Cara-Menggemukkan-Anak-Kucing-Kampung

Cara Menggemukkan Anak Kucing Kampung

Memiliki anak kucing yang sehat dan menggemaskan adalah impian semua pemilik kucing. Tak terkecuali, para majikan yang memelihara kucing kampung. Namun, karena ketidaktahuan pemilik kucing akan cara merawat kucing yang benar, banyak anak kucing kampung yang kurus. Anak kucing kampung kekurangan nutrisi, kurus dan pertumbuhannya terganggu. Untuk itu, kami akan membagikan cara menggemukkan anak kucing kampung agar tumbuh dengan cepat dan cantik. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini.

1. Atur Pola Makan Kucing sesuai Diet Plan yang Benar

Untuk bisa menggemukkan anak kucing kampung, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengatur pola makan. Pola makan di sini adalah mengatur jam makan dan jenis makanan yang dimakan oleh anak kucing. Jadi, mulai sekarang, kamu tidak boleh asal dalam memberikan makanan kucing.

Jam makan kucing:

  • Pagi: Sarapan jam 08.00. Berikan makanan basah agak banyak.
  • Siang: Makan siang jam 13.00. berikan snack kucing dan makanan kering kucing.
  • Sore: Makan sore dan makan malam sekitar jam 17.00.
  • Snack malam: Berikan sedikit snack kucing sebelum kamu pergi tidur. Dan kasih sedikit makanan kering di mangkuk makan kucing.

Pastikan takaran makan yang kamu berikan mencukupi kebutuhan kalori dan protein harian tubuh kucing. Setelah kucing mulai disiplin dalam hal makan, baru kamu tingkatkan porsi makan kucing sedikit demi sedikit.

Jenis makanan kucing:

Selain mengatur jadwal makan, kamu juga perlu mengatur jenis makanan kucing. Jika kamu memiliki budget berlebih, kami menyarankan untuk memberikan porsi makanan basah kucing dalam jumlah besar. Artinya, perbandingan makanan basah dan makanan kering kucing harus tidak seimbang. Harus lebih besar porsi makanan basah kucing, misalnya: 80:20.

  • 80% makanan kucing wajib berasal dari makanan basah, seperti wetfood, pate, makanan kaleng kucing, hingga rawfood. Tubuh kucing memiliki tingkat penyerapan nutrisi lebih tinggi saat mengolah makanan basah. Jadi, kalau mau cepat gemuk, porsi makanan basah perlu ditingkatkan.
  • 20% makanan kucing berasal dari makanan kering, seperti dryfood, & snack kucing kering. Makanan kering hanya untuk suplemen saja, biar anak kucing tidak bosan makan.

Catatan: Makanan kucing yang bersumber dari protein hewani sangat bagus untuk proses penggemukan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kamu melakukan diet plan untuk penggemukan kucing setidaknya 3 bulan. Artinya, kamu harus menjaga pola makan kucing secara ketat.

Bagi pemilik kucing kampung yang memiliki dana terbatas, ada cara alternatif. Kamu bisa membuat makanan kucing olahan dari daging ayam atau daging ikan yang dimasak dengan agar-agar plan. Hasil akhirnya nanti adalah makan basah kucing bernama pudding daging.

2. Berikan Makanan Bernutrisi Tinggi

Setelah kamu berhasil mengatur pola makan anak kucing kampung, langkah selanjutnya adalah meningkatkan asupan nutrisi kucing. Caranya mudah, berikan makanan bernutrisi tinggi untuk anak kucing kampung. As simple as that!

Berikut beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing agar cepat gemuk:

  • Protein.
  • Asam amino.
  • Lemak.
  • Asam lemak esensial.
  • Vitamin.
  • Mineral.
  • Karbohidrat.
  • Taurine.

Semua komponen makro nutrisi tersebut tersedia dalam sumber makanan hewani. Jika kamu ingin menggemukkan anak kucing kampung dengan cepat, berikan makanan dengan sumber hewani dan grain free.

Makanan basah kucing dan makanan kucing dari sumber hewani dan grain free memang lumayan mahal. Karena makanan kucing proses pembuatannya rumit dan bahan bakunya mahal. Tapi, jika kamu memberikan anak kucing makanan premium grain free, dalam waktu 3 bulan anak kucing kampung akan gendut dan punya bulu bagus. Hal ini karena kucing mendapatkan makanan bernutrisi tinggi setiap harinya.

3. Jaga Nafsu Makan Anak Kucing agar Tetap Tinggi

Ada kalanya, kamu sudah berusaha maksimal tapi anak kucing kampung mengalami penurunan nafsu makan. Ini tidak baik. Karena, biarpun kamu sudah membuatkan pola makan dan memilihkan makanan bernutrisi, jika tidak dimakan ya nggak ada perubahan. Maka dari itu, memastikan nafsu makan anak kucing kampung selalu tinggi itu penting.

Beberapa cara untuk menjaga nafsu makan anak kucing kampung agar selalu tinggi:

  • Pertama, pilihkan makanan basah kucing yang beraroma kuat dan rasanya lewat. Makanan beraroma kuat akan membuat kucing lahap saat makan. Karena aroma dapat meningkatkan nafsu makan anak kucing.
  • Kedua, ganti air minum kucing dengan air mineral yang bersih setiap hari. Kucing sangat menyukai air bersih yang mengalir. Ganti air minum kucing setiap hari agar kucing selalu senang minum. Kamu bisa memberikan tempat minum dengan model air mancur. Kucing yang terhidrasi dengan baik akan memiliki metabolisme yang baik sehingga tubuhnya sehat. Kucing yang sehat pasti memiliki nafsu makan yang stabil.
  • Ketiga, berikan multivitamin secara teratur. Kami merekomendasikan pemberian minyak ikan dan vitamin B kompleks 1-2 minggu sekali dalam masa penggemukan. Tujuannya untuk menjaga kesehatan kucing agar tidak mudah terserang penyakit. Anak kucing yang sakit akan mengalami penurunan nafsu makan secara mendadak. Jadi, cegah hal tersebut dengan rutin memberikan vitamin.
  • Terakhir, berikan perawatan grooming kucing yang maksimal. Selain untuk menjaga penampilan kucing, grooming kucing juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kucing. Dengan memiliki anak kucing yang sehat dan terhindar dari penyakit (jamur, kutu, bakteri, virus), anak kucing akan memiliki nafsu makan yang tinggi. Jadi, dia akan lebih cepat gemuk.

Untuk bisa menjaga nafsu makan anak kucing kampung tetap tinggi, kamu perlu disiplin dan peka terhadap hal-hal kecil. Karena perubahan itu berawal dari sesuatu hal yang kecil.

4. Berikan Perawatan Terbaik untuk Anak Kucing

Pada ulasan sebelumnya, kami telah menyinggung sedikit tentang perawatan kucing. Perawatan kucing adalah salah satu kunci penting dalam menggemukkan kucing. Dengan memberikan perawatan kucing secara maksimal saat masa penggemukan, anak kucing kampung akan lebih cepat gemuk.

Perawatan anak kucing akan membuat kucing tetap sehat, tingkat stres rendah dan nafsu makan tetap tinggi. Dengan begitu, proses pemberian nutrisi yang meningkat secara bertahap akan sukses.

Berikut ini beberapa perawatan anak kucing kampung selama masa penggemukan:

  • Sisir bulu anak kucing kampung setiap hari.
  • Mandikan anak kucing kampung 1 bulan sekali.
  • Jaga kesehatan kucing.
  • Segera lakukan pengobatan saat kucing terserang kutu dan jamur.
  • Berikan obat cacing kucing secara rutin sesuai berat badan kucing.

Sebenarnya, panduan perawatan anak kucing kampung di atas hanya rangkuman saja. Karena detailnya cukup panjang dan banyak istilah teknis. Jika kamu ingin mempelajari detail tutorialnya, silakan baca panduan praktis cara merawat anak kucing agar sehat dan cantik maksimal.

5. Rawatlah Anak Kucing secara Indoor

Langkah terakhir dalam cara menggemukkan anak kucing kampung adalah merawat anak kucing kampung secara indoor. Saat kamu merawat anak kucing kampung secara indoor, kamu mulai membatasi gerak si kucing. Dengan begitu, jumlah energi harian yang akan dikeluarkan kucing sedikit. Alhasil, hanya sedikit kalori yang terbakar.

Jika mengacu pada teori surplus kalori, kita dapat menggemukkan kucing dengan membuat kucing surplus kalori setiap harinya. Maksudnya gimana?

Artinya, kamu harus memastikan jumlah kalori yang masuk (energi masuk) harus lebih besar dari pada kalori yang keluar (energi keluar) dari tubuh kucing.

Singkatnya, surplus kalori = energi masuk > energi keluar.

Catatan:

1. Sumber energi masuk: makanan bernutrisi tinggi, multivitamin, dll.

2. Sumber energi keluar: aktivitas harian kucing, seperti bermain, berburu, jalan-jalan dan berlarian.

3. Surplus energi: makro nutrisi yang terserap di dalam tubuh kucing yang tidak terbakar menjadi energi dalam proses metabolisme tubuh. Makro nutrisi yang berlebih ini akan disimpan oleh tubuh anak kucing kampung dalam bentuk lemak, daging dan otot.

Balik ke topik pembahasan, merawat anak kucing kampung secara indoor, berarti kamu membatasi kegiatan anak kucing. Sehingga anak kucing akan mengeluarkan energi harian yang relatif rendah. Dengan asumsi, kamu memberi makan anak kucing meningkat setiap harinya, maka akan terjadi surplus kalori dalam waktu 2 minggu. Artinya, kucing pasti akan mulai gemuk secara bertahap.

Jika ingin teknik yang lebih cepat lagi, gunakan cara ini:

  • Pertama, steril kucing. Kucing yang telah disteril akan memiliki perilaku yang lebih kalem. Dan tidak agresif. Artinya, pengeluaran energi harian kucing lebih sedikit.
  • Kedua, taruh kucing di ruangan indoor ber-AC. Suhu dingin membuat kucing betah bermalas-malasan. Alhasil, pengeluaran energi harian kucing relatif kecil, sehingga bisa lebih cepat surplus kalori dan gemuk.

Teknik ini sudah teruji oleh para pemilik kucing indoor. Jika kamu punya budget cukup silakan dicoba. Lakukan steril kucing, rawat di ruangan indoor ber-AC dan beri makan anak kucing kampung dengan makanan bernutrisi tinggi.

Demikian pembahasan singkat cara menggemukkan anak kucing kampung. Jika ada pertanyaan, tulis unek-unek kamu pada kolom komentar di bawah.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *