Semua orang di dunia mendambakan memiliki wajah dan penampilan yang terlihat awet muda, selalu terlihat menarik dengan wajah yang rupawan dan mempesona. Ada banyak cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk tampak awet muda. Salah satunya olahraga.

Olahraga yang teratur dan sistematis adalah alternatif terbaik untuk mendapatkan kulit yang berkualitas dan selalu terlihat awet muda. Manfaat utamanya adalah menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh termasuk kesehatan kulit.

Ketika kita berolahraga, aliran darah pada semua jaringan akan meningkat, termasuk jaringan kulit. Olahraga membantu kerja oksigen dan nutrisi dalam menyehatkan sel-sel kulit. Selain itu, pembuangan zat toksin sisa proses metabolisme dari sel kulit menjadi lebih baik.

Olahraga yang juga bisa menurunkan kadar stres sehingga beberapa gangguan kulit yang biasanya muncul akibat stres, seperti jerawat dan eksim, bisa ditekan. Jadi sebelum mengobati, ada baiknya kita melakukan tindakan antisipasi dengan berolahraga.

Berikut ini manfaat olahraga untuk kesehatan & kecantikan kulit.

Menutrisi Kulit
Olahraga dapat meningkatkan denyut jantung, yang berimbas pada sirkulasi darah yang lebih bagus. Ketika sirkulasi darah lebih bagus, sel-sel kulit akan lebih banyak mendapatkan asupan nutrisi, sehingga kulit akan menjadi sehat.

Senada dengan itu, American College of Sports Medicine (ACSM) merekomendasikan setiap orang untuk melakukan olahraga minimum 5 hari seminggu, selama 30 menit setiap harinya.

Menghaluskan Kulit
Melakukan olahraga secara rutin membuat kulit menjadi lebih halus. Ketika berolahraga, kita akan berkeringat dan kotoran akan keluar melalui pori-pori kulit yang terbuka. Hal ini yang akan membuat kulit terlihat lebih cerah.

Mengencangkan Kulit
Olahraga angkat beban, aerobic & yoga dapat mengatasi kondisi kulit yang terlihat kendor. Olahraga jenis ini juga baik untuk membakar lemak dan kalori yang berlebih.

Menjadikan Kulit Merah Merona
Kulit yang terlihat merah merona terjadi karena peredaran darah lancar. Bermanfaat besar untuk regenerasi sel-sel yang rusak, olahraga terbukti jauh lebih ampuh untuk membuat kulit terlihat merona daripada rim perawatan kulit.

Meningkatkan Produksi kolagen
Kolagen merupakan zat yang mengisi sel kulit dan membuat kulit menjaga lebih kencang dan kenyal. Dengan bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan mengalami penurunan. Akibatnya, kulit terlihat kering dan keriput. Olahraga secara rutin dan teratur dapat merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen.

Membuat Awet Muda
Olahraga secara implikatif menyebabkan Anda terlihat awet muda. Mengkonsumsi air putih secara cukup akan menggantikan cairan yang hilang selama berolahraga. Ditambah dengan manfaat dari air putih, olahraga berfungsi menjaga kulit tetap lembab dan tidak kering, serta detoksifikasi alami.

Facial Alami
Ketika kita melakukan olahraga pori-pori akan membesar sehingga mengeluarkan minyak, debu, dan kotoran lainnya yang biasanya terjebak di dalam kulit. Disarankan untuk tidak menggunakan make up atau lotion kulit saat olahraga agar minyak, debu, dan kotoran lain dapat dilepaskan dengan baik.

Ahli dermatologis, Audrey Kunin, MD, menyebutkan bahwa olahraga merupakan facial alami pada kulit. Segeralah cuci muka atau mandi pascaolahraga.

Menyembuhkan Eksim
Olahraga mampu menyeimbangkan mental dan menghilangkan stres. Brian B. Adams, MD, anggota asosiasi professor dan direktur Klinik Dermatologi Olahraga, Universitas Cincinnati mengatakan, “Dengan olahraga, produksi minyak kulit berlebih akibat stres yang menyebabkan eksim dan jerawat dapat dicegah.”

Mengeluarkan Racun dan Radikal Bebas
Racun dan radikal bebas yang berasal dari asap rokok, polusi udara, dan juga bahan kimia pada produk kecantikan bisa berdampak buruk dan merusak kulit, menimbulkan keriput, flek, dan gangguan kulit lainnya. Olahraga dapat mengeluarkan racun dan radikal bebas dari dalam tubuh karena sirkulasi darah yang lebih lancar dan distribusi nutrisi untuk kulit diserap secara maksimal.

Mengurangi Selulit
Selulit dapat terjadi akibat jalinan fibroblast yang tertarik dan membentuk kantong lemak. Pada umumnya, selulit ada di bagian pantat (bokong), paha belakang atau lengan, di mana dapat membuat kulit menyerupai kulit jeruk, mengganggu penampilan dan membuat Anda kurang percaya diri.

Menghalangi Timbulnya Jerawat
Jerawat yang muncul di kulit adalah indikasi bahwa kita sedang mengalami stres. Stres menyebabkan produksi hormon dan minyak pada tubuh meningkat tidak terkendali. Kelebihan minyak dan hormon yang tidak terpakai inilah yang pada akhirnya menjadi jerawat.

Olahraga juga dapat memicu produksi hormon endorfin. Hormon ini membuat kita merasa lebih rileks, bahagia dan lebih tenang. Olahraga juga dapat membantu untuk mengontrol produksi hormone DHEA dan DHT yang menjadi pemicu timbulnya jerawat.(aw)