Berwisata di Dinginnya Bromo

0
21
Gunung Bromo yang terletak di Jawa Timur merupakan salah satu tempat tujuan berwisata yang favorit. Sensasi dinginnya serta pemandangan alam yang indah menjadi beberapa alasan berkunjung ke Gunung Bromo.
 
Dari Jakarta menuju Gunung Bromo, kamu bisa menggunakan pesawat terbang ke Bandara Juanda, Jawa Timur. Lalu gunakan bus ke Terminal Bungurasih. Dari terminal Bungurasih kemudian pilih bus jurusan Jember atau Banyuwangi. Kemudian, kamu bisa turun di Terminal Probolinggo dan menggunakan angkutan desa ke Kecamatan Ngadisari. Kecamatan Ngadisari adalah lereng perbukitan kawasan Cemoro Lawang yang lokasinya dekat dengan tempat wisata Gunung Bromo.
 
Sebaiknya membawa jaket tebal, penutup kepala hingga sarung tangan karena udara amat sangat dingin. Bahkan bisa mencapai 3 derajat celcius. Apabila ingin menyewa kendaraan, bisa menyewa mobil seharga Rp 500 ribu hingga Rp 850 ribu. Mobil yang disewa adalah mobil jip yang mampu membawa tujuh orang. Biasanya, mobil akan membawa pengunjung melewati berbagai tempat seperti ke kawasan Penanjakan untuk melihat matahari terbit.
 
Matahari terbit dapat dilihat hampir pukul lima pagi. Namun sebaiknya berangkat menuju kawasan Penanjakan pada pukul 3 dini hari. Ada kekaguman yang tampak setiap kali melihat matahari terbit. Setelah itu, pengunjung ke Gunung Bromo akan melalui lautan pasir. Lautan pasir ini diyakini sebagai satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia, dan mungkin di dunia yang memiliki pasir laut yang unik sekitar 2000 meter di atas permukaan laut. Setelah melewati lautan pasir, pengunjung harus melewati ratusan anak tangga sebelum tiba di ujung kawah. Jika ingin ke ujung anak tangga, harus berjalan kaki terlebih dahulu atau naik kuda.
gunung-bromo
 
Di ujung kawah, pemandangan yang terlihat sangat menawan. Tercium bau belerang yang menusuk hidung. Namun hal ini tidak mengurangi minat para wisata untuk datang berkunjung. Namun banyak juga yang datang dengan membawa masker. Mereka rela datang dari Surabaya untuk menyaksikan keindahan Bromo. Seperti Joko, bapak dua anak ini kerap datang bersama keluarga besarnya dari Sidoarjo. “Pemandangannya indah sekali. Sayang kalau tak dikunjungi,” ungkapnya kepada Serempak.id
 
Jika ingin lebih praktis, para pengunjung yang akan mendatangi kawasan Taman Nasional bisa memilih berbagai paket travel ke Bromo yang ditawarkan. Harga paket beragam jika berangkat dari Jakarta. Mulai dari Rp 3 juta. Ada paket yang menawarkan perjalanan dari Jakarta langsung ke kawasan Taman Nasional Bromo tanpa ke tempat wisata lain di kawasan terdekat. Namun pilihan yang kerap dipilih adalah paket yang juga menawarkan kunjungan ke taman wisata lain misalnya ke kawasan Malang, Jawa Timur. Harga pilihan paket semakin murah jika pergi rombongan bersama saudara atau kenalan.(rab)