Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya angkutan umum. Buat yang kelahiran tahun 90 an pasti kenal dengan yang namanya angkutan umum atau yang biasa sering di kenal dengan nama koasi dan angkot.

Di zaman now ini angkot atau koasi masih tetap menjadi pilihan yang efektif untuk masyarakat, walau tidak setenar dan sekeren transportasi online. Angkot sudah ada dan selelu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat sebelum transportasi online hadir.

Memang kabanyakan dari masyarakat saat ini lebih mengutamakan transportasi online dikarenakan bebas dari asap rokok. Sedangkan kalau naik angkot atau koasi mungkin sebagian dari masyarakat kita di Indonesia akan menghisap bau asap dari rokok tersebut.

Menghindari bau dari asap rokok adalah memang pilihan. Banyak dari sebagian masyarakat yang beranggapan negatif tentang angkot. Mulai dari asap rokok, pengamen bahkan hingga supir angkotnya yang ugal-ugalan.

Semua itu memang adalah fakta, tapi kita harus sadar bahwa tanpa adanya angkot atau koasi mungkin tidak akan pernah hadir yang namanya transportasi online. Sebelum adanya transportasi online hampir seluruh lapisan masyarakat di Indoneaia menggunakan jasa Angkutan Umum.

Sedangkan transportasi online memberikan kenyamanan yang utama bagi pelanggannya. Bebas dari asap rokok, bebas dari pengamen, fasilitas AC dan supirnya yang selalu berhati-hati dalam mengantarkan para pelanggannya sampai ke tujuan. Namun di samping itu harganya pun juga terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan angkutan umum.

Itu semua kembali lagi kepada pilihannya masing-masing. Karena memang setiap kelebihan pasti ada kekurangan dan setiap kekurangan pasti ada kelebihan. Kalau untuk acara-acara keluarga seperti rekreasi atau piknik, angkutan umum masih menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat untuk menggunakan jasanya.

Karena murah meriah dan bisa mengangkut warga satu RT, dengan minimal lima atau lebih angkutan umum. Bahkan jasa angkutan umum ini bisa di carter seharian penuh dengan biaya yang terbilang murah di bandingkan dengan transportasi online.

Angkutan umum juga kerap menjadi lahan pekerjaan bagi para pengangguran atau bagi teman-teman yang mempunyai keahlian dasar menyetir, jareba angkutan umum bisa menjadi ladang rezeki.

Tidak heran kalau angkutan umum pernah berjaya di masanya. Pernah menjadi salah satu angkutan transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Semakin maju teknologi, zaman juga semakin berkembang. Namun sampai saat ini angkutan umum masih menunjukkan pesonanya.

Angkutan umum tidak tenggelam walau banyak persaingan yang luar biasa di luar sana. Tetapi angkutan umum dengan segala kelebihan dan kekurangannya terus mencoba dan berusaha menunjukkan dirinya. Bahwa masih ada mereka di tengah-tengah padatnya ibu kota.

Jasa angkutan umum dari dulu hingga sekarang memang tidak ada perubahan. Semuanya sama dari tahun ke tahun, tapi angkutan umum akan tetap ada dan terus berkibar selama izin beroperasi mereka tidak di cabut oleh pemerintah.

Populasi atau jumlah transportasi angkutan umum memang terbilang banyak. Angkutan umum tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Hanya kota-kota terpencil saja yang tidak memiliki akses untuk transportasi angkutan umum.

Semoga di tahun yang akan datang transportasi angkutan umum juga bisa dapat tersebar di kota kecil di Indonesia. Agar mereka dapat merasakan mudahnya mencapai tujuan dengan menggunakan jasa transportasi angkutan umum. Karena sebagian masyarakat terpencil di Indonesia selalu berjalan kaki demi mencapai tujuan mereka. Bahkan demi bersekolah pun masyarakat atau anak-anak terpencil rela berjalan kaki berpuluh-puluh mil jauhnya demi menuntut ilmu ke sekolah. Bayangkan jika transportasi angkutan umum sudah tersedia pasti akan jauh lebih mudah bagi anak-anak dalam menuntut ilmu dan cita-cita mereka.(ra)