang simpel, unik, dan menarik yang dapat menarik perhatian konsumen. Kemasan yang telah dibuat juga dapat dijadikan sebagai ciri khas dari produk yang dijual.

  1. Mencari Konsumen

Bagi seorang mahasiswa yang memiliki banyak relasi tentunya mencari konsumen tidaklah sulit. Untuk menjangkau konsumen terutama sesama mahasiswa hal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan diskon ataupun merchandise gratis. Jangan lupa untuk meminta umpan balik kepada konsumen dengan bertanya mengenai pendapatnya mengenai produk yang telah dibelinya tadi.

  1. Mendapatkan Publikasi Gratis

Saat menjadi mahasiswa banyak sekali kemudahan yang diperoleh untuk mempublikasikan produk yang dijual secara gratis. Oleh sebab itu jangan sia-siakan kesempatan ini. Publikasi dapat dilakukan melalui majalah, koran, ataupun radio kampus. Buatlah publikasi semenarik mungkin agar banyak yang tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Demikianlah cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa. Janganlah takut untuk mencoba. Meskipun gagal, jangan jadikan kegagalan itu sebagai alasan untuk berhenti berusaha. Teruslah kembangkan ide bisnis yang dimiliki karena kesuksesan tidak terjadi begitu saja.(nkh)