Oleh Ani Berta

Bukan saatnya lagi mengeluhkan masalah modal saat akan melakukan usaha. Peluang bisa digali dari apa saja. Manfaatkan kondisi era digital dengan pekerjaan serba digital dan lakukan pemetaan bisnis yang cocok dengan perangkat digital dan internet.

Bisnis Toko Online adalah peluang yang menjanjikan, dengan modal minim bisa dijalankan asalkan networking kuat dan promosi gencar di sosial media. Banyak perempuan inspiratif yang telah memulai bisnis toko online dengan modal yang tidak besar namun sekarang sudah maju dan sudah punya nama, diantaranya Riana Bismarak pendiri Belowcepek, Ria Miranda dalam toko online Ria Miranda Signature dan masih banyak lagi.

bisnis potensial melalui toko online

Marak toko online dengan berbagai produk yang serupa, jasa yang banyak persamaan dan sistem manajemen yang seragam. Dari data dan pasar yang ada, bisa dilihat apa yang belum ada dan sistem bagaimana yang belum dijalankan. Sehingga bisa menjadi yang terdepan dan unik. Kesempatan besar bisa didapatkan dari inovasi dalam menjalankan usaha.

Bisnis toko online tak hanya bisnis produk, bisnis jasa pun sudah merambah online. Misalnya kelas-kelas online yang mengajarkan Internet Marketing bagi para pebisnis atau calon pebisnis online yang ingin belajar untuk merintis usahanya. Internet Marketing yang dijalankan Anne Ahira telah mendulang sukses. Terlepas dari kontroversial terhadapnya. Bahkan Anne diundang sebagai salah satu pembicara APEC pada Tahun 2007.

Bisnis online memerlukan media promosi melalui online juga. Maka semua lini sosial media harus dikerahkan. Mulai website, blog, facebook, twitter, Instagram dan lain-lain harus dikelola dengan baik.

Modal utama dalam menjalankan bisnis online yang utama adalah skill dan membangun enggagement dengan followers sosial media tempat promosi. Hal ini memudahkan pemasaran dan mendatangkan profit serta jaringan yang kuat sehingga membangun fondasi bisnis yang kuat.

Yang dilakukan Riana Bismarak, Ria Miranda dan Anne Ahira adalah sebagian contoh perempuan yang tekun dan konsisten dalam membangun bisnis melalui branding di toko online. Semakin ditekuni semakin menuai hasil dan berkembang hingga kini. Jadi, tak ada alasan lagi untuk mengeluh saat ingin mendirikan usaha sendiri melalui online. Eksekusi ide dan nikmati prosesnya.