Setiap perempuan, pasti mendambakan kulit, terutama wajah yang bersih dan bebas dari kusam, jerawat, bahkan komedo. Namun masih banyak juga perempuan yang memang belum mengetahui, belum mengerti, atau bahkan malas melakukan rutinitas double cleansing di kesehariannya. Padahal, double cleansing ini sangat penting demi mendapatkan kulit wajah yang sehat.Sumber Foto : Female Daily

Apa itu Double Cleansing?

Double cleansing adalah teknik membersihkan wajah dengan dua langkah atau ganda. Selain keuntungan di atas, yang akan kita dapatkan dari double cleansing adalah kulit yang terasa segar, lembab dan tampak bercahaya.

Mengapa double cleansing harus dilakukan?

Sehari-hari, jika akan keluar rumah, kita pasti memperhatikan penampilan, khususnya make up wajah. Biasanya kita menggunakan berbagai produk make up untuk wajah, yang dimulai dari pemakaian dasar riasan seperti primer baik yang teksturnya berbentuk cream atau yang silicon base. Memberi efek positif setelah primer, tentu diikuti alas bedak (foundation, baik yang cair (liquid) hingga yang cream dan alas bedak 2 in 1 (powder foundation). Tak cukup di situ, bagi kita yang memiliki kekurangan di wajah seperti mata panda, jerawat dan bekasnya, maupun pori-pori besar, sudah pasti menggunakan color corrector dan concealer demi menutupinya. Tak lupa, bedak tabur (loose powder) dan bedak padat (two way cake), juga pasti akan kita pakai demi mengunci dasar riasan tersebut. Blush on, bronzer, counture hingga highlighter, juga sudah pasti tak boleh dilupakan demi kecantikan yang maksimal. Saat kita keluar rumah, segala debu dan kotoran, juga ikut menempel pada wajah kita.

Nah, sesampainya kita di rumah lagi, penumpukan bahan-bahan kosmetik yang bercampur bahan kimia juga kotoran dan polusi di jalan tersebut, wajib dibersihkan dengan double cleansing. Tak boleh didiamkan barang sebentar saja, apalagi dibawa tidur. Terus terang, ini berbahaya.

Bagaimana double cleansing dilakukan?

Caranya sangat mudah. Pertama kita wajib membersihkan make up dengan membubuhkan Susu Pembersih (Milk Cleanser) atau cleansing oil, dan bisa juga  minyak zaitun) ke wajah kita. Langkah awal ini penting, karena selalu harus dilakukan dengan pembersih yang mengandung minyak. Lalu usapkan dengan jari perlahan dengan gerakan memutar, supaya make up tersebut mudah larut. Setelah dipastikan benar-benar larut, lalu angkat dengan kapas atau tisu basah non parfume dan non alkohol. Ulangi bila perlu. Jika ingin lebih praktis, pastikan memakai Make up remover, yang memang sudah mengandung sedikit minyak.Setelah bersih, agar lebih meyakinkan, gunakan micellar water yang mudah dijumpai di pasaran. Langkah pertama ini sudah selesai.

Langkah kedua yaitu, mencuci wajah seperti biasanya dengan sabun muka, baik facial foam atau facial wash, yang sesuai jenis kulit wajah kita. Usapkan sabun muka tersebut, lalu diamkan selama lebih kurang 2 menit, lalu bilas. Lap dengan handuk kering. Dan selesai.

Kedua langkah di atas, wajib dilakukan setiap hari, walau pun saat kita tak memakai make up tebal. Untuk tahap double cleansing harian, memang sudah selesai. Namun alangkah baiknya jika diikuti dengan scrubbing, sebanyak 2 – 3 kali seminggu. Ini dimaksudkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati guna mencegah kulit wajah yang kusam.

Setelah itu, gunakan masker, baik yang dari bahan dapur, dari bubuk, pasta, maupun yang bisa langsung dikelupas (peel–off). Ini juga sangat penting, demi menyegarkan kulit yang terbakar matahari.

Cara-cara di atas, selalu saya lakukan demi menyehatkan kulit wajah dan mencegah datangnya jerawat. Hasil yang paling utama, tentu saja, kulit wajah terasa halus dan kencang.(az)