Ketika telah memiliki anak, terkadang ibu lupa menyayangi dirinya sendiri. Telat makan, lupa dandan, semuanya serba terburu-buru karena anak jadi prioritas. Kalau diteruskan dalam jangka waktu lama, ini akan menimbulkan efek negatif pada ibu. Munculnya penyakit, stress akan sangat lazim terjadi. Untuk itu me time sangat penting bagi ibu. Tentu ingin tetap me time tanpa harus keluar rumah kan ? Ini beberapa cara yang bisa dilakukan dalam rangka me time di waktu yang singkat untuk para ibu :

  1. Jauhi media sosial

Sumber : NewsZ

Ketika lelah dan ingin beristirahat sebaiknya kita melakukan sesuatu yang menenangkan. Dalam mengisi waktu luang, media sosial bukan pilihan yang tepat. Banyak hal yang lalu lalang di socmed, mulai dari yang bermanfaat sampai kurang bermanfaat, tidak ada filter. Ketika membaca sesuatu yang kurang bermanfaat, ini malah akan membuat ibu semakin stress, insecure atau merasa iri dengan postingan orang lain. Untuk menghindarinya, lebih baik kurangi bersosial media ya, Bunda?

  1. Membaca Buku

Sumber : EduCenter

Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyegarkan otak. Walaupun sudah jadi ibu, tentu Bunda perlu untuk terus belajar. Dengan membaca novel, bukan hanya hiburan dari cerita yang didapatkan namun juga banyak pengetahuan baru dan pelajaran hidup yang bisa diambil. Ini membuat me time Bunda begitu berfaedah.

  1. Olahraga

Sumber : Business Insider

Kalau anak lagi tidur, Bunda bisa melakukan sedikit peregangan badan. Cukup 10-15 menit, kegiatan ini akan memperlancar peredaran darah dan membuat tubuh kembali segar. Lakukan olahraga ringan di atas matras seperti push up, sit up, plank, squat dan gerakan lain yang tidak memerlukan banyak ruang dan bisa dilakukan di dalam rumah. Yoga dan pilates juga bisa jadi pilihan lain.

  1. Berkebun

Sumber : Klikdokter

Warna hijau dari tanaman tidak hanya menyegarkan mata, pun menyegarkan pikiran bunda. Menyemprot dedaunan bunga, atau memandangi tanaman bersama segelas teh mungkin bisa jadi alternatif me time.

  1. Membuat cemilan sehat

Sumber : Wilton.com

Ingat lho Bunda, kesehatanmu sangat berharga. Bukan hanya biaya rumah sakit yang mahal saja ketika ibu sakit, namun kini sudah ada anak yang punya hak atas diri kita. Menjaga kesehatan sangatlah penting. Selalu sedia cemilan sehat seperti buah-buahan yang simple (pisang, jeruk), buah kering, biskuit yang bisa bunda raih meski sedang menemani anak bermain sekalipun. Nah, saat me time tiba, Bunda bisa berkreasi membuat cemilan sehat seperti kukis dari bahan oat, bolu pisang, salad dan cemilan sehat lainnya.

  1. Merapikan rumah

Sumber : Real Living

Pada beberapa orang, stress akan berkurang ketika melihat lingkungan sekitar bersih. Ketika anak tertidur, Bunda yang senang bersih-bersih mungkin akan sangat senang merapikan buku-buku di rumah, membersihkan debu, merapikan kain atau bebenaha alat make up. Tidak hanya lingkungan yang bersih, stess bunda juga tersalurkan. Ketika melakukan hal yang disukai, hormon endorphin akan keluar dan menimbulkan perasaan bahagia.

Intinya lakukan hobi kita untuk mengisi waktu luang. Dari kegiatan di atas, yang mana yang juga jadi kegiatan me time andalan Bunda?(rah)