Di Bandung, Jawa Barat, ada tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi yakni Dusun Bambu Family Leisure Park. Sesuai namanya, tempat ini menawarkan suasana ala dusun yang menarik.
Kawasan ini merupakan ekowisata dalam bentuk konservasi bambu dengang konsep edukasi, ekonomi, etnologi, estetika dan entertainment (7E). Kawasan ini terletak di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Tepatnya di kaki Gunung Burangrang, Cisarua, Lembang. Dari Jakarta, kawasan ini dapat diakses melalui kota Bandung. Setibanya di depan terminal Ledeng, belok kiri ke jalan Sersan Bajuri. Nanti ikuti jalan hingga papan petunjuk ke Kampus Unversitas Advent. Setelah itu ikuti jalan hingga Curug Cimahi. Nah, 300 meter dari Curug Cimahi ada jalan masuk menuju gerbang masuk Dusun Bambu.  
dusun-bambu
 
Harga tiket masuk kawasan ini untuk usia di bawah tiga tahun, gratis. Sedangkan untuk usia 3 tahun ke atas hingga dewasa dikenai harga Rp 15 ribu per orang. Harga tiket itu dapat ditukar dengan minuman. Tiba di Dusun Bambu, pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan menggunakan mobil warna-warni yang membawa para pengunjung menikmati suasana ala dusun yang dihadirkan.
 
Anak-anak dapat menikmati playground untuk bermain. Playground ini dapat dimainkan oleh anak yang berusia di atas lima tahun dengan tarif Rp 50 ribu.  Ada juga Rabbit Wonderland. Namun untuk menikmati Rabbit Wonderland harus membayar Rp 35 ribu. 
 
Untuk makan, ada juga Lutung Kasarung yang berupa kafe berdesain unik di sela pepohonan. Sekilas, tempat ini seperti sarang burung namun inilah yang menjadi desain yang menarik. Sedangkan tempat kuliner lain juga tersedia misalnya tempat kuliner yang menyediakan beraneka tempat makanan yang menyajikan beragam kuliner yang mengugah selera. Mulai dari camilan ringan, hingga makanan seperti soto, mie ayam, bakso dan lain-lain. Semua ini tersedia di Pasar Khatulistiwa. Di Pasar Khatulistiwa juga menjual sayur-sayuran dan buah-buahan segar serta souvenir hasil kerajinan penduduk.
 
Apabila pengunjung ingin menginap, ada villa Kampung layung dengan model bangunan khas pedesaan. Ingin menikmati suasana camping? Cobalah Eagle Camping Ground yang menyajikan tenda-tenda beserta sleeping bag dengan kapasitas enam orang. Pengunjung bisa menemukan area-area seperi Kampung Layung merupakan tempat penginapan berupa cottage bernuansa kayu. (rab)