Setiap orang punya jenis kulit dan permasalahannya masing-masing. Salah satu masalah yang cukup ekstrim yaitu kulit sensitif. Kulit sensitif dapat muncul baik pada wanita berkulit kering maupun berminyak.

Ada beberapa penyebab kulit sensitif dapat muncul. Kadar hormon yang tidak stabil (naik/turun), paparan sinar ultraviolet sampai penggunaan produk perawatan wajah, atau riasan yang mengandung bahan yang tidak sesuai dengan kulit wajah. Mungkin kita tidak asing dengan nama paraben sebagai pengawet produk kecantikan, SLS (Sodium Lauryl Sulfates) pembersih minyak dan kotoran, logam berat seperti timbal dan aluminium, dan mercuri yang diketahui sebagai agen pemutih. Bahan-bahan ini mungkin terkandung dalam produk yang kita pakai dalam kadar yang bervariasi. Dalam beberapa kasus, bahan-bahan ini menimbulkan reaksi, walaupun dalam kadar yang sedikit.

Tentu ini membuat hari-hari kita menjadi tidak nyaman serta kurang percaya diri karena muka merah-merah. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk merawat kulit sensitif.

1.Banyak minum air putih

Sumber : okezone.com

Seperti yang kita tahu lebih dari 90% tubuh kita terdiri dari air. Apabila tubuh kekurangan cairan, akan timbul beberapa tanda seperti dehidrasi, sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah, kulit kering bahkan pada wajah dapat membuatnya menjadi kusam. Mengonsumsi air putih minimal 1,5 L per hari baik untuk tubuh dan tentunya akan menjaga kondisi kulit wajah tetap sehat.

  1. Cukupi konsumsi buah dan sayur

Sumber : Tumblr

Buah dan sayur merupakan sumber vitamin bagi tubuh. Keberadaannya dalam diet harian menjadi wajib. Buah dan sayur akan membuat tubuh dan tentunya kulit wajah menjadi cerah dan ternutrisi. Semahal apapun perawatan wajah yang kita gunakan, apabila kulit kita tidak ternutrisi dengan baik dari dalam, kondisinya tentu tidak maksimal.

3.Cermat dengan kandungan kimia dalam produk

Sumber : Hello Sehat

Seperti yang telah disebutkan di atas, kita perlu teliti dalam memilih produk yang dipakai. Membiasakan diri untuk membaca kandungan dari suatu produk perlu untuk dilakukan. Dengan begini kita akan lebih berhati-hati dalam membeli produk. Selain kandungan kimianya, perlu juga memperhatikan tanggal kadaluwarsa serta sertifikasi dari produk tersebut. Produk yang baik tentu telah memiliki sertifikasi halal dari MUI, BPOM ataupun ISO90001.

4.Minimalisir penggunaan produk kecantikan

Sumber : Futuready

Jangan mudah tergoda mencoba produk baru, apalagi ketika kita tahu kulit kita cukup sensitif. Produk yang baru belum tentu cocok untuk kulit. Penting sekali untuk mengenal lebih dalam tipe kulit kita, agar tidak salah pilih dalam menggunakan suatu produk kecantikan. Dengan menggunakan produk seminimal mungkin sesuai kebutuhan kita, akan mengurangi risiko munculnya tanda-tanda kulit sensitif.

5.Gunakan produk yang alami

Sumber : Hipwee

Apabila ingin tetap menggunakan produk kecantikan, lebih baik pilih produk yang alami. Produk alami disini dapat berupa bahan-bahan yang memang alami untuk kulit seperti minyak zaitun, atau produk pabrikan dengan komposisi bahan kimia yang lebih sedikit. Seperti pada produk yang berasal dari ekstrak tumbuhan. Produk ini biasanya memiliki komposisi bahan kimia yang lebih sedikit, sehingga lebih aman bagi kulit wajah.(rah)