Desa Condongcatur, Kecamatan Depok Kabupaten Sleman menjadi salah satu destinasi field trip pada Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Kelembagaan PUG dan Capaian Kinerja Pelaksanaan PUG melalui Pembelajaran Praktik Terbaik Kelembagaan dan Pelaksanaan PUG Di Daerah Tahun 2019 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu oleh Kementerian PPPA dalam hal ini Deputi Kesetaraan Gender. Desa ini dipilih bersama 2 Desa lainnya yaitu Desa Wukirsari dan Desa Sumberharjo untuk menjadi Desa Percontohan di Kabupaten Sleman. Fyi, Kabupaten Sleman, D.I.Y ini telah menyabet Predikat APE (Anugrah Parahita Ekapraya) sebagai Mentor sehingga diharapkan Desa-Desa dan Wilayah-wilayah lain yang belum mendapatkan APE untuk dapat mengambil pembelajaran dari Wilayah ini dalam mengimplementasikan PUG di daerahnya.

Nah, Tim Serempak mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Desa Condongcatur tepatnya di padukuhan Joho bersama dengan Para Peserta Bimtek Perwakilan dari 16 Provinsi beserta Asdep Kesetaraan Gender bidang Infrastruktur dan Lingkungan Kementerian PPPA, Ibu Niken Kiswandari nih.  Simak yuk Perjalanan kami di Desa Condongcatur ini.

Desa Condongcatur memiliki Luas Kurang Lebih 950 Ha dengan Jumlah Padukuhan sebanyak 18 Padukuhan. Adapun yang Kami kunjungi Kemarin, Salah satunya adalah Padukuhan Joho yang sangat Ramah Lingkungan. Di Padukuhan Joho tersebut suasananya sangat Asri dan Bersih dari Sampah dan terdapat pula sumber mata air yang sering digunakan oleh Masyarakat di Padukuhan Tersebut.

Menurut penuturan dari Kepala Desa Condongcatur, Bapak Reno Candra Sangaji, SIP., di Desa ini terdapat 48.841 Jiwa Dimana Laki-Laki lebih banyak dari Perempuan. Akan tetapi, Jumlah Kepala Keluarga Perempuan juga Kurang Lebih ada 1.413 KK dari total keseluruhan KK sebanyak 17.784. Desa Condongcatur ini menjadi Desa yang sudah cukup baik dalam mengimplementasikan Strategi PUG dibuktikan dengan Prestasinya Pada Tahun 2018 sebagai berikut :

  1. Juara 2 Lomba Masak Bahan Dasar Jagung Tingkat Kabupaten
  2. Juara 2 Lomba Simulasi GN-AKSA Tingkat Kabupaten
  3. Juara 2 Lomba Tes IVA Tingkat Kabupaten
  4. Juara 2 Lomba Upacara Adat Tedak Siten Tingkat Kabupaten
  5. Juara 1 Lomba USEP dan KUBE Berprestasi Tingkat Kabupaten
  6. Juara 5 Desa Ramah Anak Tingkat Kab. Sleman (2018)
  7. Juara 1 Bina Keluarga Balita Tingkat Provinsi DIY (2018)
  8. Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) dari BNN Pusat pada tanggal 09 Desember 2018, Desa kedua setelah Desa di Bali
  9. Motivator Kesetaraan dan Keadilan Gender Tingkat Kab. Sleman (2018)
  10. Kampung KB di Padukuhan Gempol (2018)
  11. Persamaan Gender untuk Desa Condongcatur (ada dua perempuan yang menduduki Jabatan di Aparatur Pemerintah Desa)
  12. Juara 1 Penyelamat Lingkungan di Padukuhan Joho Tingkat Kab. Sleman (2018)
  13. Juara 1 Green and Clear di Padukuhan Joho Tingkat Kab. Sleman (2018).

Keren banget kan.. Sahabat Serempak! Di Desa tersebut, sudah memakai Tenaga Matahari dalam Pemakaian Energi untuk Lampu di Luar Rumah Lho, kemudian di beberapa Tempat, desa ini sudah memasang lubang biopori sebagai penyerapan Air Tanah, Terdapat juga papan Informasi ketinggian air di sungai pada wilayah tersebut dan yang paling penting, Warga di Desa ini tidak membuang Sampah di Sungai. Tempat-Tempat sampah di Desa ini sudah dibuat secara Terpilah untuk Sampah Basah dan Sampah Kering yang dapat di Daur Ulang di bank sampah yang di Kelola juga oleh Ibu-Ibu di Desa Tersebut. “Condongcatur, Rumah Kita Bersama” Itulah Slogan yang diusung di Desa tersebut. (rh)