Paru-paru adalah organ penting yang ada dalam tubuh manusia. Sistem pernafasan yang terjadi dalam tubuh manusia diatur oleh fungsi paru-paru tersebut. Oleh sebab itu penting menjaga kesehatan paru-paru agar dapat menopang kehidupan manusia sehari-hari. Mengetahui cara menjaga kesehatan paru paru dibawah ini sangat penting mengingat akan pentingnya paru-paru bagi tubuh manusia.

Cara Menjaga Kesehatan Paru Paru Dengan Mudah

Jika paru-paru adalah alat vital maka menjaganya agar tetap sehat adalah salah satu kewajiban.  Berikutnya ini adalah salah satu cara menjaga kesehatan paru paru yang dapat di contoh dan bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Tidak Merokok

Merokok adalah satu kebiasaan buruk yang dapat merusak paru-paru. Zat berbahaya yang terkandung dalam setiap batang rokok yang di hisap oleh manusia mengakibatkan komplikasi para paru-paru. Bahaya komplikasi juga dapat mengakibatkan munculnya kanker paru, asma PPOK dan juga dapat mengakibatkan Fibrosis paru idiopatik.

  1. Konsumsi Air Putih Yang cukup

Sebagian orang tidak mengetahui bahwa air putih memiliki banyak manfaat dalam tubuh. Aturan konsumsi air putih juga selalu dianjurkan dalam ilmu kesehatan. Tidak saja bermanfaat untuk paru-paru tetapi air putih adalah asupan mutlak bagi tubuh. Salah satu manfaat kebaikan air putih adalah mempermudah sistem kinerja paru-paru.

  1. Makan Makanan Mengandung Antioksidan

Makanan yang mengandung zat antioksidan sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Jenis asupan itu didapatkan dengan mengkonsumsi sayur mayor, buah-buahan  serta yang mengandung vitamin c.

  1. Hindari Berada Di Wilayah Yang memiliki Udara Kotor

Sebagaimana diketahui bahwa polusi udara adalah faktor utama penyebab kerusakan paru-paru. Terlalu banyak berada diluar ruangan mengakibatkan banyak menghirup udara yang terkontaminasi polusi berbahaya. Dengan menggunakan masker dapat mencegah dan meminimalisir masuknya udara kotor ke dalam tubuh.

  1. Hindari Makanan Yang Berakohol

Kandungan zat kimia pada alkohol dapat mengakibatkan penyempitan paru-paru. Alkohol jenis apapun adalah minuman yang sangat berbahaya tidak saja pada paru-paru bahkan kepada tubuh juga sangat mengancam kesehatan tubuh. Ganti minuman alkohol dengan jus buah segar maupun air mineral lainnya yang lebih sehat.

Beberapa Makanan Yang Dapat Menyehatkan Paru-Paru

Selain cara diatas menjaga paru-paru agar tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan di bawah ini. Sebagaimana diketahui bahwa mengkonsumsi yang banyak mengandung anti oksidan dapat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru adapun jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Wortel

Sering terpapar panas dan polusi udara dapat mengakibatkan paru-paru menjadi kotor dan mengandung lendir yang akan mengakibatkan kanker. Salah satu makanan yang dapat berfungsi untuk membersihkan paru-paru adalah wortel. Zat karotenoid yang terkandung pada wortel juga dapat meringankan asma, serta dapat mengurangi risiko kanker paru-paru pada manusia.

  1. Salmon

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa salmon adalah salah satu makanan yang sangat bermanfaat pada kesehatan paru-paru. Terlebih kepada penderita asma yang diakibatkan penyempitan pada paru-paru. Asam omega 3 yang terdapat dalam salmon dapat meringankan gejala asma dan sesak nafas.

  1. Alpukat

Polusi udara tidak saja membuat paru-paru mengalami penyempitan, namun dapat menyebabkan resiko kanker. Makanan ini tidak saja memiliki rasa yang lezat namun juga dapat berfungsi melindungi paru-paru dari kanker yang sangat berbahaya dan mengancam jiwa manusia yang mengidapnya.

  1. Buah Beri

Dan makanan yang berikutnya yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah buah beri. Pola hidup sehat sesungguhnya adalah tahu cara tepat makanan apa yang harus dikonsumsi, dan seberapa banyak kita boleh mengkonsumsi. Buah beri dianjurkan untuk dikonsumsi namun sesuai porsi ideal tidak terlalu banyak asalkan rutin. Selain menjaga kesehatan  beri juga dapat membantu meringankan infeksi pada paru-paru.

  1. Sayur Brokoli

Salah satu cara menjaga kesehatan paru paru adalah selain melakukan pola hidup sehat adalah mengkonsumsi sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan paru-paru. Selain itu juga brokoli juga dapat bermanfaat untuk membuang racun yang terdapat paru-paru karena sayuran ini mengandung antioksidan.

Cara menjaga kesehatan paru paru diatas adalah cara sederhana dan sangat mudah dilakukan. Menjaga lebih baik daripada menyembuhkan. Paru-paru adalah organ yang membutuhkan asupan yang dapat meningkatkan kinerja paru-paru.(slk)