Manja adalah salah satu sifat yang terdapat pada anak dan apabila terjadi berlebihan akan menimbulkan dampak yang tidak baik nantinya. Di masa yang akan datang anak manja tidak akan bisa mandiri dalam menghadapi masalah hidupnya. Manja berlebihan pada anak juga sering menimbulkan permasalahan bagi orang tua terkadang sampai memalukan. Lalu bagaimana cara mengatasi anak manja?

  1. Biasakan Pola Hidup Mandiri Sejak Dini

Tidak ada salahnya memberikan bantuan kepada anak jika memang dibutuhkan, namun tidak akan baik jika berlebihan. Sedikit-sedikit memberi bantuan kepada anak hanya akan membuat anak menjadi tidak mandiri dan tidak mampu mengatasi masalahnya.

Lama kelamaan jika ini terjadi terus maka anak akan memiliki sifat manja dan bergantung kepada orang tua atau sekitarnya. Untuk itulah biasakan pola hidup yang mandiri sejak dini jangan dibantu selagi anak bisa mengerjakan sendiri. Dengan demikian anak tidak akan menjadi manja dan terbiasa hidup mandiri.

  1. Beri Penjelasan Sederhana dan Jujur Pada Anak

Jika anak manja memang akan sering kali menangis atau menyerah jika menghadapi sebuah masalah. Untuk itulah orang tua harus memberikan penjelasan sederhana pada setiap masalah yang anak hadapi.

Dengan memberikan penjelasan sederhana yang jujur maka anak akan lebih mudah memahami sikap orang tua. Jelaskan mengapa anak harus mengerjakan sendiri, kenapa tidak boleh minta bantuan orang tua atau yang lain. Dengan demikian anak akan paham jika mereka memang harus mandiri dan tidak manja.

  1. Berlakukan Hukuman Dan Pujian Untuk Anak

Agar anak tidak semakin manja maka berlakukan hukuman dan pujian dengan tegas. Jika anak melakukan hal baik seperti membuang sampah pada tempatnya, antri di depan kasir, membantu membawa belanjaan, beri lah pujian.

Namun sebaliknya beri hukuman jika anak tidak mau mengerjakan hal baik atau malah mengerjakan hal buruk. Seperti tidak mau membuang sampah, tidak mau membantu tanpa alasan dan hal buruk lainnya. Ini bisa jadi salah satu cara mengatasi anak manja dengan efektif.

  1. Konsisten

Sikap konsisten pada orang tua sangat perlu di jaga di sini agar anak disiplin dalam menjalankan peraturan yang diberlakukan. Jika orang tua tidak konsisten maka jangan harap anak bisa dikendalikan dengan baik oleh orang tua.

Hukum jika memang salah, puji jika memang benar jangan mengubah-ubah peraturan yang sudah disepakati dengan anak. Anak akan menjadi pribadi yang disiplin jika orang tua secara disiplin melakukan kewajiban dalam pengawasan anak.

Jika orang tua tidak bisa konsisten maka sifat manja lah yang akan muncul pada anak, anak akan merengek jika meminta sesuatu. Saat orang tua satu kali saja tidak konsisten dan menuruti kemauan anak, saat itu pula lah merengek menjadi senjata baru anak dalam meminta sesuatu.

  1. Libatkan Anak Dalam Kegiatan Sosial

Melibatkan anak dalam kegiatan sosial akan membantunya belajar banyak hal dari “the experience of life”. Belajar langsung dari kehidupan bersosial akan membantu anak mengontrol egonya, tidak lagi kolokan dan bisa memahami situasi.

Jika anak tidak pernah diajak bersosialisasi yang ada anak akan tergantung dan hanya mau bergaul dengan orang tuanya saja. Ini lah yang bisa menjadikan anak memiliki sifat cengeng dan manja.

  1. Jadilah Contoh Yang Baik Baginya

Anak adalah peniru yang baik, untuk itu jadi lah contoh yang baik juga bagi anak. Jika ingin mengatasi sifat manja pada anak maka orang tua tidak boleh bersikap manja. Kerjakan semua sendiri tanpa bantuan orang lain, dengan begitu anak akan menirukan apa yang orang tuanya lakukan.

  1. Jangan Berikan Apapun Dengan Mudah

Kelemahan orang tua adalah rasa kasih sayangnya yang terkadang berlebihan kepada anak. Memenuhi segala yang diminta anak dengan sangat mudah, mengiyakan apa pun yang dikatakan anak. Terkadang orang tua tidak sadar sikap seperti ini lah yang menyebabkan timbulnya sifat manja pada anak. Untuk mengatasinya jangan berikan apa yang diminta anak dengan mudah jadikan sebagai reward supaya anak ada kerja keras.

Demikianlah 7 cara mengatasi anak manja yang bisa diterapkan orang tua di rumah untuk membentuk karakter anak yang lebih baik. Dengan menghilangkan sifat manja sejak dini maka orang tua sudah memberikan masa depan yang baik pada anak. Anak akan lebih mampu untuk menghadapi dan mencari solusi sendiri dengan masalah yang terjadi di sekitarnya dan tumbuh menjadi pribadi yang solutif.(nkh)