Saat ini wajah cerah merupakan keinginan setiap orang dimana untuk mendapatkannya yaitu dengan menggunakan masker. Namun saat ini banyak tersedia masker dari bahan berbahaya yang tentu bukan mencerahkan wajah justru merusak wajah. Untuk itu, ada baiknya membuat sendiri dari bahan-bahan alami. Masker alami untuk mencerahkan wajah ini tentu tidak akan memberikan efek negatif pada wajah. Berikut beberapa masker alami yang dapat dicoba untuk mencerahkan wajah:

  1. Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tentunya baik untuk kulit wajah, dimana akan menghindarkan dari jerawat yang muncul. Selain mencegah jerawat muncul, jeruk nipis juga dapat mengurangi minyak di wajah, mengangkat sel kulit mati dan juga mencerahkan wajah tentunya. Dengan adanya vitamin C yang merupakan anti-oksidan, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang tentu berbahaya bagi tubuh.

Untuk membuat masker alami dari jeruk nipis tidaklah sulit, hanya perlu memotong jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu oleskan secara rata pada wajah. Diamkan masker hingga meresap selama 30 menit lalu bilas air bersih. Cukup gunakan sebanyak 3 kali dalam seminggu tentu akan membuat wajah menjadi cerah.

  1. Masker Stroberi

Selain jeruk nipis, buah lainnya yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak adalah stroberi. Dimana bahkan buah ini mampu memutihkan lalu mengurangi keriput pada wajah. Masker alami untuk mencerahkan wajah ini tidak memiliki dampak negatif seperti masker yang dijual di toko, dimana kandungannya tidak jelas.

Untuk membuat masker stroberi cukup siapkan 8 hingga 10 buah stroberi dan tambahan madu sebanyak 1 sdt. Lalu blender semua bahan hingga menjadi satu dan halus setelah itu oleskan pada wajah, tunggu selama 20 menit. Barulah dibilas dengan air hangat. Membilas dengan air hangat akan membuat pori-pori terbuka. Selanjutnya bilas dengan air dingin sehingga pori-pori kembali tertutup.

  1. Masker Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memang terkenal baik untuk kulit, sudah banyak kosmetik yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan campuran dalam membuat kosmetiknya. Semua itu karena lidah buaya memiliki zat aloesin, dimana dapat membuat kulit nampak putih. Lidah buaya membuat pembentukan melanin terhambat, dimana melanin mampu membuat kulit wajah menjadi gelap.

Membuat masker alami untuk mencerahkan wajah dengan bahan lidah buaya cukuplah mudah. Dimana siapkan gel lidah buaya (lidah buaya diambil dagingnya dan dihaluskan) sebanyak 1 sdm saja. Setelah itu campurkan krim susu sebanyak 2 sdm serta kunyit bubuk sedikit saja. Campur semua bahan hingga membentuk pasta yang pekat lalu oleskan ke wajah dan tunggu selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan kulit wajah akan nampak cerah.

  1. Masker Madu Dan Susu

Bukan hal yang baru jika madu dan susu dijadikan masker, semua itu karena madu dan susu terkenal mampu membuat kulit wajah menjadi lembab. Dimana sel kulit mati akan terangkat dan wajah akan terlihat cerah alami. Selain itu kedua bahan ini mampu menjadi antibiotik bagi wajah, sehingga jerawat akan terminimalisir untuk timbul. Susu memiliki kandungan vitamin B6 serta D yang baik untuk menyamarkan wajah yang berkerut. Sehingga wajah akan nampak sehat dan segar serta nampak putih.

Cara membuatnya cukup campurkan susu dan madu 2 sdt. Susu yang telah dihangatkan, dicampurkan 2 sdt madu setelah itu oleskan menyeluruh pada wajah selagi hangat. Tunggu selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat dan air dingin secara bergantian.

  1. Masker Putih Telur

Selain untuk dimakan, telur juga baik untuk kulit  wajah dimana putih telur dapat menutrisi wajah sehingga membuat kulit nampak sehat dan cerah. Selain itu masker putih telur dapat menghilangkan minyak wajah dan mengencangkan wajah. Bau amis pada telur akan tersamarkan dengan ditambahkannya minyak almond atau juga bisa diberikan madu.

Cara membuatnya cukup siapkan 1 butir telur (ambil putihnya saja) lalu masukan minyak almond sebanyak 5 tetes dan aduk hingga mengeluarkan busa. Cukup oleskan ke wajah dan tunggu hingga 15 menit barulah bilas dengan air hangat dan dingin.

Itulah beberapa masker alami untuk mencerahkan wajah yang tidak memiliki dampak buruk. Dengan mengetahui bahan-bahan yang ada pada masker tentu akan menghilangkan ketakutan. Bahan alami yang digunakan tentu akan jauh lebih baik dibandingkan masker buatan toko.(hn)