Saat bisnis menjadi pilihan untuk ditekuni semua itu karena bisnis saat ini dapat dilakukan secara online. Bisnis online saat ini dipilih menjadi usaha sampingan sembari menjalankan kegiatan utama, salah satunya seperti mahasiswa yang memilih menekuni bisnis online. Dimana bisnis online untuk mahasiswa memang saat ini sudah cukup banyak tersedia.

Alasan Mahasiswa Harus Coba Menjalankan Bisnis Online

Mahasiswa memiliki waktu yang jauh lebih fleksibel, dimana biasanya akan sangat sayang jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. Apa lagi saat ini kebutuhan mahasiswa kian meningkat, belum lagi untuk mahasiswa kos-kosan yang hanya bergantung kiriman orang tua. Untuk itu tidak ada salahnya memilih menekuni bisnis online untuk mahasiswa, dimana akan ada uang tambahan serta saat melakukan promosi jauh lebih mudah karena sudah banyak link sesama mahasiswa.

Beberapa Bisnis Online Yang Dapat Dipilih Mahasiswa

Menjadikan bisnis online sebagai sampingan sembari berkuliah tentu tidak ada salahnya. Semua itu karena tidak menutup kemungkinan bisnis akan berkembang dan justru dapat menjadi sumber keuangan utama. Saat ini bisnis online sudah cukup banyak jenisnya yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa bisnis online yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk dijalankan

  1. Menjual Buku Pelajaran

Untuk mahasiswa tentu buku adalah sesuatu hal yang wajib ada, bahkan bukan hal aneh jika mahasiswa rajin mondar-mandir ke toko buku ataupun perpustakaan. Dari pada hanya membeli untuk diri sendiri tidak ada salahnya menjadikan ini sebagai peluang bisnis online. Dimana cukup foto dengan kualitas baik buku-buku yang memang sering dibutuhkan, untuk awalan dapat memasarkannya melalui media sosial. Jika respon konsumen baik ada dapat juga memilih bergabung dengan situs jual beli online yang akan mempertemukan konsumen secara luas.

Bahkan bisnis ini tidak memerlukan modal, dimana hanya perlu datang ke toko buku dan memfotonya lalu posting. Jangan lupa berikan deskripsi buku, pengarang, penerbit dan juga tahun terbit. Jika ada yang berminat cukup mendatangi toko buku dan tentunya tawar dengan sebaik mungkin. Dapat dipastikan bisnis akan berjalan lancar tanpa mengganggu kuliah.

     2. Berjualan Jilbab

Saat ini jilbab memiliki begitu banyak jenisnya untuk para mahasiswi dapat mencoba bisnis online berjualan jilbab. Dimana dapat bermula memasarkan pada teman terdekat, jangan lupa buat akun media sosial dan rajinlah memposting model jilbab.

Teman-teman yang melihat postingan media sosial dan merasa tertarik dengan jilbab yang dijual pasti akan membelinya, berawal dari hal kecil jangan dianggap remeh. Para teman yang merasa puas pasti dengan sendirinya akan mengorder jilbab lagi sembari memberitahu teman-temannya juga.

    3. Menjual Aksesoris

Para mahasiswa merupakan usia yang tiada hentinya memperindah diri, dimana aksesoris akan sangat dicari. Untuk itu jika merasa memiliki bakat membuat kerajinan tangan menjadi sebuah aksesoris dapat memilih menekuninya.

Jikalau tidak bisa dapat juga mensurvei toko grosir dan membelinya untuk kemudian dijual kembali. Aksesoris yang dapat dipilih seperti gelang, jam, anting, gantungan kunci, bros dan lain sebagainya. Harga souvenir ataupun bahan baku pembuatannya masih terbilang murah, sehingga cocok di kantong mahasiswa.

   4. Berjualan Pakaian

Bisnis online untuk mahasiswa selanjutnya adalah berjualan pakaian, semua itu karena pakaian memang merupakan salah satu kebutuhan yang banyak dicari. Seiring berkembangnya teknologi memang banyak dampak positif yang didapat seperti salah satunya berjualan online. Namun tentu saja ada hal negatifnya juga, dimana saat ini manusia menjadi malas untuk keluar rumah. Semua itu karena semua dapat dikerjakan dan dipesan hanya dari dalam rumah.

Memilih berjualan pakaian tentu merupakan ide bagus yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Berjualan online tidak memerlukan toko untuk berjualan hal ini tentu akan sangat membantu mengurangi modal.

   5. Berjualan Makanan

Selain pakaian, makanan memanglah kebutuhan pokok yang tentu dicari banyak orang. Saat ini memilih menekuni bisnis online berjualan makanan cukuplah mudah, semua itu karena resep sudah banyak tersedia di internet. Selain itu dengan menjalankannya secara online tentu akan membuat segmentasi pasar yang luas.

Apalagi jika memang memiliki hobi memasak, bisnis ini akan sangat cocok dan dapat dijalankan tanpa ada beban. Untuk itu gunakan kekreatifan untuk membuat suatu makanan yang umum namun unik dan berbeda dari yang lain.

Itulah alasan dan beberapa bisnis online untuk mahasiswa yang dapat dijadikan referensi. Dengan memahami semua hal diatas tentunya akan jauh lebih mempermudah menjalankan bisnis online. Saat ini berjualan online pada situs jual beli online sudah ada sistem dropship tanpa modal ataupun sistem reseller yang membuat harga produk jauh lebih murah. Semua fitur ini tentu akan mempermudah mahasiswa yang bermodal kecil untuk menjalankan bisnis. (slk)