Perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih ini, membuat semua urusan sehari-hari dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan mendesain rumah pun sekarang dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan bantuan aplikasi saja. Perlu diketahui bahwa sekarang ini sudah banyak aplikasi desain rumah yang dapat membantu seseorang untuk mendapatkan rumah impian. Dengan adanya aplikasi untuk mendesain rumah tersebut, maka seseorang dapat menghemat biaya untuk menyewa arsitek. Bagi yang ingin mendesain rumah impian, berikut adalah beberapa aplikasi untuk desain rumah terbaik.

  1. Sweet Home 3D

Perlu diketahui bahwa aplikasi bernama Sweet Home 3D ini merupakan aplikasi untuk desain rumah yang dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana. Jadi aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang ingin mendesain rumah impian. Dengan aplikasi ini, seseorang dapat mendesain interior dan eksterior rumah hanya dengan beberapa klik saja.

Dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai macam furniture yang telah terbagi menjadi beberapa kategori yaitu ruang tamu, kamar tidur, dapur dan kamar mandi. Jika sudah menambahkan furniture tersebut, seseorang dapat menambahkan warna, tekstur, ketebalan, ukuran, lokasi dan orientasi.

  1. Home Designer Professional

Aplikasi bernama Home Designer Professional ini menawarkan berbagai macam fitur yang memungkinkan pengguna dapat mendesain rumah mulai dari interior, eksterior dan halaman rumah. Selain itu di dalam aplikasi ini si pengguna juga dapat mengetahui perkiraan biaya yang akan digunakan untuk membangun rumah tersebut.

Jadi dengan menggunakan aplikasi ini, si pengguna dapat merenovasi ataupun merombak rumah menjadi lebih menakjubkan. Home Designer Professional ini dilengkapi dengan ribuan obyek arsitektur 3D mulai dari perabotan rumah, furniture, lantai dan warna dinding.

  1. Space Designer 3D

Perlu diketahui bahwa Space Designer 3D merupakan aplikasi untuk desain rumah berbasis web yang memungkinkan seseorang dapat memvisualisasikan dan merencanakan desain rumah impian menggunakan browser web. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menggambar denah lantai dari ruang bawah tanah hingga atap.

Selain itu, aplikasi bernama Space Designer 3D ini dapat dijalankan di berbagai platform. Dalam aplikasi ini terdapat lebih dari 5.000 furnitur yang beragam. Kelebihan lain dari aplikasi ini ialah dapat mensimulasikan pencahayaan alami secara nyata dengan efek visualisasi 2D ataupun 3D.

  1. Total 3D Home Design Deluxe 11

Bagi seorang pemula yang ingin mendesain rumah menggunakan sebuah aplikasi, maka gunakanlah aplikasi Total 3D Home Design Deluxe 11. Hal tersebut dikarenakan, aplikasi untuk desain rumah yang bernama Total 3D Home Design Deluxe 11 ini memiliki berbagai macam fitur yang dapat membimbing atau menuntun pengguna dalam mendesain rumah yang indah dan menakjubkan.

Salah satu fitur terbaik yang ada dalam aplikasi ini adalah Smartroom Blok, dimana si pengguna dapat mengubah ruangan atau kamar menjadi lebih mengagumkan dalam waktu sekejap saja. Jadi si pengguna tidak perlu repot-repot dalam hal merubah sebuah ruangan atau kamar yang terdapat di dalam rumah.

  1. NCH DreamPlan

Aplikasi untuk desain rumah bernama NCH DreamPlan ini memungkinkan si pengguna dapat membuat sketsa rumah, apartemen atau kondominium hanya dalam waktu sekejap. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka si pengguna dapat menentukan tekstur, warna, furniture dan dekorasi khusus. Selain itu dengan aplikasi ini si pengguna juga dapat merencanakan ide lansekap eksterior dan juga halaman rumah.

NCH DreamPlan ini sangat mudah untuk beralih antara mode tampilan yang berbeda. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa pilihan mode tampilan yakni 2D, 3D dan Blueprint. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur desain interior yang sangat menarik.

  1. SketchUp Pro

Bagi seseorang yang masih awam dalam bidang desain interior dan eksterior dapat memanfaatkan forum online yang ada dalam aplikasi SketchUp Pro. Dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai macam tutorial hingga diskusi yang membahas tentang desain rumah impian. Aplikasi SketchUp Pro ini memungkinkan seseorang dapat dengan mudah merancang model rumah 3D yang begitu indah dan detail.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat bagus digunakan untuk membuat dokumen presentasi karena sudah didukung dengan berbagai macam fitur canggih. Fitur canggih yang ada dalam aplikasi tersebut antara lain adalah perancangan hingga ilustrasi vector dan berbagai macam animasi objek 3D.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang aplikasi-aplikasi untuk desain rumah terbaik yang harus dicoba. Jadi untuk seseorang yang ingin punya rumah impian, alangkah baiknya untuk merancang atau mendesain terlebih dahulu rumah tersebut menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah dijelaskan di atas.(hn)