Cara Memperkuat Sinyal Wifi Komputer

Anda yang sering mengalami problem dengan sinyal Wifi yang naik turun, mungkin cara memperkuat sinyal wifi komputer yang akan kami berikan dalam artikel ini dapat membantu masalah Anda.

Jika Anda merasa loading lama saat mengakses suatu halaman di internet, bisa jadi itu karena sinyal wifi yang lemah sehingga proses transfer data kurang maksimal.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena menurut situs Pickme.pro permasalahan tersebut bisa di atasi dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

1. Mengubah Posisi Router

Seperti halnya sinyal pada smartphone di mana jika penerimaan sinyal kurang bagus, maka dianjurkan untuk mencari lokasi lain agar sinyal yang masuk bisa maksimal. Maka ini bisa diaplikasikan ke router wifi Anda.

  • Posisikan router wifi di tempat yang terbuka supaya penyebarannya bisa maksimal. Hindari menempatkan router pada tempat yang memiliki banyak penghalang, seperti ujung ruangan, dibawah meja, atau tempat sempit lainnya.
  • Posisikan router jauh di atas tanah. Karena material lantai mempunyai kualitas buruk untuk menyebarkan sinyal wifi.
  • Hindari menempatkan benda-benda yang memiliki medan elektromagnetik di dekat router. Karena akan memecah atau mengacaukan aliran sinyal wifi.

2. Mengarahkan Antena Router ke Posisi Yang Berbeda

Anda tentu tahu kalau router wifi memiliki dua buah antena untuk menangkap sinyal. Antena ini bisa diubah posisinya untuk mendapatkan sinyal yang lebih bagus.

Apabila salah satu antena menghadap ke atas, coba ubah posisi antena satunya ke samping. Lakukan uji coba sampai sinyal wifi di ruangan benar-benar bagus.

3. Coba Ubah DNS Komputer

DNS atau Domain Name System merupakan sebuah protokol yang berfungsi sebagai penerjemah sebuah halaman situs ke dalam alamat IP dan sebaliknya. Singkatnya, server ini akan memudahkan Anda dalam mengunjungi sebuah situs hanya dengan mengetik namanya saja tanpa harus mengetikkan alamat IP-nya.

Secara default, DNS yang dipakai adalah dari provider internet yang kita pakai. Misalnya Indihome, Myrepublic, First Media dan lainnya. Tetapi yang menjadi masalah adalah, DNS dari provider tersebut terkadang mengalami slow responding sehingga saat kita mengakses website proses loadingnya menjadi lama atau bahkan tidak terbuka.

Untuk itulah, kita harus mengubah DNS bawaan dengan DNS alternatif. Cara ini diklaim mampu meningkatkan kecepatan internet sampai dengan 20%.

Dan berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah DNS:

  • Buka control panel komputer Anda dengan menekan tombol Windows di keyboard lalu ketik Control panel.
  • Kemudian pilih Network and Internet – Network and Sharing Center.
  • Di sini Anda akan melihat jaringan internet yang sedang terhubung dengan komputer di bagian Connection.
  • Klik jaringan tersebut dan Anda akan dibawa ke jendela Connection.
  • Selanjutnya klik properties.
  • Kemudian pada jendela properties, klik 2 kali pada opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  • Nanti akan muncul tab baru, disinilah Anda bisa mengubah DNS.
  • Klik Use the following DNS server addresses untuk memasukan DNS secara manual.
  • Gunakan DNS alternative berikut.
    • Preferred DNS Server 208.67.222.222
    • Alternate DNS server: 208.67.222.220
  • Kemudian klik OK dan lakukan restart komputer Anda.

Setelah komputer hidup kembali, coba gunakan untuk membuka situs atau kalau mau lebih yakin gunakan untuk mendownload. Jika kecepatannya stabil artinya trik mengubah DNS yang barusan dilakukan berhasil.

Demikianlah bagaimana cara memperkuat sinyal wifi di komputer atau laptop yang bisa kalian coba. Jika sudah melakukan cara di atas namun permasalahan masih belum bisa diselesaikan, coba hubungi penyedia jasa ISP yang kalian pakai.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *