Siapa yang mengenal GoJek atau Grab – atau yang lebih global lagi, Uber? Ketiga yang disebutkan itu merupakan layanan transportasi online yang banyak dikenal masyarakat. Dua yang disebutkan pertama merupakan pemain utama dalam kancah transportasi online di Indonesia, sementara yang terakhir terpaksa harus merger dengan Grab (di Indonesia) karena kalah pamor. Sebenarnya adakah dampak positif transportasi online secara umum?

Tak hanya mengenai transportasi online, dalam banyak hal sisi negatif memang selalu mengundang rasa penasaran dibandingkan sisi positifnya. Padahal ada banyak efek positif yang dirasakan oleh masyarakat akan keberadaan jasa angkutan transportasi online. Berikut di bawah ini beberapa fakta mengenai dampak positif dari keberadaan transportasi online:

  1. Kemudahan Penumpang Mendapatkan Angkutan

Satu dampak positif transportasi online yang paling dapat dirasakan yaitu mudahnya penumpang dalam mendapatkan angkutan. Penumpang tak perlu lagi berjalan mencari pangkalan angkutan umum, namun cukup melakukan pemesanan perjalanan melalui aplikasi. Ada tidaknya angkutan yang tersedia, penumpang akan mendapatkan pemberitahuan. Dengan begitu penumpang tidak perlu mencari-cari angkutan dalam ketidakpastian.

Selain itu, sistem transportasi online ini juga tidak mengharuskan penumpang untuk berjalan jauh menghampiri angkutan. Hal ini dikarenakan angkutan yang dipesan akan menghampiri penumpang di titik penjemputan yang telah disepakati bersama. Artinya penumpang mendapatkan hak dan keistimewaan yang tidak diberikan oleh moda transportasi umum konvensional.     

  1. Lebih Murah

Tak diragukan lagi transportasi online memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan dengan transportasi umum konvensional serupa. Misalnya saja, untuk jarak yang sama ojek pangkalan akan menetapkan tarif sebesar Rp25.000, sedangkan transportasi online hanya membutuhkan sekitar Rp15.000. Hal ini disebabkan oleh banyaknya promosi yang disediakan oleh penyedia layanan transportasi online.

  1. Banyaknya Pilihan Layanan

Penyedia jasa transportasi online memiliki banyak pilihan layanan sesuai dengan kebutuhan penumpang. Tak hanya angkutan untuk mobilisasi, melainkan juga layanan lain seperti jasa kurir hingga layanan pesan dan antar makanan. Adanya berbagai layanan ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menentukan jasa transportasi apa yang diperlukannya.

  1. Mengurangi Penggunaan Uang Cash

Seiring dengan perkembangan ekonomi dunia, semua negara berusaha untuk mengurangi penggunaan uang cash. Alasannya adalah untuk mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat. Fungsi uang ini kemudian digantikan dengan menggunakan layanan kartu kredit, debit, serta e-money. Kondisi ini tentunya sejalan dengan kebijakan dari Bank Indonesia yang turut berupaya untuk menekan peredaran uang cash di Indonesia.

Penyedia layanan transportasi online sendiri memiliki aturan kebijakan adanya pemotongan harga jika tidak melakukan pembayaran transaksi secara cash. Baik GoJek melalui layanan GoPay maupun Grab yang bekerja sama dengan OVO, memiliki kebijakan demikian. Selain itu, dengan membayar transaksi menggunakan GoPay ataupun OVO juga akan mendatangkan beragam bonus dan keuntungan.   

  1. Layanan Profesional

Berkat adanya penyedia layanan transportasi online, tak sedikit mitra pengemudi yang menjadikannya sebagai profesi utama. Bahkan sebagian besar dari mereka sengaja menyiapkan moda angkutan baru yang dilengkapi dengan beragam asuransi. Terlebih lagi, dengan adanya perbaikan sistem yang terus dilakukan, layanan transportasi online memberikan keuntungan bagi semua belah pihak.   

  1. Aman

Keamanan layanan transportasi online lebih terjamin dibandingkan dengan layanan transportasi umum konvensional. Hal ini dikarenakan oleh penumpang memiliki data pengemudi yang akan mengantarkannya ke tempat tujuan. Itu merupakan salah satu bentuk langkah preventif yang diberikan oleh penyedia layanan transportasi online untuk memberikan rasa aman bagi penumpang. Selain itu, sistem rating yang diberikan juga dapat digunakan sebagai acuan dalam memilih pengemudi dan penumpang.

  1. Fleksibel

Tak bisa dipungkiri bahwa moda transportasi online memiliki waktu operasional yang fleksibel. Di mana pengemudi diberikan keleluasaan kapan waktu yang diinginkan untuk mencari penumpang. Oleh sebab itu, dapat dipastikan bahwa selama 24 jam penumpang dapat menemukan moda transportasi online, khususnya bagi yang berada di kota besar.

Keberadaan moda transportasi online memang sangatlah membantu masyarakat secara luas. Ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan angkutan kapan pun dan di mana pun, selama wilayah tersebut termasuk dalam daerah layanan perusahaan. Melihat banyaknya dampak positif transportasi online, perlu kiranya diberikan apresiasi, baik bagi perusahaan penyedia layanan maupun bagi mitra pengemudi yang bergabung.(slk)