Bersyukur Adalah Kesuksesan yang Sejati

0
55

Saya mau sukses!  Bagaimana dengan kamu? Jika kamu mau sukses, mari melakukan sesuatu.  Karena sukses bukan tinggal diam berpangku tangan lalu tertidur bersama mimpi.  Tetapi sukses itu butuh pengorbanan dan kerja keras dalam membangun mimpi dan menjadikannya nyata. 

Sukses adalah dambaan setiap orang.  Kesuksesan adalah hadiah terindah dari usaha seseorang untuk meraih mimpi dan harapannya. Beragam upaya dilakukan untuk pencapaian tersebut karena sukses bukan sekedar pencapaian materi atau jabatan yang tinggi, tetapi sukses itu manakala seseorang telah bersyukur dalam mencapai apa yang diinginkan dan itu membuatnya bahagia.

Kesuksesan tidak hanya bisa dinilai dari seberapa tangguhkah seseorang bekerja keras untuk meraih mimpi dalam mengejar puncak karir.  Tetapi kesuksesan itu bisa juga di lihat dari seberapa tangguhnya seseorang memikul problematika dalam  kehidupan sosialnya, berhasil menyelesaikan masalah, dan bangkit dari keterpurukan.  Memaknai setiap persoalan hidup dengan rasa syukur akan menjauhkan diri dari keputusasaan.

Kesuksesan yang dibarengi dengan rasa syukur akan menimbulkan kebahagiaan. Salah satu bentuk rasa syukur itu adalah dengan menikmati kebahagiaan bersama orang lain.  Sangat tidak bijak jika merasakan kebahagiaan itu sendirian, akan lebih kompleks dan sempurnalah kebahagiaan itu manakala dinikmati juga oleh orang-orang di sekitar kita.  Sadar bahwa kesuksesan yang telah anda raih mustahil tanpa bantuan orang lain yang merupakan bagian dari proses pencapaian. Perjalanan hidup yang penuh lika liku, dalam prosesnya membutuhkan pengorbanan, doa,  dan kerja keras hingga tertatih-tatih dalam  meraih sukses.

Dalam hidup, manusia harus punya target untuk mencapai tujuan hidup. Target itu biasanya dikonsep dalam  resolusi tahunan yang merupakan agenda yang harus dicapai menuju perubahan hidup kearah yang lebih baik. Target pencapaian akan memperjelas arah dan tujuan hidup seseorang.

Sebagian dari mereka yang tidak punya target, kemungkinan hidupnya akan lebih sering mengalami kebimbangan dalam bersikap sehingga cenderung tidak siap dalam menghadapi problematika kehidupan.  Akibatnya, sering terjadi patah semangat karena rencana hidup yang tidak terstruktur.  Hal ini tidak bisa dibiarkan terus berlanjut sebab manusia harus bisa terus berusaha, bekerja, dan berdoa.  Jangan takut akan kegagalan karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Jika gagal, di coba lagi. Jika jatuh, ayo bangkit lagi. Jangan cepat menyerah karena hidup akan terus berlanjut.

Warna-warni kehidupan merupakan salah satu proses pendewasaan dalam siklus hidup manusia.  Berbagai peristiwa mengawal perjalanan hidup sekaligus memberikan pembelajaran penting sehingga manusia dapat memetik hikmah dibalik setiap peristiwa.  Termasuk proses hidup seseorang yang membawanya ke puncak kesuksesan.

Tetapi perlu disadari bahwa sifat alamiah manusia tidak pernah puas akan apa yang telah diraihnya.  Hal ini sesuai dengan hukum ekonomi yang menjelaskan tentang ketidakpuasan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya hingga muncul keserakahan yang tidak pernah puas akan kepemilikan suatu barang.  Fenomena inilah yang menyebabkan pentingnya rasa syukur dalam diri manusia.

Dengan bersyukur, seseorang akan terus merasa nyaman dalam keadaan apapun.  Rasa nyaman itu akan selalu memotivasi diri melakukan hal-hal yang menantang untuk hidup yang lebih baik.  Banyak orang yang telah cukup segalanya dalam hal pemenuhan kebutuhan tapi belum juga merasa sukses.  Kenapa? karena tidak di barengi dengan rasa syukur.  Bersyukur terhadap segala nikmat yang telah diberikan dapat memberikan tambahan  energi kebahagiaan.  Manakala kesuksesan seiring sejalan dengan rasa syukur maka disitulah letak kesuksesan yang sejati. (sm)