Penampilan fisik di zaman sekarang sangat diutamakan. Termasuk bagian bibir, yang hingga saat ini masih banyak orang yang kurang percaya diri dengan warna bibirnya. Mereka mengeluh warnanya terlalu hitam sehingga terlihat kurang menarik. Padahal ada langkah perawatan supaya bibir tetap pada warna alaminya. Berikut cara merawat bibir agar tidak hitam.

  1. Selalu Bersihkan Bibir Sebelum Tidur

Terutama bagi perempuan yang suka menggunakan makeup. Lipstik yang kerap digunakan untuk mewarnai bibir, harus segera dibersihkan sebelum tidur. Gunakan pembersih khusus bibir yang mengandung bahan oil. Sisa-sisa lipstick yang tertinggal bisa jadi penyebab bibir menjadi menghitam.

Untuk itu selalu gunakan “lip makeup remover” saat membersihkan bibir setelah mengaplikasikan lipstick atau lipcream sebagai makeup. Sehingga seluruh kotoran bisa terangkat dengan sempurna.

  1. Menggunakan Lip Scrub

Rajinlah  melakukan eksfloitasi atau scrubbing dengan menggunakan lip scrub. Gunanya srubbing adalah mengangkat sel kulit mati yang ada di bibir. Jika sel kulit mati ini terangkat, maka akan terhindar dari resiko bibir yang menghitam. Bibir bisa tetap pada warna aslinya sehingga tampak lebih menarik.

Apalagi bahan untuk lip scrub gampang untuk dicari. Bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Hanya tinggal mencampurkan gula, madu, serta sedikit Petroleum Jelly bila ada.

  1. Minum Banyak Air Putih

Salah satu penyebab menghitamnya bibir adalah karena kondisinya yang terlalu kering. Kering pada bibir sering dikaitkan karena kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh. Oleh karena itu minum air putih merupakan solusi dan salah satu cara merawat bibir agar tidak hitam.

Minum air putih yang cukup akan membantu bibir tetap dalam keadaan lembab dan sehat. Dengan begitu, akan terhindar dari resiko berubah warna menjadi kehitaman.

  1. Mengkonsumsi Buah-Buahan

Cara lain untuk merawat bibir agar tidak menjadi hitam adalah dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan. Sebaiknya pilih buah yang mengandung kadar vitamin C tinggi karena bisa menjaga bibir agar tetap cerah. Kurangnya asupan buah diduga kuat menjadi penyebab bibir bisa cepat berubah menjadi hitam.

Bagi yang tidak ingin memiliki warna bibir gelap, perbanyak konsumsi buah-buahan sangat dianjurkan.

  1. Menghindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

Cara merawat bibir agar tidak hitam yang tidak kalah penting adalah menghindari paparan sinar matahari terlalu lama. Sinar UV yang dipancarkan oleh matahari diketahui merupakan penyebab pigmentasi kulit bibir. Pigmentasi pada kulit bibir yang terlalu sering, bisa membuat warna bibir menjadi lebih gelap.

Upayakan untuk melindungi bibir dengan lip balm yang mengandung SPF jika terpaksa keluar rumah saat siang hari. Agar lebih terlindungi bisa juga gunakan topi agar bibir tidak sampai terkena paparan langsung sinar matahari.

  1. Hindari Kebiasaan Merokok

Rokok tidak hanya dapat mengancam kesehatan paru-paru saja, bahkan efeknya akan mempengaruhi bagian tubuh lain seperti bibir. Hal ini karena bahan kimia yang terkandung dalam rokok bisa menjadi pemicu munculnya flek hitam pada area bibir. Asapnya juga sangat mempengaruhi kulit menjadi dehidrasi dan kering.

Akibatnya, kulit terutama area bibir akan terjadi hyper pigmentasi. Kondisi ini dapat menyebabkan bibir menghitam dan tidak cerah.

  1. Tidak Membiarkan Bibir Dalam Kondisi Kering

Ada banyak faktor yang membuat bibir menjadi kering. Misalnya dehidrasi atau terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Keringnya kulit bibir inilah yang menyebabkan timbulnya bercak kusam yang bisa menutupi lapisan merah area bibir. Untuk itu, jangan biarkan bibir dalam keadaan kering.

Bisa dengan menggunakan lip balm. Aplikasikan sunscreen khusus bibir yang mengandung SPF juga lebih baik agar bibir lebih terlindungi dan tidak kering.

  1. Menggunakan Kosmetik Untuk Bibir Yang Berkualitas

Mulailah menggunakan kosmetik untuk bibir yang berkualitas. Kadangkala kosmetik yang berkualitas rendah banyak mengandung bahan yang kurang ramah dengan bibir. Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama malah dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir menjadi lebih hitam.

Untuk itu selalu usahakan untuk menggunakan kosmetik bibir yang berkualitas. Jangan hanya karena harga yang murah malah tergiur untuk membeli. Padahal kosmetik kualitas rendah malah akan merusak warna alami pada bibir.

  1. Mengurangi Konsumsi Kafein

Tidak banyak yang tahu, kafein seperti pada teh atau kopi juga berpengaruh terhadap perubahan warna bibir. Jika dikonsumsi secara berlebihan, efek yang ditimbulkan kafein ini bisa menyebabkan bibir menjadi lebih gelap. Untuk itu segera hentikan mengkonsumsi kafein secara berlebihan.

Jangan sampai meminum kafein lebih dari 5 cangkir dalam sehari. Penggunaan pipet ketika minum minuman berkafein juga bisa untuk mensiasati supaya tidak langsung mengenahi bibir.

Itulah 9 cara merawat bibir agar tidak hitam. Warna bibir yang gelap atau hitam memang bisa disiasati dengan menggunakan makeup supaya terlihat lebih menarik. Namun merawatnya dengan baik, bisa membuat bibir memiliki warna alami dan lebih sehat pastinya.(nkh)