Tahun Baru ini sudah saatnya kita semakin  menganut gaya hidup sehat. Kementerian Kesehatan RI pun mencanangkan Germas. Apa itu? 

Hidup di dunia ini memang menyenangkan. Saking menyenangkannya, kita terkadang lupa akan pola hidup yang sudah bergeser. Jika dulu kita masih melakukan semuanya dengan banyak anggota tubuh yang bergerak, sekarang ini semua serba mudah bahkan otomatis.

Kita tadinya terbiasa turun atau naik dari satu lantai ke lantai lain dengan tangga, sekarang sudah ada lift yang dengan mudah membawa kita ke tujuan tanpa harus membuang banyak tenaga dan juga waktu.

Sekarang sudah banyak jasa layanan tranportasi murah dan mudah diperoleh hanya dengan klik via ponsel, sehingga jalan kaki menjadi aktivitas yang tidak lagi membahagiakan setiap hari. Belum lagi karena alasan cuaca yang tidak menentu. Ketika berjalan kaki dengan cuaca seperti itu, ketakutan akan terserang penyakit pun menjadi tinggi.

Setidaknya begitulah yang disampaikan oleh beberapa pejabat di Kemenkes RI saat melakukan kampanye di hari AIDS Sedunia beberapa waktu lalu. Bahkan mereka pun kemudian menjelaskan dan membeberkan fakta bahwa AIDS pun mengalami peningkatan signifikan. Tentunya semua sangat bergantung bagaimana pola hidup masyarakat.

Untuk itu, Kemenkes RI mencanangkan GERMAS sebagai bentuk harapan dan tindakan nyata agar masyarakat kembali peduli dengan kesehatan masing-masing.

Sumber Foto : Depkop.go.id

Apa itu GERMAS?

GERMAS adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Sebuah program sosialisasi agar seluruh masyarakat Indonesia kembali kepada pola hidup sehat. Karena sejatinya semua masyarakat tadinya menjalani pola hidup sehat tetapi bergeser karena semakin canggihnya perkembangan zaman.

Tujuan GERMAS

Jika berbicara tujuan, tentu secara tersirat kita semua sudah memahami maksud dan tujuan digalakkannya program GERMAS oleh Kemenkes RI ini. GERMAS bertujuan agar masyarakat melakukan pola hidup sehat. Dengan pola hidup tersebut, maka masyarakat akan mengalami peningkatan dalam hal keterjagaannya kesehatan, menjadi lebih produktif, pembiayaan kesehatan menjadi menurun dan pastinya adalah lingkungan menjadi lebih bersih.

Bentuk Pelaksanaan GERMAS

Kemenkes RI, dalam hal ini diwakili oleh Bapak drg. Oscar Primadi, MPH selaku Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat, menjelaskan bahwa wujud pelaksanaan GERMAS bukanlah sesuatu hal yang baru. Sejatinya tiap hari dilakukan oleh manusia yang memiliki kesadaran tinggi akan kebersihan lingkungan. Namun, untuk lebih memberi semangat terwujudnya GERMAS, Bapak Oscar mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan berikut:

  • Melakukan aktivitas atau kegiatan fisik; sebisa mungkin setiap hari ada gerakan yang dilakukan oleh tubuh. Meskipun bekerja di kantoran dan duduk di belakang meja berjam-jam menatap layar komputer, bukan berarti bahwa aktivitas fisik menjadi sesuatu yang dilupakan. Contoh kecilnya adalah berjalan kaki menuju kantor (jika memang memungkinkan) atau berolahraga sebelum berangkat bekerja.
  • Mengkonsumsi Buah dan Sayur; hal ini penting agar tubuh tetap sedia dengan serat yang sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan
  • Meninggalkan Minuman Beralkohol; minuman beralkohol sangat rentan terhadap kesehatan tubuh. Sebaiknya menghindari.
  • Menghentikan Kebiasaan Merokok; perokok dan orang-orang disekitarnya akan sangat dirugikan dengan kandungan yang ada pada rokok ini. Kesehatan menjadi terganggu meskipun dalam jangka waktu yang lama.
  • Membersihkan Lingkungan; perlu kerja sama dengan orang-orang sekitar agar menjalankan program kerja bakti setiap seminggu atau sebulan sekali sambil terus menjaga kebersihan di lingkungan rumah masing-masing.
  • Menggunakan Jamban; hal ini sangat penting karena feses menjadi salah satu sumber penyakit yang kuman dan bakterinya bisa terbawa oleh angin. Jadi, sebaiknya menggunakan jamban agar benar-benar tersalurkan pada tempat yang seharusnya.
  • Rutin Check Up Kesehatan; memeriksakan kesehatan sejak dini menjadi tanda bahwa kita peduli dengan kesehatan pribadi. Sekaligus memudahkan langkah awal mengobati ketika memang terlihat tanda-tanda penyakit tertentu.

Nah, sudah siap dengan GERMAS? Kalau iya, ayo lakukan sekarang juga… Ayo Kita Berubah!(rhm)