Sebagai kota besar ketiga di Indonesia, dengan populasi penduduk yang bertambah setiap harinya, Kota Medan dirasakan sudah sangat padat. Dengan semakin bertambahnya kendaraan baik roda dua maupun roda empat, polusi udara, masih menjadi faktor pemicu berbagai penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Dengan demikian, masyarakat kota, butuh suasana taman kota yang asri. Walaupun ada beberapa alternatif Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau Taman Kota, namun masih saja dirasa kurang. Padahal, RTH ini merupakan paru-paru kota yang tentunya menyehatkan jiwa dan raga masyarakatnya.

Namun, mungkin karena tempatnya yang sangat biasa, berupa hanya pepohonan di area terbuka, masyarakat kota, khususnya anak muda, masih banyak yang enggan datang ke taman. Kalau pun mereka datang ke taman-taman tersebut, hanya untuk olahraga murah berupa lari-lari kecil di seputaran taman. Selanjutnya, mereka masih mencari hiburan dan menghabiskan waktunya di pusat perbelanjaan (mall), yang acap kali menimbulkan efek konsumtif.

Untuk di Medan sendiri, setiap harinya seperti biasa, terlebih pada hari libur, Kebun Binatang Medan (Medan Zoo), masih menjadi destinasi wisata berupa RTH yang wajib dikunjungi masyarakat kota. Namun seiring berjalannya hari, ada satu destinasi wisata lagi yang memang diperuntukkan bagi masyarakat Kota Medan, khususnya anak muda yang suka foto ala Instagram, yaitu Selfie Area.

Sumber Foto : Wiraland Properti

Selfie Area tersebut terletak di dalam area perumahan River Valley milik Wiraland Property, bernama Sun Flower Garden,  Jalan Sejohor Baru, Simalingkar B, Medan. Lokasi ini, tak jauh dari Kebun Binatang Medan (Medan Zoo).

Sunflower Garden sendiri, baru diresmikan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke – 73 yang jatuh pada 17 Agustus 2018 lalu. Meski baru, namun tak disangka, setiap harinya, apalagi hari libur, ribuan pengunjung dari dalam Kota Medan sendiri, khususnya, memenuhi area seluas 2500 meter persegi ini.

Jika diperhatikan, konsep selfie area itu sendiri, menyerupai Kalibiru Yogyakarta, The Lodge Maribaya Bandung dan Bukit Simarjarunjung yang terletak di dekat Danau Toba, Sumatera Utara.

Ada sekira 23 wahana yang sangat menarik untuk dijadikan objek foto yang sangat Instagramable di sini, khususnya bagi kaum milenial, yang biasanya ingin selalu eksis di media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Diantaranya ada empat wahana utama, yaitu: bunga matahari yang menjadi logo Sunflower Garden, rumah pohon, sarang burung, kapal, dan ayunan. Menyusul wahana pelengkap lainnya seperti jam besar dan air terjun. Tak lupa, pengelola juga menyediakan wahana lain seperti meja makan dan bingkai foto, yang semuanya digantung.

Pengunjung tak perlu khawatir. Telah disediakan tangga untuk naik ke area photo tersebut. Tapi pengunjung juga harus waspada terhadap kemungkinan jatuh, karena pihak pengembang tak bertanggung jawab jika terjadi kecelakaan. Jadi sebaiknya, masing-masing kita, menjaga diri. Walaupun demikian, pengunjungnya dapat mencapai 1500 jiwa pada hari biasa, dan tembus sampai angka 4000 jiwa di hari libur.

Kita tak mungkin bisa berlama-lama menduduki satu selfie area tersebut, karena pengunjung lain sudah pasti mengantri. Tempat-tempat yang digantung tersebut, biasanya digunakan oleh banyak anak muda untuk mengambil fotonya sendiri dengan kamera atau kamera ponsel. Bagi yang ingin berfoto cantik dengan latar belakang spot foto yang menarik tadi, ada juga tukang foto di lokasi.

Untuk masuk ke area spot foto yang mengambil konsep asri tersebut, hingga saat ini, masih tanpa biaya alias gratis. Konsep gratis ini digunakan pengembang, untuk mendongkrak penjualan propertinya, sekaligus memberikan destinasi wisata seperti di luar negeri, tanpa harus pergi ke mana-mana dan mengeluarkan biaya berlebih. Jadi Sun Flower Garden tersebut, menjawab keingintahuan masyarakat akan destinasi wisata mahal.

Jika menyinggung soal Ruang Terbuka Hijau (RTH) sendiri, dirasakan, masih kurang cukup. Namun konsep ini dapat menjadi alternatif taman kota. Diharapkan untuk ke depannya, akan semakin banyak pengembang properti, khususnya di Kota Medan, yang memikirkan hajat hidup orang banyak dengan menyediakan banyak taman di lokasi perumahannya, tentunya lengkap dengan spot foto yang tak kalah bersaing dengan destinasi wisata lainnya. Jikapun harus berbayar, sewajarnya.(az)