Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi dengan Sitrun

Cara membersihkan kerak kamar mandi dengan sitrun adalah alternatif yang bisa dicoba untuk menjaga kebersihannya. Kamar mandi yang tidak dibersihkan secara rutin akan sangat mudah kotor. Jika terus dibiarkan kotor, maka sisa kotoran pada dinding dan keramik kamar mandi dapat berubah menjadi kerak.

Kerak tersebut akan membuat kamar mandi menjadi ruangan yang paling tidak nyaman di rumah. Tidak hanya itu saja, kamar mandi pun bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman. Sitrun atau citric acid adalah bahan kimia yang aman dan mudah digunakan untuk membersihkan kamar mandi. Sudah tahu bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Tahapan Membersihkan Kerak Kamar Mandi Dengan Sitrun

Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mencoba cara membersihkan kerak kamar mandi dengan sitrun, persiapkanlah alat dan bahan berikut ini:

  • Sitrun (citric acid), secukupnya
  • Deterjen, secukupnya
  • Air panas, secukupnya
  • Air dingin, secukupnya
  • Ember, 1 buah
  • Kuas, 1 buah

Cara Membuat Larutan Sitrun Untuk Membersihkan Kamar Mandi

Setelah alat dan bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, lakukanlah beberapa langkah berikut ini untuk membuat larutan sitrun. Pertama, tuangkanlah sitrun ke dalam ember sesuai kebutuhan Anda. Setelah itu, tuangkan juga deterjen dengan perbandingan yang sama.

Langkah berikutnya, tambahkanlah air panas secara perlahan-lahan ke dalam ember yang berisi sitrun dan deterjen sebelumnya. Air panas digunakan untuk mencampur sirun dan deterjen dengan sempurna. Berikutnya, tambahkan air dingin ke dalam ember yang sama. Gunakan kuas untuk mengaduk campuran di dalam ember hingga tercampur merata.

Proses Pembersihan Kerak Kamar Mandi dengan Sitrun

Setelah larutan sitrun yang dibutuhkan sudah selesai dibuat, kini Anda sudah bisa mencoba cara membersihkan kerak kamar mandi dengan sitrun. Anda hanya membutuhkan larutan sitrun dalam ember dan kuas yang sudah disiapkan. Bawalah larutan sitrun tersebut ke kamar mandi yang ingin dibersihkan.

Anda akan menemukan bagian-bagian pada keramik dinding kamar mandi, toilet, atau keramik lantai kamar mandi yang memiliki kerak atau noda menguning. Cara membersihkan kerak kamar mandi dengan sitrun yang sudah disiapkan pun bisa dimulai. Gunakan kuas dan rendam pada larutan sitrun. Lalu goreskan kuas secara berulang dan perlahan-lahan pada bagian yang terdapat kerak.

Anda tidak perlu menggunakan sikat dan mengeluarkan tenaga untuk menyikat kerak pada kamar mandi. Hanya dengan menggunakan kuas dan larutan sitrun, Anda cukup mengusapkan kuas berulang-ulang ke dinding dan lantai hingga keraknya menghilang.

Setelah semua bagian di kamar mandi telah Anda bersihkan menggunakan larutan sitrun, cobalah bilas dengan air. Anda akan menemukan kamar mandi menjadi bersih seperti baru kembali. Penggunaan sitrun memang lebih mudah dan tidak beresiko merusak keramik kamar mandi sehingga tidak perlu mengantinya.

Namun setelah membilasnya dengan air, mungkin Anda masih akan menemukan beberapa bagian yang belum bersih sempurna. Sisa noda kuning dari kerak mungkin masih terlihat, sehingga Anda perlu mengulang menggoreskan kuas pada bagian-bagian yang belum bersih tersebut.

Selanjutnya, ulangi membilas seluruh bagian kamar mandi dengan air dan lihatlah hasilnya. Jika seluruh bagian dalam kamar mandi tidak ada lagi yang berkerak, maka selesailah cara membersihkan kerak kamar mandi dengan sitrun. Bagaimana mudah sekali bukan?

Demikian tadi cara membersihkan kerak kamar mandi dengan sitrun yang bisa Anda coba sendiri. Larutan sitrun lebih aman digunakan, tetapi jika terkena mata harus segera dibilas dengan air ya!

Oh ya bagi Anda yang sedang berencana mengganti keramik kamar mandi Anda bisa mengunjungi blog dijabodetabek.id untuk ide desain kamar mandi minimalis atau keramik kamar mandi.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *