Bagi orang-orang yang telah menginjak dunia pekerjaan, dapat dipastikan telah mengetahui tentang BPJS ketenagakerjaan. Namun, bagi orang-orang awal yang baru saja lulus pastinya akan bertanya-tanya apa itu BPJS ketenagakerjaan. BPJS ketenagakerjaan adalah program perlindungan untuk tenaga kerja dengan kata lain asuransi sosial dari Lembaga Negara. Ternyata ada juga cara klaim BPJS online yang sangat mudah dan juga simpel.

Untuk mengklaim BPJS ketenagakerjaan tidaklah sulit karena sekarang ada cara klaim BPJS online yang dapat dilakukan secara praktis dan kapan saja. Dan juga jika mengklaim secara online, tidak perlu menunggu dan mengantri dengan antrian yang sangat panjang. Maka sebaiknya pilihlah cara mengklaim BPJS ketenagakerjaan secara online, karena akan lebih menghemat waktu dan yang paling penting menghemat biaya, berikut caranya:

  1. Buat Akun BPJS Ketenagakerjaan

Cara klaim BPJS online yang pertama adalah membuat akun BPJS ketenagakerjaan terlebih dahulu. Namun jika sudah memiliki akun, tidak perlu membuat akun lagi. Pengguna terlebih dahulu diharuskan masuk ke laman web BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah masuk ke laman web klik tulisan “ Daftar Pengguna”, setelah mengklik isikan data di laman tersebut dan klik SUBMIT DATA. Kemudian tunggu beberapa saat, akan ada email yang masuk, kode tersebut adalah kode aktivasi. Masukan kode aktivasi tersebut untuk masuk ke laman formulir berikutnya.

  1. Masukan Semua Data Yang Diperlukan

Cara yang selanjutnya adalah mengisi data yang diperlukan. Setelah tadi masuk ke laman formulir selanjutnya, disini para pengguna harus mengisi data-data yang di perlukan seperti Nama Lengkap, NIK, Tanggal Lahir, dan lain sebagainya sebagai langkah membuat akun BPJS Ketenagakerjaan.

Namun jika pengguna telah memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan, langsung saja masuk ke laman BPJS Ketenagakerjaan login dan loginlah ke akun yang telah dibuat. Jadi tidak perlu membuat akun lagi dan juga tidak perlu memasukkan data yang diperlukan, tinggal masuk saja ke laman webnya.

  1. Setelah Akun Aktif Dan Masuk Kelaman Menu

Setelah berhasil membuat akun, maka secara langsung akun akan aktif secara sendirinya. Lalu masuk ke laman BPJS Ketenagakerjaan login dan login ke akun yang telah dibuat tadi. Lalu akan masuk secara langsung ke menu, di sana ada banyak pilihan menu. Untuk mengklaim BPJS maka pilihlah menu E-Klaim JHT.

  1. Mengisi Keterangan

Setelah memilih menu E-klaim JHT, maka para pengguna akan masuk ke laman berikutnya. Di halaman berikutnya para pengguna harus mengisikan beberapa keterangan untuk proses selanjutnya. Keterangan tersebut seperti Nomor KTP dan juga jenis klaimnya, setelah itu klik submit form dan juga klik pilihan lanjutkan.

Perlu diingat bahwa dalam mengisi jenis klaimnya, orang yang bersangkutan harus benar-benara memikirkannya secara matang terlebih dahulu. Mengingat bahwa JHT ini merupakan jaminan hari tua nanti.

  1. Tunggu SMS Atau Email Yang Masuk

Tunggu beberapa saat, dan akan ada SMS atau email yang masuk untuk pin konfirmasi. Di laman berikutnya para pengguna harus mengisi formulir pengajuan e-klaim BPJS ketenagakerjaan. Para pengguna harus mengisi dengan informasi yang dibutuhkan seperti Nomor Konfirmasi, cabang BPJS yang paling dekat dan bisa dikunjungi, keterangan rekening dan juga meng-upload foto dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

  1. Simpan Data Yang Diperlukan

Setelah foto dokumen persyaratan berhasil di upload maka langkah selanjutnya adalah menyimpannya dengan mengklik Simpan. Setelah semua data persyaratan berhasil disimpan, maka akan ada email yang masuk tentang status klaim BPJS online.

  1. Tunggu 2 x 24 jam

Langkah atau cara selanjutnya adalah hanya perlu menunggu himbauan tentang pengajuan klaim yang tadi diajukan lewat email. Jika pengajuan telah diterima, maka orang yang bersangkutan harus datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan yang dipilih dengan membawa beberapa dokumen asli.  Jika pengajuan tidak diterima, maka orang yang bersangkutan harus memberikan dokumen yang diminta dari pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Itulah cara klaim BPJS online yang mudah dan juga simpel. Perlu diketahui bahwa jika ingin mengklaim BPJS ketenagakerjaan JHT, maka sebaiknya pikirkan terlebih dahulu secara matang. Karena uang BPJS Ketenagakerjaan JHT atau jaminan hari tua merupakan perlindungan untuk dimasa depannya. Jangan sampai uang tersebut digunakan foya-foya tanpa memikirkan masa depan di hari tua nanti.( hn)