Salah satu cara merawat kesehatan rambut adalah dengan rajin menggunakan masker rambut. Tidak perlu ke salon, sekarang kamu bisa mengaplikasikannya secara rutin dengan menggunakan bahan-bahan alami di rumah.

Masker Telur

Vitamin A dan vitamin B12 yang terkandung di dalam telur sangat baik untuk memerbaiki dan merawat rambut, sehingga masker ini cocok untuk merawat rambut rontok karena dapat memerkuat akar rambut dan memercepat proses pertumbuhan rambut. Caranya adalah dengan mencampurkan dua butir telur yang sudah dikocok dan dicampur dua sendok air panas. Oleskan pada bagian rambut dan kulit kepala, pijat secara pelan dan teratur, diamkan selama 10-15 menit sampai masker meresap ke dalam kulit kepala, baru setelah itu bilas menggunakan air dingin hingga bersih. Untuk menghilangkan bau amis, kamu bisa langsung mencuci rambut menggunakan sampo dan kondisioner seperti biasa.

Masker Susu dan Madu

Kedua bahan ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi manfaatnya. Bagi tubuh, susu dan madu tentu saja menghasilkan banyak kebaikan. Tidak terkecuali untuk rambut, karena itu kedua bahan ini cocok digunakan sebagai masker. Caranya adalah dengan mencampurkan 100 gram susu dengan satu sendok makan madu, aplikasikan pada seluruh rambut, pijat secara pelan, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan sampo seperti biasa dan hingga benar-benar bersih.

Masker Santan

Selain digunakan untuk bumbu masakah, santan ternyata juga berguna untuk kesehatan rambut karena memiliki banyak nutrisi yang baik untuk batang rambut dan kulit kepala. Karena itu, santan juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat masker rambut. Siapkan kurang lebih 50 ml santan kental, usapkan ke seluruh batang rambut secara merata, bungkus rambut menggunakan handuk hangat, diamkan sekitar 1 jam, setelah itu bilas dengan air hangat dan bersihkan dengan sampo hingga bersih.

Masker Minyak Zaitun

Untuk membuat masker rambut, minyak zaitun bisa dicampur dengan beberapa macam bahan lain, berikut diantaranya:

  • Minyak Zaitun dan Madu. Caranya cukup dengan mencampukan tiga sendok teh minyak zaitun dengan dua sendok makan madu, balurkan pada seluruh batang rambut, lakukan pijatan ringan, diamkan sekitar 30 menit, lalu bersihkan dengan sampo dan bilas hingga bersih.
  • Minyak Zaitun dan Telur. Campurkan lima sendok teh minyak zaitun dengan dua butir telur, balurkan pada seluruh batang rambut, lakukan pijatan secara pelan, bungkus rambut dengan handuk hangat atau shower cap, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dan bersihkan dengan sampo hingga bersih.
  • Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa. Buat campuran dari minyak kelapa dan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1, Oles secara merata pada rambut, tutup rambut menggunakan shower cap dan tunggu sekitar 15 menit, terakhir bilas dengan air hingga bersih.

Masker Alpukat

Selain enak dimakan, buah alpukat ternyata juga bisa mencegah dan mengatasi rambut rontok. Karena itulah buah satu ini cocok digunakan sebagai masker rambut. Pilihlah satu buah alpukat yang sudah matang, ambil dagingnya, haluskan menggunakan blender, balurkan ke seluruh batang rambut, pijat secara pelan, diamkan selama 15-20 menit, baru setelah itu bilas menggunakan sampo hingga bersih. Untuk menambah khasiat makser, bisa juga dengan menambahkan satu sendok makan madu dan dua sendok makan minyak zaitun ke dalam alpukat yang sudah dihaluskan, baru setelah itu balurkan ke seluruh batang rambut.

Masker Teh Hijau

Kandungan antioksidan di dalam teh hijau yang baik bagi tubuh, ternyata juga bisa memberikan manfaat untuk rambut rusak dengan merangsang pertumbuhan rambut baru sehingga rambut lebih tebal dan sehat. Cukup dengan menggunakan dua kantong teh hijau yang direndam dengan air panas, tunggu hingga seduhan teh menjadi hangat baru oleskan pada seluruh batang rambut hingga kulit kepala. Jangan lupa lakukan pijatan agar teh meresap ke dalam kulit kepala dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bersihkan menggunakan air, baru setelah itu cuci rambut menggunakan sampo hingga benar-benar bersih.(ew)