Setiap orang tua pasti selalu menginginkan anaknya tumbuh sehat. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan memberikan makanan yang bergizi seperti buah-buahan dan sayuran. Sayangnya, tidak semua anak menyukai sayuran. Anak-anak cenderung lebih menyukai jajanan yang penuh warna warni dan tidak terjamin gizinya.

Seringkali, makanan yang ibu buat tidak disentuh sama sekali oleh anaknya karena ada sayuran di dalamnya. Teramat sulit membujuk anak untuk mau makan sayur. Padahal, nutrisi sayuran sangat penting untuk pertumbuhan anak.

Tidak perlu bingung jika ibu-ibu mengalami keadaan yang demikian, karena ada banyak cara mudah yang bisa ditempuh supaya anak lebih suka dengan sayuran.

  1. Beri Contoh Dengan Tokoh Favorit

Berilah pengertian betapa pentingnya sayuran kepada si anak dengan bahasa yang mudah dipahami. Beri tahu mereka bahwa sayuran itu membuat tubuh kuat dan pintar, seperti tokoh Popeye di film kartun yang kuat setelah makan bayam. Bagi anak yang sudah berusia sekolah, kenalkan mereka pada mantan presiden Habibie, yang pandai karena semangat belajar dan hobi makan sayuran hijau.

  1. Bekal Makanan Anak Dikemas Lebih Menarik

Bekal makanan yang berisi sayuran dapat dibuat lebih menarik. Bisa dengan cara memodifikasi tampilan makanan sedemikian rupa, seperti menghias bekal nasi layaknya gambar wajah orang atau tokoh kartun dan memakai wortel sebagai hidung atau bayam sebagai rambut di kepala. Cara seperti ini awalnya untuk merangsang anak agar tertarik pada tampilannya, lalu tergoda untuk mencicipi makan tersebut.

  1. Modifikasi makanan

Cara gampang lainnya membuat anak suka makan sayuran adalah dengan cara memodifikasi rasa makanan. Misalnya, mencampur sayuran dengan daging yang dihaluskan dan dibentuk menjadi bintang, ikan atau bentuk benda-benda lain yang mungkin mengundang ketertarikan anak. Jika anak suka dengan mie, ibu bisa membuat mie sendiri dari adonan tepung yang sudah dicampur dengan sayur yang diblender halus. Dengan cara seperti ini, anak secara otomatis mendapatkan asupan sayuran saat menikmati mie kegemarannya.

  1. Jajanan sehat

Jika anak tidak suka sayuran sebagai teman makan nasi, ibu bisa mengakali dengan memberikan sayur sebagai cemilan. Misalnya,  pastel yang ada wortel di dalamnya, kripik bayam, dan aneka kreasi cemilan dari sayuran lain yang bisa Anda ciptakan sendiri.

Selamat mencoba. (Munasyarotul Fadlilati )