Siapa yang tak ingin awet muda meski usia beranjak menua? Siapa yang tak ingin memiliki kecantikan masa muda di usia dewasa? Kulit kencang bersinar menjadi salah satu tolok ukur bagi sebagian besar masyarakat. Namun ternyata itu adalah pemahaman yang keliru tentang Anti Aging.

Bagi sebagian besar wanita bertambahnya usia menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Kulit yang mengendur, kerutan dan flek hitam menjadi sorotan utama, karena wajah memang yang paling sering diperhatikan baik oleh diri sendiri maupun orang lain. Maka berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang selalu muda dan segar. Salah satu yang sering menjadi andalan kaum perempuan adalah menggunakan berbagai jenis krim dan serum anti aging serta meminum berbagai vitamin yang dapat menunda penuaan dini. Jalan yang paling mudah lainnya adalah melalui teknik-teknik dalam ilmu kedokteran kecantikan, banyak pilihan yang ditawarkan seperti suntik bebagai macam vitamin atau serum, suntik filler, botox hingga operasi plastik.

Namun sesungguhnya melakukan berbagai tindakan medis estetika tersebut hanya sebagian kecil dari pengertian anti aging.  Anti Aging Medicine adalah suatu ilmu kedokteran  yang memperlakukan proses penuaan seperti penyakit yang dapat dicegah, dihambat, diobati bahkan dikembalikan ke kondisi semula. Jadi yang ditangani oleh Anti Aging medicine mulai dari pola makan atau nutrisi, sistem hormon, aktivitas, pola tidur, lingkungan sehat hingga psikososial.

Unsur Penting Anti Aging

  1. Pola Makan

Metabolisme tubuh akan berubah seiring bertambahnya usia. Asupan gizi yang seimbang dengan memperhatikan kebutuhan tubuh akan nutrisi sangat penting. Sesuai dengan GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan mengusung pola makan sehat mengurangi Gula, Garam, Lemak. Agar terhindar dari penyakit tidak menular yang dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Penyakit tidak menular seperti hipertensi atau jantung tidak dapat disembuhkan hanya dapat dikontrol. Oleh sebab itu pola makan yang baik bagi tubuh harus mulai diterapkan dengan konsisten dan disiplin sejak muda. Jangan menunggu sakit baru mengatur pola makan karena itu artinya sudah terlambat.

  1. Aktivitas

Melakukan aktivitas fisik secara teratur diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Olah raga secara teratur minimal tiga puluh menit setiap harinya agar otot-otot tubuh menjadi kuat, melatih jantung dan anggauta tubuh lainnya. Olah raga disesuaikan dengan kondisi tubuh kita, mulai dari olah raga dengan intensitas ringan terlebih dahulu sampai tubuh dapat menyesuaikan lalu meningkat secara perlahan. Memaksakan diri melakukan aktivitas fisik yang berat secara tiba-tiba sangat tidak disarankan karena bukan manfaat baik yang akan dirasakan justru sebaliknya.

  1. Pola Tidur

Bukan hanya makan dan aktivitas fisik saja yang harus diatur, waktu tidurpun harus diperhatikan. Istirahat sangat diperlukan oleh tubuh, saat tidurlah tubuh melakukan recovery atau perbaikan sel-sel yang rusak di malam hari. Tidur yang nyenyak juga mempengaruhi hormon dan kondisi emosi seseorang. Jika seseorang mengalami gangguan tidur maka secara fisik akan mengalami aneka gangguan kesehatan, syaraf, tensi darah, kondisi pencernaan dan jantung juga akan terpengaruh. Hidup menjadi tidak bersemangat dan bahkan akan nampak pada wajah yang kuyu serta lingkaran hitam di bawah mata yang tentu saja sangat mengganggu penampilan.

  1. Lingkungan

Lingkungan yang sehat akan memberi dampak yang baik bagi kesehatan tubuh dan mencegah penuaan dini. Bayangkan jika kita hidup di lingkungan yang penuh polusi, aneka gangguan kesehatan pun akan menghampiri. Selain lingkungan fisik, lingkungan sosial juga sangat berpengaruh bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Lingkungan sosial yang saling mendukung, penuh toleransi dan mengusung kehidupan yang damai tentu akan membuat kita nyaman dan tenang, efeknya akan membuat wajah cerah dan bersemangat karena bahagia.

Oleh sebab itu Anti Aging bukan hanya terbatas pada kecantikan saja namun lebih luas lagi mencakup keseluruhan pola hidup sehat yang menunjang kehidupan berkualitas meski usia terus beranjak naik. Penangan secara holistik atau menyeluruh diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dibutuhkan kesadaran serta komitmen dalam jangka waktu yang panjang untuk menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Kulit wajah yang cerah, kencang dan berseri-seri memang menjadi idaman, namun pola hidup sehat untuk menopang semua kecantikan tersebut juga sangat penting. Melakukan berbagai perawatan untuk kulit wajah memang diperlukan agar kulit selalu sehat. Namun, hidup sehat dan bahagia adalah ramuan mujarab bagi Anti Aging.(em)