Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas SD

Proposal adalah hal utama ketika hendak melakukan riset. Contoh proposal penelitian tindakan kelas atau PTK adalah salah satu upaya untuk meneliti sistem dan metode yang perlu dikembangkan dalam sebuah kelas untuk menemukan formula yang tepat dalam mengajar.

Proposal PTK sendiri umumnya terdiri menjadi beberapa bagian yang dimulai dari latar belakang dan ditutup dengan metode penelitian. Bagi yang ingin sekali membuat sebuah proposal PTK namun bingung bagaimana memulainya, simak contoh ini.

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas SD

  1. Latar Belakang Masalah

Guru telah lama menyadari bahwa keterlibatan siswa sangat penting untuk pembelajaran mereka di kelas. Jika siswa tidak memperhatikan materi, mereka tidak akan mempelajarinya.

Siswa dengan ketidakmampuan belajar atau masalah emosional membutuhkan lebih dari dua atau tiga menit untuk menyelesaikan tugas mereka dibandingkan siswa lainnya. 

Ketika siswa fokus dari materi pendidikan yang disampaikan gurunya, maka prestasi akademiknya juga meningkat. Minat pada kelas meningkatkan motivasi intrinsik siswa untuk belajar. Para peneliti telah mengidentifikasi dua jenis minat yang memacu siswa untuk mau memperhatikan gurunya di kelas. 

Pertama, minat situasional adalah spontan, sementara, dan lingkungan diaktifkan (Krapp et al., 1992), sedangkan yang kedua adalah minat pribadi yang muncul kurang spontan, dan diaktifkan secara internal (Schiefele, 1999). 

Minat situasional sering mendahului dan memfasilitasi pengembangan minat pribadi (Krapp et al., 1992). Minat situasional tampaknya menjadi sangat penting dalam menangkap perhatian siswa. 

  1. Rumusan Masalah

Strategi apa saja yang bisa dilakukan guru untuk meningkatkan minat siswa pada materi di kelas?

  1. Tujuan Penelitian

Mengeksplorasi strategi-strategi yang dapat diterapkan oleh guru di setiap tingkat kelas untuk meningkatkan minat belajar siswa saat di kelas.

  1. Landasan Teori

Makalah ini mengeksplorasi tiga cara untuk meningkatkan minat situasional di kelas. Minat situasional didefinisikan sebagai minat sementara yang muncul secara spontan karena faktor lingkungan seperti instruksi tugas atau teks yang menarik.

Guru harus memandang minat sebagai tanggung jawab mereka, ia perlu secara aktif memilih materi yang menarik, dan menciptakan lingkungan kelas yang meningkatkan minat siswa. Ada tiga strategi umum untuk meningkatkan minat siswa dalam kelas yaitu:

(a) menawarkan kepada siswa pilihan-pilihan materi yang bermakna

(b) hati-hati memilih teks yang terorganisir dengan baik

(c) membantu siswa untuk mengakses pengetahuan yang sesuai tentang teks atau tugas. 

Minat situasional memainkan peran penting dalam belajar. Peneliti meninjau penelitian terbaru tentang peran guru, teks, dan pengetahuan sebelumnya tentang minat. Semua variabel ini meningkatkan minat yang pada gilirannya meningkatkan pembelajaran. 

Minat situasional bersifat lunak, artinya guru dapat melakukan banyak hal di kelas untuk meningkatkan minat. 

  1. Metode Penelitian

Penelitian dilakukan dengan kuesioner kepada siswa SD Anugerah Indah, Jayakusuma, Semarang yang kemudian data diolah dengan SpSS.

Referensi: Contohproposal.id

Contoh proposal penelitian tindakan kelas di atas memiliki tema mengenai cara untuk tingkatkan minat siswa agar semangat dalam memperhatikan guru di dalam kelas.Apapun tema yang mungkin Anda angkat nantinya, pada dasarnya skema penulisannya sama. Anda bisa perhatikan contoh proposal penelitian tindakan kelas untuk menulis struktur yang tepat.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *