Menjadi warga negara Indonesia adalah suatu kebanggaan yang tak terkira. Bagaimana tidak? Selain pemandangan alamnya yang indah, Indonesia juga memiliki banyak sekali kebudayaan di setiap daerahnya. Bahkan beberapa di antaranya sudah dikenal luas di berbagai belahan dunia. Berikut ini beberapa budaya Indonesia yang mendunia dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia di mata dunia :

  1. Sendra Tari Ramayana

Cerita Ramayana sudah sangat terkenal di dunia ini. Namun di Indonesia yang menjadikannya sangat menarik adalah karena cerita tersebut dipertunjukkan dalam konsep tarian berpadu dengan drama tanpa dialog. Yang istimewanya lagi, tempat pertunjukannya adalah panggung terbuka yang berada di Candi Prambanan.

Hal itu membuat sendra tari Ramayana yang dipertunjukkan semakin membawa penonton larut dalam cerita tersebut. Oleh karena keistimewaan yang hanya ada di Indonesia tersebut maka sendra tari Ramayana yang dipertunjukkan di Candi Prambanan dapat dibilang sebagai salah satu budaya Indonesia yang mendunia. 

  1. Batik

Siapa tak tahu akan keindahan batik Indonesia? Warga seluruh dunia pasti sudah mengetahuinya. Bahkan bisa dibilang bahwa batik merupakan icon dari Indonesia. Bukan hanya itu saja, bahkan UNESCO pun sudah mengakui batik sebagai warisan dunia.

Pembuatannya yang tetap mempertahankan cara tradisional membuat orang-orang di seluruh dunia semakin mengapresiasi karya khas Indonesia ini. Bahkan para selebritis serta pemimpin dunia dari berbagai benua pun sangat bangga ketika mereka berkesempatan mengenakan batik dengan motif dan corak Indonesia pada setiap acara yang mereka hadiri.

  1. Wayang Kulit

Bagi yang mengaku warga Indonesia namun tidak mengenal seni yang satu ini nampaknya perlu dipertanyakan. Pasalnya warga dari negara lain pun sudah banyak yang mengetahui kesenian wayang kulit ini. Bahkan banyak juga warga negara asing yang sangat antusias untuk mempelajari lebih dalam kesenian yang berasal dari tanah Jawa ini.

Pada tahun 2003 UNESCO pun telah mengakui wayang kulit sebagai warisan budaya milik Indonesia. Wayang sendiri adalah seni pertunjukan seperti boneka namun terbuat dari kulit sapi, kerbau atau kambing. Orang yang memainkannya disebut dalang. Pagelaran wayang kulit pun selalu selalu diiringi seperangkat alat musik yang disebut gamelan. Selain itu pagelaran ini juga dilengkapi dengan iringan suara merdu dari sinden.

  1. Gamelan

Nah untuk budaya Indonesia yang satu ini sudah sedikit disinggung tadi di atas. Ya, gamelan inilah yang menjadi pelengkap pertunjukan wayang kulit. Jika dilakukan pertunjukan wayang tanpa adanya gamelan, rasa-rasanya kurang afdol. Wayang dan gamelan sudah menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Gamelan adalah kumpulan alat musik yang terdiri dari gong, saron, demung, gambang serta kendang. Perpaduan beberapa macam alat musik tersebut akan menjadi suatu irama yang sangat enak didengar. Banyak warga negara asing yang juga sangat tertarik dengan sekumpulan alat musik ini sehingga mereka mempelajarinya. Bahkan tak jarang juga melakukan pertunjukan.

  1. Angklung

Satu lagi alat musik tradisional Indonesia yang sudah sangat dikenal di dunia adalah angklung. Alat musik dari bambu ini memang unik dari bahannya serta cara memainkannya. Siapa sangka batang bambu yang diolah sedemikian rupa dapat menghasilkan bunyi yang berbeda-beda sesuai ukurannya.

Cara memainkannya juga sangat mudah yakni hanya tinggal menggoyangkannya saja. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik warga dunia sehingga alat musik ini dinobatkan sebagai salah satu budaya Indonesia yang mendunia. Bahkan saking uniknya sempat ada negara lain yang mengklaim alat musik ini berasal dari negaranya.  

  1. Tari Barong Bali

Bali tentunya sudah sangat mendunia. Begitu pula kesenian yang ada di sana. Salah satu kesenian di Bali yang menjadi icon serta kekaguman warga dunia adalah tari barong Bali. Selain ditarikan sebagai pertunjukan, tari Barong Bali ini pun dilakukan sebagai ritual yang bersifat sakral pada hari-hari tertentu umat Hindu yang menjadi agama mayoritas di Bali.

Tarian ini juga sarat akan makna yakni menggambarkan peperangan antara kebaikan dan kejahatan. Barong adalah sebagai perwujudan kebaikan sementara Rangda yang menjadi perwujudan kejahatan. Pada akhir tarian, Rangda akan dikalahkan oleh Barong yang bermakna kebaikan selalu dapat mengalahkan kejahatan. 

Itulah beberapa budaya Indonesia yang mendunia dan tentunya membuat nama Indonesia semakin harum di mata dunia. Tugas kita sebagai warga negara Indonesia adalah menjaga dan melestarikan semua kebudayaan di Indonesia agar tidak lekang oleh apapun juga sehingga senantiasa menjadi identitas bangsa Indonesia di mata dunia.(nkh)