Paspor Indonesia (dokpri)

Setiap masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke Luar Negeri pasti butuh dong yang namanya paspor. Paspor itu diibaratkan sebagai identitas seperti KTP jika di Indonesia. Dan untuk kesatuan yang tinggal di bumi namanya tentu paspor. Dalam paspor tersedia informasi tentang negara asal pemegang paspor, nama lengkap, tanda tangan, tempat dan tanggal lahir, dan informasi penting lainnya yang diperlukan ketika ingin masuk ke negara lain.

Paspor yang merupakan sebuah kartu identitas siapapun yang mau ke luar negeri sangatlah dibutuhkan. Bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) tentu butuh namanya paspor. Begitupun yang juga ingin sekedar jalan-jalan menikmati negeri orang, juga butuh yang namanya paspor.

Banyak yang bilang katanya urus paspor itu sulit, bener apa tidak ya?

Kiranya, tidak sulit untuk membuat paspor yaitu cukup datang ke kantor imigrasi terdekat dan melakukan pengisian aplikasi di kantor imigrasi tersebut. Biasanya untuk mendaftar secara manual tersebut akan memakan waktu yang cukup lama dan bisa datang pada pagi hari sejak pukul 06.00 untuk menghindari antrian yang lama, dan juga untuk mendapatkan kuota. Kenapa disebut kuota, karena memang dalam pembuatan paspor terdapat jatah kuota pemohon setiap harinya. Biasanya batasan yang ada yaitu sekitar 200 pemohon setiap harinya.

Cara pembuatan paspor secara manual ternyata lebih lama dan ribet bukan. Mau cara lebih praktis yaitu cukup dengan melakukan pengisian secara online. Artinya pembuatan paspornya secara online saja. Namun untuk proses foto dan tanda tangan paspor tentu dilakukan dengan datang ke kantor imigrasi juga. Namun, lebih cepat prosesnya dibanding harus mengisi secara manual di kantor imigrasi. Bukan saja  saat pengantrian tersebut, untuk mendapatkan slot kuota cukup dengan online kembali dan bisa dengan mudah mendapatkan nomor antrian tanpa harus datang pagi hari ke kantor imigrasinya.

Pembuatan paspor secara online yang perlu diketahui yaitu bukan saja pembuatan paspor yang baru. Namun, bagi yang ingin memperpanjang paspornya juga bisa dilakukan secara pendaftaran online. Masa berlaku paspornya juga tetap sama yaitu lima tahun, dan 6 bulan sebelum masa berlaku paspor habis sebaiknya segera untuk memperpanjang paspornya tersebut.

Ohya, perlu diketahui juga bahwa dalam pembuatan paspor secara online ini bukanlah berarti elektronik paspor (e-passport). Memang paspor ada jenis paspor biasa dan ada paspor elektronik. Bedanya hanya saja jika e-passport data-data disimpan dalam bentuk chip yang tersimpan dalam data biometrik. Nah, dalam pembuatan paspor secara online tersebut, bisa ditentukan ingin paspor biasa atau e-passport.

Tentu saja yang namanya pembuatan sesuatu secara online maka data-data yang biasanya dalam bentuk hard copy maka harus berbentuk soft copy. Artinya segala macam pemberkasan dilakukan dengan menscan dokumen terlebih dahulu sebelum diupload ke website imigrasi.go.id untuk pembuatan paspor.

Untuk WNI, dalam pembuatan paspor yang diperlukan yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran atau surat baptis, Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, serta passport lama bagi yang ingin memperpanjang passport. Sedangkan untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia maka berkas persyaratan yang harus dipersiapkan yaitu KTP kedua orang tua yang masih berlaku, KK, Akta Kelahiran atau surat baptis, Buku nikah orang tua atau akta perkawinan, paspor biasa yang lama jika telah memilikinya.

Nah, setelah berkas dipersiapkan secara soft copy maka langkah selanjutnya yaitu masuk ke laman imigrasi.go.id. lalu arahkan kursor ke Layanan Publik kemudian pilih Layanan Paspor Online. Atau bisa juga dengan cara menklik gambar di bawah ini (jika pilihan tidak tersedia maka silakan scroll ke bawah bagian ‘untuk informasi’)

Sumber: imigrasi.go.id

Lalu pada halaman paspor online, pilih Pra Permohonan Personal.

Sumber: imigrasi.go.id

Lalu setelah pilih Pra Permohonan Personal, maka akan tersedia laman seperti di bawah ini:

Sumber: imigrasi.go.id

Maka kita isikan semua data yang dibutuhkan. Dan jangan lupa untuk memilih kantor imigrasi untuk pengambilan foto dan tanda tangan. Setelah semua diisi maka tekan menu lanjut.

Setelah itu maka akan ada tahap selanjutnya yaitu lakukan pembayaran. Pada laman berikutnya akan muncul informasi pembayaran dan konfirmasi permohonan. Setelah itu, akan dikirimkan bukti pengajuan paspor beserta detail biaya permohonan lewat email yang dimasukkan.

Dan jika setelah menerima email berupa pembayaran permohonan paspor maka lakukan pembayaran. Bukti pembayaran yang diterima dari bank, jangan lupa untuk memfotokopinya sebanyak 3 lembar dan menyatukannya dengan berkas persyaratan berupa dokumen yang dibutuhkan.

Langkah selanjutnya setelah ada bukti pembayaran maka kembali masuk ke laman imigrasi.go.id dengan masuk ke menu verifikasi. Pada menu verifikasi ini akan tertera jadwal untuk datang ke kantor imigrasi untuk proses foto dan tanda tangan. Setelah selesai menentukan tanggal untuk datang ke kantor imigrasi yang diinginkan maka langkah selanjutnya yaitu pemohon akan mendapatkan tanda terima pra permohonan pembuatan paspor melalui email.

Setelah menerima tanda terima pra permohonan maka mendatangi kantor imigrasi sesuai tanggal yang telah ditetapkan bagi pemohon. Jadwal buka kantor imigrasi yaitu senin sampai kamis dari pukul 07.00 hingga pukul 16.00 dan waktu istirahat pukul 12.00 sampai pukul 13.00. Sedangkan pada hari Jumat juga sama waktuya yaitu dari pukul 07.00 sampai pukul 16.00, dan waktu istirahat pada pukul 11.30 hingga pukul 13.00. Diharapkan kepada pemohon untuk dapat mengambil kartu antrian paspor pada laman https://antrian.imigrasi.go.id

Sumber: imigrasi.go.id

Saat datang ke kantor imigrasi jangan lupa memakai pakaian yang sopan dan rapi seperti kemeja selain warna putih. Dan saat di kantor imigrasi nantinya akan dilakukan proses melihat pemberkasan hingga wawancara berupa sebab dan tujuan pembuatan paspor dan lain sebagainya. Dan proses terakhir yaitu proses pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan saat wawancara dinyatakan lulus.

Setelah selesai, maka akan dilakukan pengambilan paspor pada 3 atau 4 hari kerja setelah proses pengambilan foto tersebut. Dan sebaiknya sebelum waktu yang ditentukan mengecek kembali Status Pra Permohonan yaitu untuk memastikan apakah paspor yang dibuat sudah jadi. Jika statusnya selesai maka paspor pun sudah jadi.

Memang lebih ringan biaya, dan hemat dalam waktu jika melakukan pembuatan paspor secara online. Mudah dong mengurus paspor secara online.(sae)